Kang Santri Perintah rasul. "Barang siapa yang ingin sukses di dunia dan akhirat maka berilmulah". Alhamdulillah.. kami pernah belajar di beberapa pesantren dan juga universitas ๐Ÿคฒ

Kewajiban Zakat Bagi Pemilik Emas Dan Perak

3 min read

Zakat emas

Kewajiban zakat emas dan perak – Emas dan perak saat ini dijadikan pilihan investasi banyak orang. Dikarenakan beberapa sifatnya yang mendukung untuk kegiatan investasi. Seperti tidak mudah mengalami inflasi, return yang lebih tinggi dibandingkan dengan saham valas dan deposito.

Dengan kelebihan kelebihan yang dimiliki orang lebih memilih mas sebagai pilihan untuk investasi. Investasi inilah yang dijadikan dasar sebagai dasar untuk penarikan zakat.

Menurut para ulama dasar ditariknya zakat dari emas adalah sifat dari emas itu sendiri seperti hewan ternak. Yaitu ketika seseorang memiliki satu nisab emas yang diinvestasikan dengan otomatis nilai jual dari emas tersebut akan lebih mahal daripada ketika dia beli emas pertama kali. (Zakariya al-Anshari, Asna al-Mathalib, jilid 5, halaman: 74)

Kewajiban zakat untuk emas dan perak adalah yang sifatnya investasi dan haram. Maksudnya haram digunakan seperti penggunaan emas oleh seorang laki-laki ataupun perempuan tetapi digunakan secara berlebihan.

Jika seseorang mempunyai emas disimpan di suatu tempat berupa emas batangan, emas ukiran, emas lebur atau pun bentuk yang lain. Diwajibkan mengeluarkan zakatnya ketika mencapai nisab dan haul.

Kewajiban zakat emas dan perak

Zakat emas dan perak adalah bagian dari Zakat mal.  Zakat mal dan zakat fitrah adalah kewajiban yang telah ditetapkan di dalam Al Qur’an. Sebagai muslim yang taat pastinya akan melaksanakannya dengan senang hati. Tanpa ada beban.

Berbeda dengan orang muslim yang tidak taat. Walaupun sudah sangat jelas disampaikan namun lalai dalam melakukan zakat.

Sama seperti halnya seorang yang sholih takut kepada Allah dan ancaman neraka. Tidak harus menunggu adanya virus corona. Ada tidaknya ancaman di dunia bagi orang yang sholih akan senantiasa takut dan taat kepada Allah.

Sama halnya ketika seorang muslim yang taat ditunjukkan ayat dan abda nabi tentang kewajiban membayar zakat emas dan perak.


ูˆูŽุงู„ูŽู‘ุฐููŠู†ูŽ ูŠูŽูƒู’ู†ูุฒููˆู†ูŽ ุงู„ุฐูŽู‘ู‡ูŽุจูŽ ูˆูŽุงู„ู’ููุถูŽู‘ุฉูŽ ูˆูŽู„ูŽุง ูŠูู†ู’ููู‚ููˆู†ูŽู‡ูŽุง ูููŠ ุณูŽุจููŠู„ู ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ููŽุจูŽุดูู‘ุฑู’ู‡ูู…ู’ ุจูุนูŽุฐูŽุงุจู ุฃูŽู„ููŠู…ู

โ€œDan orang-orang yang menyimpan emas dan perak dan tidak menafkahkannya pada jalan Allah, maka beritahukanlah kepada mereka, (bahwa mereka akan mendapat) siksa yang pedihโ€ (QS. At Taubah: 34-35).

ููŽุฅูุฐูŽุง ูƒูŽุงู†ูŽุชู’ ู„ูŽูƒูŽ ู…ูุงุฆูŽุชูŽุง ุฏูุฑู’ู‡ูŽู…ู ูˆูŽุญูŽุงู„ูŽ ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ูŽุง ุงู„ู’ุญูŽูˆู’ู„ู ููŽูููŠู‡ูŽุง ุฎูŽู…ู’ุณูŽุฉู ุฏูŽุฑูŽุงู‡ูู…ูŽ ุŒ ูˆูŽู„ูŽูŠู’ุณูŽ ุนูŽู„ูŽูŠู’ูƒูŽ ุดูŽู‰ู’ุกูŒ ุญูŽุชูŽู‘ู‰ ูŠูŽูƒููˆู†ูŽ ู„ูŽูƒูŽ ุนูุดู’ุฑููˆู†ูŽ ุฏููŠู†ูŽุงุฑู‹ุง ุŒ ููŽุฅูุฐูŽุง ูƒูŽุงู†ูŽุชู’ ู„ูŽูƒูŽ ูˆูŽุญูŽุงู„ูŽ ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ูŽุง ุงู„ู’ุญูŽูˆู’ู„ู ููŽูููŠู‡ูŽุง ู†ูุตู’ูู ุฏููŠู†ูŽุงุฑู ุŒ ููŽู…ูŽุง ุฒูŽุงุฏูŽ ููŽุจูุญูุณูŽุงุจู ุฐูŽู„ููƒูŽ

โ€œJika engkau memiliki perak 200 dirham dan telah mencapai haul (satu tahun), maka darinya wajib zakat 5 dirham. Dan untuk emas, anda tidak wajib menzakatinya kecuali telah mencapai 20 dinar, maka darinya wajib zakat setengah dinar, lalu dalam setiap kelebihannya wajib dizakati sesuai prosentasenya.โ€ (HR. Abu Dawud).

Sebenarnya kewajiban zakat sudah sangat diketahui oleh sebagian besar umat muslim. Karena setiap orang yang hafal rukun islam akan mengetahui kewajiban zakat.

Menurut imam nawawi dalam majemuk Syarah kitab muhadzab (jilid V:hlm 331) orang seperti ini digolongkan orang yang mendustakan Allah dan rasulnya.

Sedangkan dalam sebuah hadits orang yang mendustakan rasulnya berarti dia telah memesan 1 tiket kursi di neraka.

ู…ู† ูƒุฐุจ ุนู„ูŠ ู…ุชุนู…ุฏุง ูู„ูŠุชุจูˆุง ู…ู‚ุนุฏู‡ ู…ู† ุงู„ู†ุงุฑ.

Seseorang yang mengetahui kewajiban zakat walaupun tidak terperinci akan dikenai pasal mendustakan Allah dan rasulnya.

Seperti mengetahui kewajiban tetapi tidak mengetahui ayat-ayat dan hadits berikut ini sebagai dasar diwajibkannya.

ุฎูุฐู’ ู…ูู†ู’ ุฃูŽู…ู’ูˆูŽุงู„ูู‡ูู…ู’ ุตูŽุฏูŽู‚ูŽุฉู‹ ุชูุทูŽู‡ูู‘ุฑูู‡ูู…ู’ ูˆูŽุชูุฒูŽูƒูู‘ูŠู‡ูู…ู’ ุจูู‡ูŽุง 

โ€œAmbillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat tersebut engkau membersihkan dan mensucikan merekaโ€ (QS. At-Taubah: 103) Dan firman Allah:

ูˆูŽุฃูŽู‚ููŠู…ููˆุง ุงู„ุตูŽู‘ู„ูŽุงุฉูŽ ูˆูŽุขุชููˆุง ุงู„ุฒูŽู‘ูƒูŽุงุฉูŽ ูˆูŽุงุฑู’ูƒูŽุนููˆุง ู…ูŽุนูŽ ุงู„ุฑูŽู‘ุงูƒูุนููŠู†ูŽ

โ€œDirikanlah shalat, tunaikanlah zakat dan rukuโ€™lah bersama dengan orang-orang yang rukuโ€™.โ€ (QS. Al-Baqarah: 43)

ุจูู†ููŠูŽ ุงู„ุฅูุณู’ู„ุงู…ู ุนู„ู‰ ุฎูŽู…ู’ุณู: ุดูŽู‡ุงุฏูŽุฉู ุฃูŽู†ู’ ู„ูŽุง ุฅูู„ู‡ูŽ ุฅูู„ุงูŽู‘ ุงู„ู„ู‡ูุŒ ูˆุฃู†ูŽู‘ ู…ูุญูŽู…ูŽู‘ุฏุงู‹ ุฑูŽุณููˆู„ู ุงู„ู„ู‡ูุŒ ูˆูŽุฅู‚ูŽุงู…ู ุงู„ุตูŽู‘ู„ุงุฉูุŒ ูˆูŽุฅูŠู’ุชูŽุงุกู ุงู„ุฒูŽู‘ูƒุงุฉูุŒ ูˆูŽุงู„ุญูŽุฌูู‘ุŒ ูˆูŽุตูŽูˆู’ู…ู ุฑูŽู…ูŽุถูŽุงู†ูŽ (ู…ุชูู‚ ุนู„ูŠู‡)

โ€œIslam dibangun di atas lima hal: kesaksian sesungguhnya tiada Tuhan selain Allah dan sesungguhnya Muhammad utusan Allah, melaksanakan shalat, membayar zakat, haji, dan puasa Ramadhan.โ€ (HR Bukhari Muslim)

Nisab zakat emas dan perak

Kewajiban mengeluarkan zakat emas 2,5%

Syarat yang harus terpenuhi untuk mengeluarkan zakat adalah harus mencapai nisab dan haul.

Haul adalah batasan waktu yang harus terpenuhi. Yaitu kepemilikan harta yang mencapai satu nisab selama satu tahun.

Sedangkan nisab adalah batasan kepemilikan tertentu seseorang. Seperti nisab kambing yang mencapai 40 ekor.

Harta objek zakat memiliki nisab masing-masing dan berbeda-beda. Seperti halnya nisab zakat emas dan perak mempunyai ketentuan yang berbeda pula.

Secara garis besar zakat emas dan perak adalah 2.5% dari nisabnya.


ุนู† ุนู„ูŠ ุฑุถูŠ ุงู„ู„ู‡ ุนู†ู‡ ุงู† ุงู„ู†ุจูŠ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ู‚ุงู„ . ู„ูŠุณ ุนู„ูŠูƒ ุดูŠุก ( ูŠุนู†ูŠ ููŠ ุงู„ุฐู‡ุจ) ุญุชู‰ ูŠูƒูˆู† ู„ูƒ ุนุดุฑูˆู† ุฏูŠู†ุงุฑุง . ูุงุฐุง ูƒุงู†ุช ู„ูƒ ุนุดุฑูˆู† ุฏูŠู†ุงุฑุง ูˆุญุงู„ ุนู„ูŠู‡ุง ุงู„ุญูˆู„ ูููŠู‡ุง ู†ุตู ุฏูŠู†ุงุฑ. ูู…ุง ุฒุงุฏ ูุจุญุณุงุจ ุฐู„ูƒ ูˆู„ูŠุณ ููŠ ู…ุงู„ ุฒูƒุงุฉ ุญุชู‰ ูŠุญูˆู„ ุนู„ูŠู‡ ุงู„ุญูˆู„ (ุฑูˆุงู‡ ุงุญู…ุฏ ูˆุงุจูˆ ุฏุงูˆุฏ ูˆุงู„ุจูŠู‡ู‚ูŠ ูˆุตุญุญู‡ ุงู„ุจุฎุงุฑูŠ)

Dari sahabat Ali radhiyallahu anhu. Bahwa Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda. ” Tidak diwajibkan bagimu zakat emasas sampai emas mencapai 20 Dinar. Jika kamu memiliki emas 20 Dinar dan mencapai genap 1 tahun maka wajib bagimu zakat sebanyak setengah Dinar. ( hadits riwayat Ahmad, Abu Dawud, Baihaqi dan dishahihkan Imam Bukhari)

ูˆุนู† ุนู„ูŠ ุฑุถูŠ ุงู„ู„ู‡ ุนู†ู‡ ุงู† ุงู„ู†ุจูŠ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ู‚ุงู„ ู‚ุฏ ุนููˆุช ู„ูƒู… ุนู† ุงู„ุฎูŠู„ ูˆุงู„ุฑู‚ูŠู‚ ุŒ ูู‡ุงุชูˆุง ุตุฏู‚ุฉ ุงู„ุฑู‚ูŠู‚ (ุงู„ูุถุฉ) ู…ู† ูƒู„ ุงุฑุจุนูŠู† ุฏุฑู‡ู…ุง ุŒ ุฏุฑู‡ู… ูˆู„ูŠุณ ููŠ ุชุณุนูŠู† ูˆู…ุงุฆุฉ ุดูŠุก ุŒ ูุงุฐุง ุจู„ุบุช ู…ุงุฆุชูŠู† ูููŠู‡ุง ุฎู…ุณุฉ ุฏุฑุงู‡ู… (ุฑูˆุงู‡ ุงุตุญุงุจ ุงู„ุณู†ู†)

Para imam madzhab 4 telah menyepakati bahwa nisab zakat emas dan perak adalah masing-masing 20 Dinar dan 200 Dirham.

Ketika seseorang mempunyai 20 Dinar emas dan 200 gram perak maka di wajibkan untuk mengeluarkan zakat yang besarnya 2,5 % dari jumlah tersebut.

Pada saat ini besarnya uang dirham maupun dinar tidaklah sama dengan apa yang dimaksudkan oleh Nabi Shallallahu alaihi wasallam pada waktu itu.

Sehingga para ulama pun berbeda-beda dalam mengkonversikan beratnya 20 Dinar emas dan 200 dirham perak.

Lantas berapakah konversi dari 20 Dinar emas dan 200 dirham perak selengkapnya Silahkan baca di artikel berikut ini.Menentukan Nisab Zakat Emas dan Perak

Cara menghitung zakat emas dan perak

Emas dan perak yang beredar di pasaran memiliki kadar yang berbeda-beda. Ada yang 100% emas murni ya itu 24 karat ada yang 90% ada juga yang kurang dari itu.

Dengan perbedaan kadar emas yang beredar di pasaran ini Tentunya cara mengeluarkan zakatnya pun berbeda antara yang 100% dan 90%.

Banyak orang yang perlu mengetahui cara menghitung zakat emas dan perak yang kadarnya berbeda-beda ini. Mereka hanya memahami kewajiban zakat harus mencapai haul dan nisab dan mengabaikan perbedaan kadar persentase emas dan perak.

Pembahasan lebih lanjut mengenai cara menghitung zakat emas dan perak kita bahas dalam pembahasan berikut ini Menentukan Nisab Zakat Emas dan Perak

Kesimpulan dari pembahasan kita pada kesempatan ini adalah seseorang yang mempunyai emas dan perak yang sudah genap 1 tahun dan genap nisabnya maka diwajibkan untuk mengeluarkan zakatnya.

Yaitu yang mempunyai 94 gram emas dan 672 gram perak wajib mengeluarkan zakatnya sebesar 2,5%. Demikian pembahasan pada kesempatan ini. Semoga bermanfaat dan berkah. Amin.

Kang Santri Perintah rasul. "Barang siapa yang ingin sukses di dunia dan akhirat maka berilmulah". Alhamdulillah.. kami pernah belajar di beberapa pesantren dan juga universitas ๐Ÿคฒ

Sebarkan Kebaikan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: