Pengertian Kewirausahaan, Ciri-Ciri,  dan Tujuannya

3 min read

pengertian kewirausahaan

Pengertian Kewirausahaan, Ciri-Ciri,  dan Tujuannya – Dalam beberapa tahun belakangan ini kewirausahaan menjadi salah satu prioritas utama pemerintah dalam menggenjot pertumbuhan perekonomian negara.  Setelah berjalan beberapa tahun kemudian, pemerintah melalui kominfo seperti yang dilansir kominfo.go.id menyatakan bahwa lebih dari separuh pertumbuhan perekonomian Indonesia dibentuk dari hasil perkembanngan Usaha Mikro Kecil dan Menengah atau yang biasa disebut dengan UMKM.

Warga negara Indonesia dituntut untuk bisa terjun dalam dunia usaha untuk meningkatkan perekonomian. Pesan langsung yang disampaikan oleh presiden Joko Widodo bahwa usaha mikro kecil menengah (UMKM) memegang peran penting bagi perekonomian ASEAN. Sebab, 96 persen ekonomi ASEAN berasal dari UMKM.

Sebagai warga negara yang baik sudah selayaknya kita mendukung program dari pemerintah tersebut dimulai dari belajar mengenai kewirausahaan dan berujung pada ikut andil dalam dunia usaha.

Pengertian kewirausahaan

pengertian kewirausahaan
Pengertian kewirausahaan. Sumber: binus.ac.id

Jika dahulu dikatakan bahwa kewirausahaan merupakan bawaan lahir dan diasah melalui pengalaman di lapangan. Sekarang paradigma tersebut sudah bergeser. Kewirausahaan merupakan disiplin ilmu yang mempelajari tentang nilai, kemampuan (ability) dan perilaku seseorang dalam menghadapi tantangan hidup untuk memperoleh peluang dengan berbagai resiko yang mungkin dihadapinya.

Entrepreneurship bukan bakat atau sifat yang diturunkan. Kemampuan kewirausahaan dapat ditumbuh -kembangkan secara sistematis (nurturing) (Peter F. Drucker)

Ada beberapa pakar menjelaskan mengenai pengertian kewirausahaan dimulai dari Thomas W Zimmerer (1996), Arif F. Hadipranata, Robbin & Coulter,  Acmad Sanusi.

  1. Thomas W Zimmerer

Entrepreneurship is the result of a disciplined, systematic process of applying creativity and innovations to need and opportunities in the marketplace”

Kewirausahaan adalah hasil dari suatu disiplin, proses sistematis penerapan kreativitas dan keinovasian dalam memenuhi kebutuhan dan peluang di pasar.

  1. Arif F. Hadipranata

Wirausaha merupakan sosok yang mengambil resiko yang dibutuhkan untuk mengelola & mengatur segala urusan serta menerima sejumlah keuntungan financial maupun non financial.

  1. Robbin & Coulter

Kewirausahaan merupakan suatu proses dimana seseorang ataupun suatu kelompok individu menggunakan upaya yang terorganisir & sarana untuk mencari sebuah peluang dan menciptakan suatu nilai yang tumbuh dengan memenuhi kebutuhan dan keinginan melalui sebuah inovasi & keunikan, tidak mempedulikan apapun sumber daya yang digunakan pada saat ini.

  1. Acmad Sanusi

Kewirausahaan merupakan suatu nilai yang diwujudkan didalam perilaku yang menjadi dasar tujuan, kiat, siasat, tenaga penggerak, proses dan hasil bisnis.

Dari beberapa pegertian mengenai kewirausahaan di atas, hemat penulis kewirausahaan adalah kemampuan seseorang dalam mengelola keuangan dan peluang sehingga menghasilkan keuntungan.

Ciri-ciri Kewirausahaan

ciri-ciri kewirausahaa
Sumber: maxmanroe.com

Ada beberapa ciri-ciri jiwa wirausaha yang dapat kita ketahui. Jika kamu merasa memiliki jiwa wira usaha ini tidak ada salahnya untuk mengambil bagian dalam kewirausahaan. Berikut ini ciri-ciri jiwa wirausaha:

1. Percaya diri

Seorang wirausahawan harus memiliki karakter percaya diri yang kuat.  Berawal dari percaya diri mereka bisa dengan mantab memutuskan dan bertindak dalam suatu permasalahan dan jalan keluar. Kepercayaan diri memiliki nilai keyakinan, optimisme, individualitas, dan ketidaktergantungan. Sehingga cenderung memiliki keyakinan dan kemampuan untuk mencapai keberhasilan lebih baik dari pada mereka yang tidak mempunyai mental percaya diri.

2. Berorientasi pada tugas dan hasil

Seorang enterpreuner selalu fokus pada apa yang dia kerjakan dan proses-proses untuk menggapai goal sehingga hasil yang diharapkan sesuai dengan ekspektasi awal mereka.

Seseorang yang selalu mengutamakan hasil selalu mengutamakan nila-nilai motif berprestasi, orientasi laba, ketekunan dan ketabahan dalam menjalani proses, tekad kerja keras, enerjik dan mempunyai inisiatif-inisiatif untuk kemajuan usahanya.

ciri-ciri kewirausahaan
Ciri-ciri kewirausahaan. Sumber: ruangguru.co.id

3. Keberanian mengambil resiko

Dalam dunia usaha seorang enterpreuner harus berani mengambil resiko yang ada banyak kemungkinan akan terjadi di kemudian hari. Dengan keberanian dia mengambil resiko maka dengan cepat dia bisa memulai sebuah usaha dan disertai dengan cara berprosesnya.

Dalam mengambil resiko seorang wirausaha harus bisa mengukur resiko-resiko dengan penuh perhitungan dan realistis yang akan terjadi dikemudian hari, melalui menejemen resiko.

4. Kepemimpinan

Selain memiliki keberanian dalam mengambil resiko, pengusaha atau wirausahawan harus memiliki leadership yang bagus. Dengan menggunakan kemampuan kreativitas dan keinovasiannya, ia selalu menampilkan barang dan jasa‑jasa yang dihasilkannya dengan lebih cepat, lebih dulu dan segera berada di pasar.

5. Berorientasi ke masa depan

Dalam sebuah usaha seharusnya memiliki visi misi yang konkret sehingga dengan berjalannya waktu usaha tersebut bisa eksis. Dengan visi misi ini peusahaan bisa beradaptasi dengan perkembangan sehingga terus bisa berinovasi dan bersaing dengan yang lain.

6. Kreatif inovatif

Kreativitas adalah berpikir sesuatu yang baru (thinking new things) dan keinovasian adalah melakukan sesuatu yang baru (doing new things). Kreatifitas diartikan sebagai kemampuan mengembangkan ide-ide baru dan untuk menemukan cara-cara baru dalam memecahkan persoalan dan mencari peluang.

Inovasi diartikan sebagai kemampuan untuk menerapkan kreatifitas dalam rangka memecahkan persoalan-persoalan dan peluang untuk mempertinggi dan meningkatkan taraf hidup. Oleh karena itu, kewirausahaan adalah “thinking and doing new things or old thinks in new ways” Kewirausahaan adalah berpikir dan bertindak sesuatu yang baru atau berpikir sesuatu yang lama dengan cara-cara baru.

7. Memiliki tenaga dalam

Memiliki tenaga dalam artinya bahwa seorang wirausaha harus memiliki Keuletan, ketabahan, ketekunan, kejujuran, kedisiplinan, ketulusan, keikhlasan, kesopanan, keramahan dll.

Tujuan Kewirausahaan

tujuan kewirausahaan
Sumber: Liputan6.com

Pemerintah galakkan gerakan Kementerian Koperasi dan UKM dengan membuat gerakan Satu Juta Usaha UMKM Naik Kelas. Penggalakan tersebut merupakan upaya untuk memajukan perekonomian Indonesia sehingga bisa bersaing dengan negara-negara tetangga.

Adapun tujuan dari kewirausahaan adalah sebagai berikut :

1. Menjaring dan membuka lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat

Jika dalam sebuah desa atau kecamatan terdapat beberapa usaha, maka dengan sendirinya usaha tersebut akan menjaring dan menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat setempat. Dan tentunya hal ini akan mengurangi pengangguran yang selama ini menjadi perhatian pemerintah.

2. Membantu menularkan semangat berwirausaha

Lingkungan merupakan faktor penting dalam mempengaruhi kebiasaan dan karakter seseorang. Sama halnya jika di lingkungan kita bergaul ada orang yang berwirausaha. Selain itu komunitas wirausaha juga bisa menularkan semangat dan ajang untuk saling berbagi informasi dan ide.

3. Ikut serta dalam memajukan dan menyejahterakan masyarakat

Semakin berkembang dan suksus suatu bisnis semakin banyak pula wirausaha yang ikut berkecimpung dalam bisnis tersebut. Selain para wirausaha juga banyak para pekerja lain yang mensupport kelangsungan sebuah bisnis.

Dengan berkurangnya jumlah pengangguran yang ada di masyarakat, berarti suatu bisnis sudah berhasil dalam mewujudkan tujuan kewirausahaan, dalam memajukan dan ikut serta menyejahterakan masyarakatnya.

4. Menumbuhkembangkan kesadaran dan orientasi Kewirausahaan yang tangguh dan kuat terhadap masyarakat.

Setelah wirausaha tersebar melalui grup-grup dan dan meluas adanya kewirausahaan bisa menumbuh kembangkan embrio-embrio kewirausahaan yang sudah ada.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: