Kang Santri Perintah rasul. "Barang siapa yang ingin sukses di dunia dan akhirat maka berilmulah". Alhamdulillah.. kami pernah belajar di beberapa pesantren dan juga universitas 🤲

Menentukan Nisab Zakat Emas dan Perak

2 min read

Menentukan nisab zakat emas dan perak – Banyak orang yang saat ini sudah menyadari bahwa zakat merupakan suatu kebutuhan manusia.

Di samping menyadari bahwa zakat merupakan kewajiban saat ini juga banyak masyarakat yang menyadari bahwa manusia butuh mengeluarkan zakat terhadap aset dan kekayaannya.

Terbukti dari beberapa survei mengenai jumlah Muzakki yang dari tahun ke tahun mengalami peningkatan yang kita rasa patut dibanggakan.

Akan tetapi ketika seseorang mempunyai aset berupa emas dan perak banyak diantara mereka tidak bisa menentukan seberapa besar zakat yang harus mereka keluarkan.

Yang mereka tahu hanyalah kewajiban membayar zakat emas yang mencapai +- 80 gram emas.

Padahal kadar emas yang diperjual belikan di pasaran tidak seragam 24 karat semuanya. Hal ini menjadikan perlu perhitungan yang tepat untuk mengeluarkan zakat yang benar.

Ya walaupun sebenarnya Ketika seseorang diwajibkan membayar 2,5% kemudian dia membayar lebih tidak dilarang oleh agama.

Tetapi untuk menjaga supaya zakat yang dikeluarkan tepat sesuai perintah perlu diperhitungkan yang benar.

Konversi nisab emas dan perak

Teks yang berasal dari hadis rasulullah shallallahu alaihi wasallam mengatakan bahwa nisab zakat untuk emas adalah sebanyak 20 Dirham dan 200 dinar untuk perak.

Seperti sabda Nabi Shallallahu alaihi wa sallam dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad Abu Dawud Al Baihaqi Al Bukhari dan Imam turmudzi.

عن علي رضي الله عنه ان النبي صلى الله عليه وسلم قال . ليس عليك شيء ( يعني في الذهب) حتى يكون لك عشر دينارا . فاذا كانت لك عشرون دينارا وحال عليها الحول ففيها نصف دينار. فما زاد فبحساب ذلك وليس في مال زكاة حتى يحول عليه الحول (رواه احمد وابو داود والبيهقي وصححه البخاري)

Dari sahabat Ali radhiyallahu anhu bahwa Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda tidak diwajibkan bagimu zakat emas sampai mencapai 20 Dinar. Jika kamu memiliki emas 20 Dinar dan genap 1 tahun maka wajib bagimu zakat sebanyak setengah Dinar. ( hadits riwayat Ahmad, Abu Dawud, Baihaqi dan dishahihkan Imam Bukhari)

وعن علي رضي الله عنه ان النبي صلى الله عليه وسلم قال غداء قد عفوت لكم عن الخيل والرقيق ، فهاتوا صدقة الرقيق (الفضة) من كل اربعين درهما ، درهم وليس في تسعين ومائة شيء ، فاذا بلغت مائتين ففيها خمسة دراهم (رواه اصحاب السنن)

Perkataan nabi ini butuh penafsiran para ulama. Supaya ya apa yang dikerjakan oleh kaum muslimin tepat dengan sabda Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam.

Berawal dari hadits ini para ulama mazhab berbeda-beda dalam mengkonversikan 20 Dinar dan 200 Dirham yang dimaksudkan dalam hadis tersebut.

Berikut ini penjelasan para ulama mengenai perincian nisab zakat emas dan perak.

Nishab emas

(20 dinar)

77,50 gram Madhab Syafi’i, Maliki dan Hanbali
107,75 gram Madhab Hanafi
85 gram DR. Wahbah Zuhaily
90,5 gram Ali Mubarak
84,62 gram Qasim an-Nuri
72 gram Abdul Aziz Uyun
80 gram Majid al-Hamawi

 

Nishab perak

(200 dirham)

543,35 gram Madhab Syafi’i, Maliki dan Hanbali
752,66 gram Madhab Hanafi
595 gram DR. Wahbah Zuhaily
625 gram Qasim an-Nuri
504 gram Abdul Aziz Uyun
672 gram Majid al-Hamawidankitab al-Fiqh al-Manhaji.

Baca juga : Kewajiban Zakat Bagi Pemilik Emas Dan Perak

Menghitung zakat emas dan perak

Setelah kita mengetahui besarnya nisab yang mewajibkan seseorang untuk mengeluarkan zakatnya maka sudah dapat kita ketahui berapa banyaknya zakat yang harus dikeluarkan.

Berikut ini cara untuk menghitung besarnya zakat emas dan perak yang 100% murni tanpa campuran.
a= kadar zakat
b= aset obyek zakat
c= persentase zakat

a=bxc

Contohnya ketika seseorang memiliki emas atau perak 500 gram maka besarnya ajak aja harus dikeluarkan adalah sebagai berikut.
a= 700 x 2.5%
a= 1.75 gram.

Baca juga : Pengertian Zakat Mal Kewajiban Muslim yang Telah Mampu

Cara menghitung nisab emas tidak murni

macam-macam zakat

Dikarenakan di pasar jual beli emas memiliki kadar yang berbeda-beda. Cara menentukan nisab emaspun juga otomatis berbeda. Karena dilihat dari harganya pun berbeda.

Emas murni yang memiliki kadar 24 karat berbeda harganya dengan kadar 22 karat. Maka dari itu perlu adanya rumus untuk menentukan besarnya nisab emas.

Berikut ini cara menentukannya.

A=(b:c)x24
A= nisab emas tidak murni

B= nisab emas murni
C= karat emas bukan murni

Nisab emas tidak murni 22 karat dari konversi Madzhab Syafi’i, Maliki dan Hambali adalah sebagai berikut:

A  = (b : c) x 24    
     = (77,50 gram : 22) x 24     
     =  3,5227 x 24    
     =  84,5448 gram

Dengan demikian jika kamu punya emas dengan kadar 22 karat maka nisabnya adalah 84,5448 gram.

Demikian pembahasan mengenai cara menghitung zakat emas dan perak dengan cara menentukan nishabnya. Semoga bermanfaat dan memberikan keberkahan bagi kita.

Kang Santri Perintah rasul. "Barang siapa yang ingin sukses di dunia dan akhirat maka berilmulah". Alhamdulillah.. kami pernah belajar di beberapa pesantren dan juga universitas 🤲

Sebarkan Kebaikan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: