Kang Santri Kangsantri.id merupakan bentuk usaha kami dari para santri dan alumni untuk menjaga tradisi keilmuan pesantren yang mengedepankan wasathiyah, salafiyah. 🤲

Niat dan Doa Zakat (Saat Mengeluarkan dan Menerima Zakat)

1 min read

Zakat fitrah

Niat dan doa saat mengeluarkan dan menerima zakat – Alhamdulillah bulan Ramadan telah datang dua hari yang lalu. Dengan datangnya Ramadan kita telah kedatangan bulan yang istimewa di mana di dalamnya terdapat beribu-ribu kebaikan. Didalamnya juga terdapat Hikmah dan juga manfaat yang sangat luar biasa.

Dengan datangnya bulan Ramadan berarti juga sudah dimulai waktu untuk menunaikan zakat fitrah. Dengan cara mendahulukan zakat fitrah sebelum hari raya Idul Fitri tiba.

Biasanya saat bulan Ramadan tiba banyak bermunculan di lembaga-lembaga pemerintahan seperti sekolah dan juga lembaga swasta seperti perusahaan amil zakat ataupun dalam istilah lain disebut panitia zakat . Pada pembahasan sebelumnya telah kita bahas mengenai Apakah amil zakat sama dengan panitia zakat?

Para siswa akan dengan senang hati membayarkan zakat mereka kepada panitia zakat yang berada di sekolahan. Begitu juga mereka yang bekerja di perusahaan dan kantor-kantor pemerintah dan swasta akan memberikan zakat mereka kepada panitia yang dibentuk oleh Manajemen perusahaan.

Walaupun terkadang mereka akan mengeluarkan zakat fitrah kembali di lingkungan mereka masing-masing. Hal ini tidak bermasalah, dikarenakan ukuran zakat dua setengah kg adalah ukuran minimal. Maka diperbolehkan mengeluarkan zakat lebih dari ukuran tersebut.

Yang terpenting dari hal di atas adalah niat kita untuk mengeluarkan zakat fitrah kepada amil zakat maupun langsung kepada mustahik zakat.

Niat Zakat

macam-macam zakat

Pembahasan niat dalam ilmu fiqih telah jelas bahwa niat letaknya ada di hati seseorang. Sedangkan melafadzkan niat merupakan upaya para ulama Fiqih untuk menyelamatkan hati agar saat kita niat hati kita khudhur.

Sehingga dengan kita niat selain lillahi ta’ala karena Allah, juga supaya kita menyadari bahwa sebenarnya apa yang kita lakukan tersebut bukanlah murni perbuatan kita. Tetapi karena ada fadhol dari Allah.

Sangat disayangkan sekali Ketika kita melihat seseorang yang yang berbeda dalam pembahasan fiqih dalam hal ini niat menjadi saling debat sampai mengkufurkan satu dengan yang lain.

Dikarenakan niat zakat niat puasa dan niat yang lain tidak ada di dalam tekstual Hadits Shahih Bukhari Muslim dan kitab-kitab madzahibil arbaah.

Perlu saya tekankan lagi bahwa niat dalam suatu ibadah merupakan upaya Ulama untuk menyelamatkan ibadah orang-orang Awam.

Baca juga : Pengertian Zakat Fitrah yang Wajib Diketahui Setiap Muslim

Berikut ini niat zakat fitrah

niat zakat fitri untuk diri sendiri dan keluarga
shafiqolbu.wordpress.com

نويت ان اخرج زكاة الفطر عن نفسي فرضا لله تعالى

Nawaitu an ukhrija zakatal Fitri an-nafsi fardlon lillahi ta’ala

Niat zakat fitrah untuk anak isteri

نويت ان اخرج زكاه الفطر عن زوجتي وعن ولدي فرض الله تعالى

Nawaitu an ukhrija zakatal Fitri an-zaujati wa an-waladi fardhol lillahi ta’ala.

Niat zakat fitrah untuk satu keluarga

ﻧَﻮَﻳْﺖُ ﺃَﻥْ ﺃُﺧْﺮِﺝَ ﺯَﻛَﺎﺓَ ﺍﻟْﻔِﻄْﺮِ ﻋَنِّيْ ﻭَﻋَﻦْ ﺟَﻤِﻴْﻊِ ﻣَﺎ ﻳَﻠْﺰَﻣُنِيْ ﻧَﻔَﻘَﺎﺗُﻬُﻢْ ﺷَﺮْﻋًﺎ ﻓَﺮْﺿًﺎ ﻟﻠﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ

Nawaytu an ukhrija zakaata al-fitri anni wa an jami’i ma yalzimuniy nafaqatuhum syar’an fardhan lillahi ta’ala.

Niat zakat mal

نويت ان اخرج زكاة مالي فرضا لله تعالى

Nawaitu an-ukhrija zakata maali fardlon lillahi ta’ala

Baca juga : Pengertian Zakat Mal Kewajiban Muslim yang Telah Mampu

Doa menerima zakat fitrah dan zakat mal

Doa menerima zakat fitrah

Ketika mendapat rejeki dari orang lain wajib bagi penerima untuk berterima kasih. Begitu juga dengan pemberian zakat fitrah oleh muzakki.
Lebih baik lagi ketika kita diberi rejeki oleh orang kita mendoakannya.

Berikut ini doa untuk orang yang menerima zakat kepada muzakki.

اجزاك الله فيما اعطيت وجعله لك طهورا وبرك لك فيما ابقيت

Ajazakallahu fiima a’thoita waja’alahu laka thohuuron wabaroka laka fiima abqoita.

Semoga Allah memberi pahala atas apa yang kamu berikan. Menjadikan penyuci bagimu dan memberikan berkah untuk harta yang tersisa padamu.

Doa zakat fitrah dan mal

ربنا تقبل منا انك انت السميع العليم

Robbana taqobbal minna innaka antas samii’ul ‘aliim

Ya Allah Terimalah amal kami zakat Sesungguhnya engkau yang Maha mendengar dan Maha Mengetahui.

Demikian pembahasan pada kesempatan saat ini mengenai niat dan doa saat zakat. Semoga bermanfaat dan membawa keberkahan untuk kita semua. Amin…

Kang Santri Kangsantri.id merupakan bentuk usaha kami dari para santri dan alumni untuk menjaga tradisi keilmuan pesantren yang mengedepankan wasathiyah, salafiyah. 🤲

Sebarkan Kebaikan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: