Kang Santri Kangsantri.id merupakan bentuk usaha kami dari para santri dan alumni untuk menjaga tradisi keilmuan pesantren yang mengedepankan wasathiyah, salafiyah. 🤲

Lima Makna Ihsan Dalam Islam

3 min read

makna ihsan dalam Islam

Lima Makna Ihsan Dalam Islam – Selain iman dan islam, ihsan adalah salah satu pilar yang sangat penting dalam agama Islam. Ihsan tidak bisa dipisahkan baik dari iman dan islam serta ketiganya adalah suatu kesatuan yang tidak bisa dipilah-pilah. Hal ini dikarenakan ketiga hal tersebut merupakan tanda dari kesempurnaan islam dari seorang muslim.

Kata ihsan –berikut beragam turunan katanya, sangat sering ditemukan dalam teks Al Quran dan juga hadis. Hal tersebut merupakan sebuah tanda di mana ihsan adalah perkara yang penting dalam agama di mana seorang muslim sudah selayaknya untuk mengetahuinya secara mendalam.

Pengertian Ihsan

Secara harfiah, ihsan bermakna kebaikan sebagai sebuah perilaku, bukan hanya sekadar pengetahuan atau etika semata. Oleh karenanya, ihsan bisa diartikan sebagai perbuatan baik yang merupakan sebuah bukti dari keimanan serta keislaman seorang muslim.

Di tengah krisis akhlak yang terjadi pada saat ini di mana level kebaikan hanya berhenti di level pengetahuan semata, maka ihsan adalah solusi yang nyata. Hal ini bisa dibuktikan ketika banyak orang yang melakukan pelanggaran meskipun sebenarnya ia mengetahui tindakan yang benar. Dengan ihsan, maka hal semacam itu tidak akan terjadi.

Selain itu, dalam islam, ihsan adalah salah satu bentuk ketakwaan dan keimanan muslim. Seorang muslim yang ihsan, tentu memiliki kesempurnaan dalam keimanan mereka yang menjadikan mereka senantiasa ingat kepada Allah dan menyadari bahwa ada Zat yang senantiasa mengetahui segala perilaku mereka.

Pelajari juga : Rukun Iman Dan Rukun Islam

Makna Ihsan yang Harus Dipahami Seorang Muslim

Ihsan memiliki beberapa makna yang sangat penting. Makna ihsan ini juga bisa menjadi gambaran dari bentuk perilaku ihsan yang perlu dilakukan oleh seorang muslim dalam menjalani peran di masyarakat. Tentu, pemahaman pada makna ihsan nantinya akan membawa mereka untuk bisa menerapkan nilai-nilai islam.

Adapun beberapa makna ihsan yang sebaiknya dipahami oleh seorang muslim diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Memberikan Sesuatu yang Disenangi Kepada Orang Lain

Salah satu makna dan contoh perbuatan ihsan yang bisa dilakukan oleh seorang muslim adalah memberikan sesuatu yang membahagiakan dan disenangi kepada orang lain sebagai wujud syukur. Ada cukup dalil, baik dalam Al Quran dan juga hadis yang mendorong seorang muslim untuk memberikan sesuatu hal yang baik kepada orang lain.

Contoh paling mudah terkait hal tersebut adalah bersedekah. Sedekah merupakan sebuah wujud keimanan seorang muslim di mana ia menyadari bahwa sumber rezeki adalah hanya Allah semata sehingga tidak ada kekhawatiran akan kekurangan rezeki ketika memberikan sedekah untuk orang lain.

Selain itu wujud ihsan seseorang adalah menyadari bahwa mengeluarkan zakat merupakan kewajiban seseorang. Jika seseorang yang beriman kepada Allah disertai dengan kesadaran maka ia akan mengeluarkan zakatnya dengan ihlas dan tanpa paksaan.

2. Berbuat Baik dan Menyebarkan Kebaikan

Makna ihsan lainnya adalah berbuat baik serta menyebarkan kebaikan. Ini adalah hal yang penting untuk menjadi tolak ukur dari seorang muslim tentang bagaimana ia seharusnya berperilaku di masyarakat umum.

Berbuat baik serta menyebarkan kebaikan juga merupakan sebuah kesadaran bahwa perbuatan tersebut adalah perintah dari agama guna dilakukan dengan maksimal. Tentu, perbuatan baik yang dilakukan nantinya juga akan berbuah kebaikan pula pada mereka dengan bentuk yang berbeda.

Hanya saja, perbuatan baik tentu tidak lahir begitu saja. Ada pengetahuan tentang kebaikan yang terus digali agar kebaikan-kebaikan yang dilakukan nantinya senantiasa dilandasi oleh sikap iman dan hanya berharap rida dari Allah semata.

Terkait perbuatan baik, ada perkataan khalifah Umar yaitu, “manusia dinilai dan dipandang karena pengetahuan yang ia miliki tentang kebaikan serta konsistensi yang diemban ketika melakukan perbuatan baik sebagaimana pengetahuan yang ia miliki”.

Pelajari juga : Pengertian Akhlak Mahmudah Dan Madzmumah

3. Menyadari Perbuatan Baik Akan Mendapatkan Balasan Dari Allah

Dalam salah satu riwayat dijelaskan bahwa amal baik akan mendapatkan balasannya meskipun ia hanya sebesar biji gandum. Riwayat ini adalah salah satu dasar yang meyakinkan di mana setiap perbuatan baik yang dilandaskan karena ikhlas dan berharap rida Allah, maka akan mendapatkan pahala.

Seorang muslim harus memahami makna ihsan ini sebagai landasan mereka dalam berperilaku. Tentu, dengan landasan ihsan tersebut maka seorang muslim nantinya akan bersemangat menebar perbuatan baik semata-mata hanya sebagai wujud ketakwaan dan kesungguhan iman mereka kepada Allah semata untuk mendapatkan balasan pahala baik di dunia ataupun di akhirat kelak.

4. Ihsan Lebih Tinggi Daripada Adil

Makna lain dari ihsan adalah ihsan memiliki derajat yang lebih tinggi daripada adil. Dalam pengertiannya, seseorang disebut adil jika ia melaksanakan kewajiban lantas mendapatkan hak sebagaimana apa yang ia lakukan tersebut sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Lantas, apa makna ihsan dalam konteks ini?

Ihsan dalam konteks ini berarti bahwa seseorang melakukan hal melebihi dari apa yang diwajibkan atas dirinya serta tidak melakukan pelanggaran seperti menerima hak yang terlalu banyak ataupun merugikan orang lain. Oleh karenanya, seorang muslim yang ihsan tidak akan pernah mengambil hak yang dimiliki oleh orang lain meskipun sebenarnya ia memiliki kesempatan.

Tidak hanya itu, nilai ihsan juga bisa diterapkan dalam bentuk peribadatan. Seorang muslim yang ihsan akan merasa tidak cukup jika hanya melakukan ibadah wajib saja sehingga ia akan menambah dengan ibadah sunah untuk mendekatkan diri pada Allah.

5. Beribadah Dengan Sebaik-Baiknya

Ihsan berhubungan langsung dengan keimanan. Oleh karenanya, makna ihsan lain adalah beribadah kepada Allah sebaik-baiknya dan menjauhi segala hal yang menjadi larangan. Sifat semacam ini nantinya akan membawa seorang muslim untuk mendapatkan kesejatian iman dalam diri mereka.

Demikian beberapa hal terkait makna ihsan dalam islam yang perlu diketahui. Seorang muslim tentu harus berusaha sekuat tenaga untuk mencapai level ihsan dalam peribadatan dan keseharian mereka demi kesempurnaan keimanan mereka dan wujud kepatuhan kepada Allah.

Kang Santri Kangsantri.id merupakan bentuk usaha kami dari para santri dan alumni untuk menjaga tradisi keilmuan pesantren yang mengedepankan wasathiyah, salafiyah. 🤲

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: