Pengertian Zakat Mal Kewajiban Muslim yang Telah Mampu

3 min read

niat zakat mal

Pengertian Zakat Mal Bagi Muslim yang Telah Memenuhi Ketentuan – Sebagai seorang muslim selain diwajibkan mengeluarkan zakat fitrah saat lebaran hari raya Idul Fitri juga diwajibkan mengeluarkan zakat mal.

Banyak di antara orang muslim yang menganggap Jika seseorang telah membayar zakat fitrah telah melaksanakan kewajiban zakat. Padahal tujuan zakat fitrah adalah untuk mensucikan diri dan menjadikan puasa kita saat Ramadhan diterima oleh Allah subhanahu wa ta’ala.

Sedangkan tujuan utama mengeluarkan zakat mal adalah membersihkan kan harta benda dari kotoran-kotoran. Sehingga tidak tepat jika seseorang yang mengeluarkan zakat fitrah mengklaim dirinya sudah zakat secara global.

Zakat Mal Adalah

zakat mal

Pengertian zakat mal seperti yang disampaikan dalam kitab Mughni Al muhtaj adalah secara bahasa berarti berkembang, berkah, bertambah kebaikan.

Penggunaan kata sekat biasanya merujuk pada makna membersihkan ataupun mensucikan. Seperti yang difirmankan Allah surat As Syams ayat 9.

قد افلح من زكاها

Atau bisa di maknai pujian seperti dalam surat An Najm ayat 32.

فلا تزكوا انفسكم

Sedangkan secara istilah pengertian zakat adalah mengeluarkan sejumlah harta tertentu yang diwajibkan dibagikan kepada orang yang berhak menerima zakat dengan syarat-syarat tertentu.

Hikmah Zakat Mal

hikmah zakat, menghilangkan sifat kikir

Dibalik diwajibkannya zakat kepada orang muslim mempunyai banyak sekali Hikmah yang bisa kita peroleh dari membayar zakat.

Beberapa ulama dan ahli hikmah mengatakan bahwa setidaknya ada 4 hikmah yang bisa diambil dari diwajibkannya zakat.

Menurut Sayyid Sabiq dalam kitabnya fiqhus sunnah mengatakan. Bahwa diwajibkan nya zakat ini bisa membersihkan jiwa dari sifat kikir, tamak, dan kejam terhadap orang fakir miskin.

Sejalan dengan pengertian yang kita bahas di atas orang yang mengeluarkan zakat akan menjadikan hartanya lebih berkah, bermanfaat dan bertambah lebih baik.

Macam-macam Zakat Mal

Di antara zakat mal yang di wajibkan kepada umat muslim adalah zakat emas dan perak، zakat perdagangan، zakat pertanian، zakat hewan ternak، zakat barang tambang seperti tembaga, gas, minyak bumi, batubara, nikel dll.
Zakat harta karun dan yang terakhir zakat sesuatu yang berasal dari lautan.

a. Zakat Hewan Ternak

Para ulama sepakat bahwa hewan seperti unta, sapi dan kambing di wajibkan untuk zakat. Hal ini berdasarkan dari beberapa hadis yang disampaikan oleh Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam.

عن انس ان ابا بكر الصديق رضي الله عنه كاتب له هذه فريضه الصدقة التي فرضها رسول الله صلى الله عليه وسلم على المسلمين والتي امر الله بها رسول له في اربع وعشرين من الابل فما دونها الغنم في كل  خمس شاة…..(رواه البخاري

b. Zakat Perdagangan

Para ulama mazhab sepakat bahwa modal dan harta hasil dari perdagangan wajib dikeluarkan zakatnya.

c. Emas dan Perak

Emas dan perak Hak adalah salah satu dari sekian jenis harta yang wajib dizakati dengan melihat bahwa keduanya ini merupakan harta yang memiliki nilai tinggi sehingga berpotensi menjadi di di status kekayaan seseorang.

Dengan demikian orang yang memiliki kekayaan dari aset emas dan perak wajib mengeluarkan zakat setelah nisabnya terpenuhi.

Dalam Al Quran surat at-taubah ayat 34-35 disampaikan bahwa orang yang tidak menafkahkan sebagian hartanya di jalan Allah (zakat) akan dikenai azab yang sangat pedih.

Berawal dari ayat ini Sayyid Sabiq yang merupakan Pengarang kitab fiqhus sunnah mengatakan bahwa posisi uang bisa seperti emas dan perak. Dimana Ketika seseorang mempunyai uang nilainya setara dengan nisab emas ataupun perak maka di wajibkan untuk membayar zakat dari uang tersebut.

d. Tanaman dan Buah-buahan

Allah Subhanahu Wa Ta’ala mewajibkan zakat untuk tanaman dan buah-buahan seperti yang disampaikan dalam surat Al Baqarah ayat 267.

e. Zakat Hasil Tambang

Secara garis besar pendapat yang mewajibkan zakat untuk hasil tambang ini muncul dari kalangan mazhab Imam Ahmad bin hambal dan mazhab Imam Abu Hanifah.

Emas, perak, besi, tembaga, timah, yaqut, batu zamrud, kristal/permata, gas adalah sebagian hasil tambang yang wajib dikeluarkan zakatnya.

Sedangkan menurut imam malik dan imam syafi’i membatasi hasil tambang yang wajib dizakati hanyalah sebatas emas dan perak.

f. Zakat Profesi

zakat profesi

Para ulama salaf belum mengeluarkan statement ataupun fatwa mengenai diwajibkannya zakat profesi.

Karena pada zaman dahulu mata pencaharian seseorang hanya seputar perdagangan pertanian dan hal-hal yang sifatnya sederhana. Dan zakatnya telah dirinci seperti yang ada dalam kitab-kitab klasik.

Sedangkan sekarang mata pencaharian seseorang sangat kompleks. Seperti dokter pegawai swasta, pegawai negeri, arsitek, apoteker, desainer, advokat dan sebagainya. Sehingga para ulama memberikan opsi untuk zakat profesi diwajibkan untuk dikeluarkan.

Penerima Zakat Mal

golongan penerima zakat

Disyariatkan nyalakan fitrah merupakan aktualisasi keseimbangan sosial antara orang yang kaya dengan orangnya miskin dan orang-orang dhuafa.

Yang disampaikan oleh rasulullah shallallahu alaihi wasallam.
عن ابن عباس رضي الله عنهما ان النبي صلى الله عليه وسلم بعث معاذا الى اليمن فذكر الحديث وفيه ان الله قد افترض عليهم صدقه في اموالهم تؤخذ من اغنيائهم فترد في فقرائهم متفق عليه واللفظ للبخاري

a & b. Fakir miskin

Fakir menurut Imam Syafi’i dan Imam Ahmad adalah seseorang yang sama sekali tidak memiliki harta, atau memiliki sedikit harta atau penghasilan dari suatu pekerjaan namun tidak dapat memenuhi kebutuhan hidup.

Adapun miskin, menurut Imam Syafi’i adalah seseorang yang memiliki harta atau penghasilan dari suatu pekerjaan namun tidak mencukupinya.

c. Amil

Menurut PP No 14 Tahun 2014 tentang Pelaksanaan UU No 23 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat. Pengangkatan amil adalah wewenang pejabat tertinggi dalam hal ini BAZNAS (badan amil zakat).

Namun kewenangan sebagai amil bisa ditunjuk oleh BASNAS ataupun LAZNAS kepada pejabat pembantunya.

d. Muallaf

Mereka yang baru masuk Islam dan membutuhkan bantuan untuk menguatkan dalam tauhid dan syariah.

e. Riqab

Hamba sahaya Budak yang ingin memerdekakan dirinya.

f. Gharimin

Mereka yang berhutang untuk kebutuhan hidup dalam mempertahankan jiwa dan izzahnya.

g. Fisabilillah

Mereka yang berjuang di jalan Allah dalam bentuk kegiatan dakwah, jihad dan sebagainya.

h. Ibnus Sabil

Mereka yang kehabisan biaya di perjalanan dalam ketaatan kepada Allah.

 

Niat zakat Mal

niat zakat mal

نويت ان اخرج زكاة مالي فرضا لله تعالى

Saya niat mengeluarkan zakat harta saya fardhu karena Allah Ta’ala

Syarat Zakat Mal

Syarat harta yang wajib di zakati yakni,
a. kepemilikan penuh (pribadi)
b. hartanya tidak berkurang
c. alias bertambah atau berkembang
d. sudah cukup nisab
e. lebih dari kebutuhan pokok
f. bebas dari utang. Utang yang dimaksud di sini adalah utang yang berkaitan dengan kebutuhan pokok.
g. dan sudah berlalu satu tahun (12 bulan).

Kesimpulan dari pembahasan pada kesempatan kali ini adalah setiap harta yang dimiliki oleh manusia wajib dikeluarkan zakatnya. Karena setiap harta yang dimiliki oleh seseorang terdapat hak orang lain.

Dengan ketentuan dan syarat yang telah kita sampaikan diatas. Yaitu sudah mencapai nisab dan haul.
Semoga pembahasan Pengertian zakat mal bagi orang muslim yang mampu ini bermanfaat bagi kita.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.