Kultum Singkat Tentang Sabar Dalam Menghadapi Cobaan Hidup

KULTUM SINGKAT TENTANG SABAR – Sebelum masuk dalam teks kultum singkat, kultum terbaik, ceramah agama Islam, ceramah pendek, kultum singkat tentang sabar, dll. Alangkah baiknya jika kita ketahui lebih dulu apa itu sabar. Secara bahasa, sabar berasal dari kata bahasa Arab shobaro yang berarti menahan. 

Sedangkan menurut istilah, sabar adalah menahan diri (menerima) dari segala kesusahan dan menahan diri dari melakukan sesuatu yang dilarang oleh Allah.

Menahan diri itu dilakukan dengan menggunakan syari’at dan akal sebagai landasannya. Dan sabar ini adalah ilmu yang cara memperolehnya dengan praktek (Bukan ilmu teori).

Oleh sebab itu, orang yang pandai menerangkan tentang sabar belum tentu dia telah menguasai ilmu sabar. Sebagaimana seorang guru yang menerangkan tentang negara Amerika juga belum tentu dia pernah ke Amerika.

Contoh Kultum Singkat Tentang Sabar 1

Kultum singkat tentang sabar

kultum singkat tentang sabar by abufarras.blogspot.co.id

بِسْمِ اللهِ الرّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

اَلْحَمْدُ للهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ وَالصَّلاَةُ وَالسَّلَامُ  عَلىَ اَشْرَفِ اْللأَنْبِياَءِ وَالْمُرْسَلِيْنَ سَيِّدِناَ وَمَوْلَنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ اَجْمَعِيْنَ, اَمَّا بَعْدُ

Alhamdulillaahi rabbil ‘aalamiin wassholaatu wassalaamu ‘alaa asyrafil anbiyaa’i wal mursaliin sayyidinaa wamaulaanaa Muhammadin wa ‘alaa aalihi wa shahbihi ajma’iin, amma ba’du.

Puji-pujian

Hadirin hadirat Rahimakumullah. .

Pertama-tama, marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kita kehadirat Allah Subhanahu wata’ala yang telah melimpahkan rahmat dan ni’matnya kepada kita semua. Terutama adalah ni’matul Islam wal Iman. Karena dengan Islam dan Iman lah kita bisa berbahagia di dunia dan akhirat.

Yang kedua, shalawat serta salam senantiasa kita haturkan kepada junjungan kita nabi agung Muhammad Shallallahu ‘alaihi wasallam. Yang mana beliau telah berjasa dalam membawa peradaban manusia jahiliyyah menuju peradaban yang terang benderang penuh dengan ilmu pengetahuan dan cahaya.

Ujian Pasti Akan Datang

Hadirin hadirat Rahimakumullah. .

Ketahuilah bahwa di dunia ini ada sesuatu yang pasti akan singgah dalam hidup kita, yaitu ujian. Sekuat apapun usaha kita untuk menghindarinya pasti tidak akan bisa. Seperti apapun kita menolak dan mengeluhkannya ujian itu tetap akan singgah kepada kita.

Maka, agar ujian itu berbuah pahala dan mengangkat derajat kita, jalan satu-satunya adalah dengan bersabar. Dengan begitu, ujian itu justru bisa kita maknai sebagai anugerah. Karena dengan ujian yang telah kita sabari itu menjadi sebab kebahagiaan kita di dunia dan akhirat.

Disebutkan dalam Al qur’an surat Al baqarah ayat 155: “Dan kami pasti akan menguji kalian dengan sebagian rasa ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang telah bersabar” (Q.S Al Baqarah:155).

Pembagian Sabar

Hadirin hadirat Rahimakumullah. .

Dalam pandangan Islam, sabar sendiri terbagi menjadi beberapa bagian:

Yang pertama adalah sabar dalam menjalankan semua perintah Allah. Yang dimaksud sabar dalam hal ini adalah agar kita selalu senantiasa bersabar dan ikhlas dalam menjalankan semua perintah Allah agar bisa istiqomah.

Sebab Allah telah menjanjikan surga untuk hamba-hambanya yang telah bersabar dan istiqomah dalam menjalankan semua perintah Allah sesuai dengan syari’at.

Yang kedua adalah sabar dalam menjauhi semua larangan Allah. Yang dimaksud sabar dalam hal ini adalah agar kita selalu senantiasa menahan diri untuk tidak berbuat segala sesuatu yang telah diharamkan oleh Allah, secondong apapun diri kita terhadap sesuatu itu.

 Yang ketiga adalah sabar terhadap segala keputusan dan ketentuan Allah. Sabar dalam hal ini juga termasuk dalam Rukun Iman yang terakhir yaitu ke-6. Kita wajib bersabar atas segala sesuatu yang telah menjadi ketetapan Allah. Entah itu baik atau buruk.

Penutup

Hadirin hadirat Rahimakumullah. .

Demikianlah kiranya yang dapat saya sampaikan. Akhir kata, Was salamu ‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

*****

Contoh Kultum Singkat Tentang Sabar 2

Kultum singkat tentang sabar dan tips singa podium

tongkronganislami.net

Contoh kultum tentang sabar yang kedua ini akan Kang Santri sampaikan dalam bentuk materi saja. Untuk tata cara atau urut-urutan dalam menyampaikan kultum singkat seperti diatas pada contoh kultum singkat tentang sabar 1.

Sabar adalah salah satu materi kultum yang sangat relevan untuk disampaikan kepada siapa saja dan kapan saja. Sebab, dalam setiap praktek kehidupan manusia pasti menuntut suatu perbuatan hati, diantaranya adalah sabar.

Sabar inilah yang menjadi pembeda terhadap kualitas seseorang. Datangnya ujian itu pasti, namun bagaimana menyikapinya itulah yang menjadi penentu baik atau tidaknya di hadapan Allah.

Pengertian Sabar Menurut Islam

Syeikh Muhammad bin Sholih Al ‘Utsaimin rahimahullah berkata, “Sabar adalah meneguhkan diri dalam menjalankan sebuah ketaatan kepada Allah, menahan dari suatu perbuatan maksiat kepada Allah, dan menjaganya dari suatu perasaan & sikap marah dalam menghadapi taqdir Allah” (Syarah Tsalatsatul Ushul, hal. 24)

Dari keterangan diatas, dapat disimpulkan bahwa sabar adalah menahan diri dari suatu tekanan yang dapat memalingkan diri keluar dari ketaatan kepada Allah.

Karena datangnya ujian itu pasti, maka beruntunglah bagi manusia yang dalam menghadapi cobaan/ujian itu bersabar. Mau bagaimana pun manusia itu menanggapi suatu cobaan, cobaan itu tetap terjadi, maka alangkah meruginya manusia yang tidak mampu bersabar.

Macam-macam Sabar

Macam macam sabar sendiri terbagi menjadi tiga bagian. Yaitu sabar dalam melakukan ketaatan kepada Allah, sabar dalam menjauhi kemaksiatan kepada Allah dan sabar atas segala sesuatu yang telah ditakdirkan Allah kepada Kita.

1. Sabar Dalam Melakukan Ketaatan Kepada Allah

Beraneka ragamnya kehidupan yang diajalani seseorang juga berdampak pada ketaatannya kepada Allah. Oleh sebab itu, orang yang mampu bersabar dalam menjalankan ketaatannya kepada Allah adalah orang yang hebat.

Ia tidak terpengaruh dengan lingkungan, situasi ataupun kondisi yang bagaimanapun. Ia tetap mampu bersabar menjalankan ketaatannya kepada Allah.

2. Sabar Dalam Menjauhi Kemaksiatan

Selain bersabar dalam berbuat taat, selanjutnya adalah sabar dalam menjauhi maksiat. Iblis selalu berusaha menggoda manusia untuk berbuat maksiat dan terjerumus dalam dosa.

Iblis tak kenal lelah berusaha menyesatkan manusia, diamanapun, kapan pun dan dalam keadaan bagaimana pun. Oleh sebab itu manusia juga diperintahkan untuk selalu bersabar dalam menjauhi maksiat.

3. Sabar Atas Segala Sesuatu yang Telah Allah Takdirkan untuk Kita

Segala sesuatu yang menimpa pada diri kita adalah Takdir Allah yang harus kita imani, entah itu baik atau buruk, yaitu dengan cara mensyukuri yang baik, dan bersabar terhadap yang kurang baik.

Kita wajib bersabar dengan semua ketentuan Allah tersebut, toh baik tidaknya takdir itu sebenarnya tergantung dari kaca mata kita memandang. Sebab pada dasarnya, segala sesuatu yang menimpa diri kita itu untuk kebaikan kita sendiri, yaitu berupa cobaan atau ujian yang akan mengangkat derajat kita menjadi lebih baik jika kita bersabar.

*****

Demikianlah contoh kultum singkat tentang sabar, ceramah agama Islam, ceramah pendek, atau materi kultum yang dapat Kang Santri sampaikan. Atas segala kekurangan mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Add Comment