Kang Santri Kangsantri.id merupakan bentuk usaha kami dari para santri dan alumni untuk menjaga tradisi keilmuan pesantren yang mengedepankan wasathiyah, salafiyah. 🤲

Iman Kepada Malaikat Allah, Pengertian dan Hikmahnya

3 min read

iman kepada malaikat Allah

Rukun iman adalah salah satu bagian penting dari agama Islam yang menjadi tanda keimanan seorang Muslim. Artinya, ketika seorang Muslim memiliki keimanan yang baik dan sempurna, maka ia akan mengamalkan apa yang tercantum dalam rukun iman tersebut secara keseluruhan dengan penuh keyakinan.

Berbincang tentang rukun iman, ada enam perkara yang harus diimani oleh seorang Muslim. Salah satunya adalah iman kepada malaikat Allah –di mana tercantum dalam rukun iman kedua. Dengan adanya rukun iman ini, seorang Muslim wajib mempercayai adanya malaikat sebagai salah satu makhluk yang diciptakan oleh Allah dan beribadah kepada-Nya.

Pada kesempatan ini akan dibahas mengenai beberapa hal terkait iman kepada malaikat. Pemahaman ini tentu sangat penting agar Anda sebagai Muslim bisa mempraktekkannya dengan benar dan memiliki keimanan yang lebih baik.

Pengertian Iman Kepada Malaikat Allah

Malaikat adalah makhluk ciptaan Allah yang memiliki beberapa perbedaan dari manusia. Jika manusia pertama diciptakan dari sari pati tanah, maka malaikat diciptakan dari cahaya. Selain itu, malaikat tidak memiliki akal dan nafsu sehingga ia tidak memiliki kuasa untuk menolak apa yang Allah perintahkan terhadap dirinya.

Secara singkat, pengertian dari iman kepada malaikat Allah adalah memiliki keyakinan jika malaikat Allah itu ada meskipun manusia memiliki keterbatasan dan tidak bisa melihatnya secara langsung. Kecuali, ada beberapa manusia yang diberikan keistimewaan oleh Allah untuk bisa melihat malaikat secara langsung, yaitu Nabi Ibrahim dan Nabi Muhammad.

Allah menciptakan banyak malaikat dan tidak ada yang mengetahui jumlah pasti malaikat kecuali Allah. Hanya saja, setiap Muslim wajib mengetahui setidaknya 10 malaikat Allah dan juga tugas yang ia miliki.

Baca juga :

Makna dan Hikmah Rukun Iman

Rukun Iman Dan Rukun Islam

Dalil Tentang Iman Kepada Malaikat Allah

Islam adalah agama dalil. Oleh karenanya, apa saja yang berkaitan dengan keimanan dan peribadatan, harus dikembalikan pada dalil. Termasuk iman kepada malaikat Allah, ada dalil yang bisa dijadikan landasan keimanan.

Terkait dalil tersebut, Allah berfirman dalam QS. An Nisa ayat 136,

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا آمِنُوا بِاللَّهِ وَرَسُولِهِ وَالْكِتَابِ الَّذِي نَزَّلَ عَلَىٰ رَسُولِهِ وَالْكِتَابِ الَّذِي أَنْزَلَ مِنْ قَبْلُ ۚ وَمَنْ يَكْفُرْ بِاللَّهِ وَمَلَائِكَتِهِ وَكُتُبِهِ وَرُسُلِهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ فَقَدْ ضَلَّ ضَلَالًا بَعِيدًا

“Hai orang-orang beriman, tetaplah beriman kepada Allah serta Rasul-Nya dan juga kepada kitab yang Allah turunkan kepada Rasul-Nya serta pula kitab yang Allah turunkan sebelumnya. Barangsiapa yang memilih kafir kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya, dan hari kemudian, maka sesungguhnya orang itu telah sesat sejauh-jauhnya.”

Selain itu, Nabi Muhammad juga bersabda terkait iman kepada malaikat Allah, yang artinya:

“Malaikat itu diciptakan dari cahaya sedangkan jin dari nyala api dan adam diciptakan dari apa yang telah diterangkan pada kamu semua”. (dari tanah). (H.R. Muslim dan Aisyah).

Dua dalil di atas adalah landasan yang sudah sangat jelas mengenai posisi malaikat dalam keimanan seorang Muslim. Oleh karenanya, sebagai seorang Muslim dengan keimanan yang baik, tentu sudah menjadi keharusan adanya keyakinan dari dalam hati perihal adanya malaikat Allah tersebut.

Sifat-Sifat Malaikat

Sebagai makhluk Allah yang berbeda dari manusia, malaikat memiliki sifat yang juga berbeda. Adapun beberapa sifat dari malaikat tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Selalu takut dan taat hanya kepada Allah semata
  • Suci dari beragam sifat manusia serta jin, seperti memiliki hawa nafsu, tidur, makan, merasa lapar, dan juga lainnya
  • Bisa mengubah wujud sesuai dengan perintah Allah
  • Tidak makan dan tidak minum
  • Tidak pernah lelah untuk melaksanakan apa yang diperintahkan oleh Allah
  • Memiliki kekuatan yang luar biasa
  • Memiliki kecepatan yang sangat tinggi sebagaimana cahaya
  • Memiliki sifat malu
  • Tidak pernah melakukan dosa dan maksiat serta senantiasa mengamalkan segala perintah Allah
  • Senantiasa berdzikir kepada Allah baik siang ataupun malam.

Dari penjelasan di atas, bisa disimpulkan bahwa malaikat adalah makhluk Allah yang paling taat. Ia juga bisa berubah wujud sesuai perintah Allah sebagaimana diceritakan malaikat Jibril yang mengubah dirinya menjadi sosok manusia untuk bertanya tentang Islam kepada Nabi Muhammad.

Hikmah Beriman Kepada Malaikat Allah

Sebagaimana dibahas sebelumnya bahwa beriman kepada malaikat Allah adalah salah satu bentuk peribadatan yang berkaitan dengan masalah keimanan. Oleh karenanya, ada hikmah yang nantinya akan didapatkan oleh seorang Muslim jika ia memiliki keimanan pada malaikat Allah.

Adapun hikmah dari beriman kepada malaikat Allah adalah sebagai berikut:

  1. Meniru Sifat Malaikat Dalam Beribadah Kepada Allah

Malaikat adalah makhluk yang paling taat kepada Allah. Ia senantiasa menjalankan perintah Allah tanpa pernah protes dan bertanya bermacam-macam hal. Oleh karenanya, dengan keimanan sempurna kepada malaikat, seorang Muslim bisa meneladani bagaimana malaikat beribadah kepada Allah.

  1. Termotivasi Untuk Melakukan Perbuatan Baik

Hikmah lain dari beriman kepada malaikat Allah adalah termotivasi untuk melakukan perbuatan baik. Malaikat adalah makhluk Allah yang senantiasa melaksanakan perintah Allah dalam hal kebaikan. Tentu, seorang Muslim yang baik bisa meniru malaikat yang senantiasa melakukan perintah Allah sebagai perwujudan keimanan yang sempurna. Sehingga dengan beriman kepada malaikat akan menjadikan seseorang untuk selalu berakhlak yang baik, layaknya akhlak seorang malaikat.

  1. Mempercayai Kehidupan Setelah Dunia

Diantara malaikat yang wajib diimani, ada beberapa malaikat yang bertugas untuk menanyakan amal perbuatan manusia di alam kubur. Dengan beriman kepada malaikat Allah, berarti seorang Muslim nantinya akan memiliki kepercayaan yang sama tentang kehidupan setelah dunia berakhir. Tentu, dengan kepercayaan ini, seorang Muslim akan termotivasi untuk menyiapkan bekal yang kelak akan ia bawa menghadap kepada Allah.

Beberapa poin di atas adalah hikmah beriman kepada malaikat Allah sebagai salah satu konsekuensi dari keimanan. Dengan keimanan pada malaikat, maka iman seorang Muslim bisa dikatakan lebih sempurna dan rahmat Allah akan senantiasa turun kepadanya untuk menjadi pegangan dan petunjuk dalam menjalankan kehidupan di dunia sebagai seorang hamba.

Kang Santri Kangsantri.id merupakan bentuk usaha kami dari para santri dan alumni untuk menjaga tradisi keilmuan pesantren yang mengedepankan wasathiyah, salafiyah. 🤲

One Reply to “Iman Kepada Malaikat Allah, Pengertian dan Hikmahnya ”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: