Kang Santri Perintah rasul. "Barang siapa yang ingin sukses di dunia dan akhirat maka berilmulah". Alhamdulillah.. kami pernah belajar di beberapa pesantren dan juga universitas 🤲

Sikap Muslim Menghadapi Wabah Penyakit Virus Corona

2 min read

Beberapa bulan belakangan ini sangat ramai di dunia membicarakan mengenai wabah penyakit yang secara masif menyebar ke berbagai penjuru dunia (pamdemi virus corona).

Sehingga menjadikan semua orang panik dan khawatir akan keselamatan dirinya masing-masing.

Hal ini perlu perhatian tidak hanya oleh pemerintah maupun tenaga kesehatan. Semua elemen masyarakat perlu menyumbangkan pikiran untuk menghadapi pandemi virus corona.

Pemerintah wajib memikirkan secara teknis bagaimana caranya untuk mencegah penularan dan endingnya adalah menghilangkan virus tersebut dari negaranya.

Polisi dan juga tentara juga harus ikut andil dalam menjaga ketertiban dan keamanan akibat dari tidak stabilnya kondisi sosial.

Tokoh agama harus mengarahkan umatnya untuk tetap tenang dalam menghadapi cobaan berupa cobaan wabah penyakit pandemi virus corona.

Selanjutnya bagaimana sikap yang seharusnya diambil oleh setiap muslim dalam menghadapi cobaan ini?

A. Menjaga diri dari tertular virus corona

Menjaga diri dari tertular virus corona
Pada hakikatnya semua yang ada di bumi ini berasal dari Allah subhanahu wa ta’ala. Meliputi rezeki, musibah, cobaan, kenikmatan, kesengsaraan dan semuanya adalah berasal dari Allah subhanahu wa ta’ala.

Walaupun demikian seorang muslim harus cermat dan bijak dalam menyikapi apa yang diberikan Allah kepada hambaNya di muka bumi ini. Seperti wabah yang melanda di negeri ini pandemi virus Corona.

Seorang muslim sayogya nya tidak pasrah bongkokan dalam rangka menjaga diri dari tertularnya virus.

Harus disertai dengan ikhtiar ikhtiar medis untuk mencegah diri dari tertularnya virus tersebut.

Analoginya seperti ini.

Ketika seorang ayah membuat sebuah rumah dan di dalamnya terdapat kamar mandi Plus tempat pembuangan air. Walaupun keduanya sama-sama hasil buatan dari seorang ayah tidak mungkin in bermain di pembuangan air.

Sama halnya menghadapi wabah virus Corona ini seorang muslim mestinya berpikir bahwa semua yang berasal dari Allah tidak lantas begitu saja diterima. Logikanya seperti seorang ayah yang membuatkan rumah untuk anak yang tadi.

B. Tawakal kepada allah

makna tawakal
Sumber: minanews.net

Seorang muslim yang baik akan menghadapi musibah dan cobaan dari Allah dengan lapang dada. Hal yang pertama kali dilakukan menghadapi cobaan dari Allah apapun itu dengan mengantisipasi supaya cobaan dan musibah tidak datang berkelanjutan dan meminimalisir sekecil mungkin.

Seperti anjuran pemerintah untuk mengurangi kegiatan-kegiatan yang sifatnya berkumpul dan mengundang orang banyak. Menggunakan masker bagi orang yang terkena virus.

Menggunakan cairan antiseptik untuk mencegah tertularnya virus dan upaya-upaya ikhtiar yang lain.

Setelah ikhtiar secarah lahir. Seorang muslim yang baik hendaknya ikhtiar secara batin yaitu tawakal kepada Allah pasrah secara keseluruhan bahwa semuanya berasal dari Allah dan yang menghilangkan adalah Allah.

Dengan berikhtiar dan bertawakal seseorang tidak akan mudah cemas yang berlebihan. Sehingga rasa aman terasa nyaman bisa meningkatkan imunitas tubuh.

C. Husnudzon kepada allah


Sifat rahman rahim Allah senantiasa meliputi orang muslim.
Sehingga berhusnudzon kepada allah bisa meningkatkan kepercayaan diri dan juga kewaspadaan diri terhadap penyebaran penemu virus corona.

D. Memperbanyak doa


Sebagai seorang muslim yang baik sudah sepantasnya ketika Allah Subhanahu Wa Ta’ala memberikan perhatian dengan cobaan dan musibah kemudian bertaqarrub kepada Allah dengan berbagai amalan dan ibadah.

Dari berbagai organisasi kemasyarakatan keagamaan seperti NU, Muhammadiyah dan juga Majelis Ulama Indonesia telah memberikan anjuran kepada umat muslim untuk senantiasa memperbanyak dzikir, seperti membaca ratibul haddad, shalawat dan doa qunutdoa qunut nazilah.

Yang tujuan utamanya adalah mencegah dan juga memohon kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala supaya musibah virus Corona cepat hilang dari negara Indonesia.

Selain dari organisasi resmi para Ulama Indonesia memberikan arahan untuk mengamalkan doa-doa, sholawat-sholawat dan dzikir dzikir tertentu.

Semoga musibah dan cobaan yang melanda negeri ini segera dicabut oleh Allah. Dan kita semua selalu mendapatkan rahmat Taufik dan hidayahnya sehingga kita senantiasa menjadi seorang Muttaqin Mukhlisin dan juga Mukminin.

Kang Santri Perintah rasul. "Barang siapa yang ingin sukses di dunia dan akhirat maka berilmulah". Alhamdulillah.. kami pernah belajar di beberapa pesantren dan juga universitas 🤲

Sebarkan Kebaikan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: