Menu Sahur Sehat dan Praktis Untuk Sebulan

MENU SAHUR SEHAT DAN PRAKTIS – Ramadhan adalah bulan yang agung dan mulia. Yaitu bulan dimana umat Muslim di seluruh dunia diwajibkan untuk melakukan ibadah puasa.

Tidak hanya menahan haus dan lapar saja, namun juga diperintahkan untuk menahan diri dari sifat-sifat buruk dan tercela.

Untuk bisa menahan diri dari sifat-sifat buruk dan tercela itu tentunya harus lulus lebih dulu dari menahan haus dan lapar, oleh sebab itu, dalam memilih menu buka puasa dan menu sahur tidak boleh sembarangan.

Menu buka puasa dan menu sahur itu harus dapat memenuhi kebutuhan gizi dan energi kita selama menjalankan puasa Ramadhan.

Rekomendasi Menu Sahur Sehat dan Praktis

menu sahur sehat dan praktis tahu telur.

Menu sahur sehat dan praktis by makanajib.com

Diantara makanan yang dianjurkan sebagai menu sahur adalah makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti roti gandum, sereal gandum dan nasi merah.

Selain itu juga dianjurkan menambahkan makanan yang mengandung protein, seperti ayam tanpa kulit, daging sapi rendah lemak, tahu & tempe, ikan, telur dan susu.

Tambahkan juga sayur dan buah sebagai menu sahur, sebab sayur dan buah itu berfungsi untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral.

Berikut adalah menu sahur yang direkomendasikan untuk sebulan agar dalam menjalani ibadah puasa energi bisa tetap terjaga:

  • Nasi Merah
  • Roti Gandum
  • Sereal Gandum
  • Daging Sapi Rendah Lemak
  • Ayam Tanpa Kulit
  • Ikan
  • Tahu & Tempe
  • Telur
  • Susu
  • Sayur & Buah

Baca Juga: Inspirasi Menu Buka Puasa Sehat Agar Puasa Tetap Semangat

Menu Sahur yang Sebaiknya Dihindari

menu masakan buka puasa sehat cap cay kuah

youtube.com

Selain menu sahur diatas, ada juga menu sahur yang perlu untuk dihindari. Yaitu menu sahur yang bisa membuat perut menjadi kembung, yaitu kubis/kol dan brokoli.

Hindari juga juga menu sahur yang mengandung karbohidrat sederhana, seperti minuman dan makanan manis, kue, teh manis dan jus.

Makanan yang mengandung tinggi lemak juga tidak disarankan sebagai menu sahur, seperti nasi goreng, mie goreng, daging kambing dan masakan bersantan.

  • Kue
  • Teh Manis
  • Jus
  • Daging Kambing
  • Nasi Goreng
  • Mie Goreng
  • Makanan Bersantan
  • Kol/Kubis
  • Brokoli

Itulah beberapa rekomendasi menu sahur sehat dan praktis. Dan lagi, dalam berbuka atau sahur tidak dianjurkan makan terlalu kenyang.

Rasulullah sendiri telah menganjurkan kepada kita agar berhenti makan sebelum kenyang dan makan hanya jika sudah benar-benar lapar. Makan dengan standarisasi dibawah kenyang juga berdampak sangat baik untuk kesehatan kita.

No Responses

Add Comment