Niat Sholat Tahajud dan Sekilas Tentang Niat Dalam Sholat

NIAT SHOLAT TAHAJUD – Posisi niat dalam amal ibadah sangatlah penting. Sebab, niat ini menjadi suatu keabsahan sah atau tidaknya amal seseorang. Ini adalah pendapatnya Imam Syafi’i. Pendapat ini bersumber dari hadits Nabi “Innamal A’malu Binniyaat. . .”¬†.

Dalam memaknai hadits tersebut, Madzhab Syafi’i menempatkan niat sebagai keabsahan sahnya amal. Sehingga hadits tersebut bermakna “Sesungguhhnya, sahnya suatu amal itu tergantung niat”.

Sedangkan mengenai pelaksanaan niat sendiri, mdzhab Sayfii mengatakan bahwa niat hukumnya wajib ditetapkan dalam hati. Sedangkan untuk pengucapannya dihukumi sunnah. Tujuan dari pengucapan niat sendiri adalah untuk lebih memantapkan niat dalam hati.

Niat Sholat Tahajud Arab

Bacaan niat sholat tahajud adalah sebagai berikut:

Niat Sholat Sunnah Tahajud

Sholat Tahajud adalah sholat sunnah yang waktunya telah ditentukan. Maka wajib melakukan niat sholat tahajud untuk mengerjakannya. Hal ini bertujuan untuk membedakan sholat tahajud dengan sholat sunnah pada umumnya.

Sebab, ada banyak sholat sunnah yang bisa dikerjakan pada malam hari. Sehingga niat sholat tahajud ini menjadi wajib ketika akan mengerjakan sholat tahajud.

Adapun ketentuan wajibnya niat dalam sholat sunnah adalah karena sholat sunnah dikerjakan ada yang berdasarkan waktu dan ada yang berdasarkan sebab. Maka niat mengkhususkan jenis sholatnya menjadi wajib. Yang mana niat sholat tersebut mengandung unsur ta’yin (pengkhususan) dan qasdul fi’li (menyengaja mengerjakan).

Niat Sholat Tahajud Latin

USHOLLI SUNNATAT-TAHAJJUDI ROK’ATAINI MUSTAQBILAL-QIBLATI LILLAAHI TA’ALAA.

ROK’ATAINI dalam niat niat sholat tahajud di atas artinya adalah dua rokaat. Sebab, sholat sunnah yang dilakukan pada waktu malam hari harus dikerjakan¬† dua rakaat dua rakaat. Meskipun sholat yang dikerjakan adalah puluhan rokaat, namun cara pengerjaannya tetap harus dua rakaat salam dua rakaat salam.

Sholat sunnah yang dilakukan pada malam hari tidak boleh dikerjakan sekaligus langsung empat rakaat. Sebab menyerupai sholat Isya’. Oleh sebab itu perlu adanya pengkhususan agar berbeda dari sholat isya’. Maka, dalam pengerjaan sholat sunnah taajjud ini juga dilakukan dua rakaat dua rakaat.

Add Comment