Kang Santri Kangsantri.id merupakan bentuk usaha kami dari para santri dan alumni untuk menjaga tradisi keilmuan pesantren yang mengedepankan wasathiyah, salafiyah. ๐Ÿคฒ

Hikmah Diwajibkannya Puasa

1 min read

dilarang berbantah-bantahan saat haji

Hikmah Diwajibkannya Puasa – Bagi seorang muslim yang taat tidak meragukan syariat yang diturunkan kepada hambaNya. Seperti halnya disyariatkannya puasa bulan Ramadan.

Mereka tidak menganggap ibadah puasa hanya mendapati lapar dan kehausan. Menyiksa badan untuk tidak memakan apa yang dia sukai.

Lebih dari itu seorang muslim yang baik dan taat kepada Allah akan menjadikan puasa sebagai sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah dan mengambil hikmah-hikmah yang ada di dalamnya.

Para ulama dan juga orang-orang yang paham tentang yang ada mah akan mengetahui faidah-faidah dan rahasia-rahasia dibalik disyariatkannya ibadah puasa.

Tabib pada zamannya ulama salaf sepakat mengenai hikmah diwajibkannya puasa bulan Ramadan.

Mereka berpendapat bahwa puasa mempunyai faedah yang sangat banyak untuk tubuh diantaranya sebagai pencegah dari penyakit sebagai obat untuk beberapa penyakit zahir.

Puasa Sebagai Wujud Takwa

Hikmah puasa ramadan

Puasa sebagai ibadah yang spesial yaitu sebagai wujud Batu Atas perintah-perintah Allah kepada hambaNya juga sebagai bentuk ketakwaan untuk menghormati Tuhannya.

Sebagaimana yang disabdakan oleh Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam dalam riwayat al-bukhari dan Muslim.

ูƒู„ ุนู…ู„ ุงุจู† ุงุฏู… ู„ู‡ ุงู„ุง ุงู„ุตูˆู… ูุงู†ู‡ ู„ูŠ ูˆุงู†ุง ุงุฌุฒูŠ ุจู‡ ูŠุฏุน ุทุนุงู…ู‡ ูˆุดุฑุงุจู‡ ูˆุดู‡ูˆุชู‡ ู…ู† ุงุฌู„ูŠ

Setiap amal ibadah yang dilakukan oleh anak Adam adalah untuk mereka kecuali ibadah puasa Karena itu adalah untukku Dan aku sendiri yang akan memberi pahala mereka. Mereka meninggalkan makan minum dan syahwat karena aku. ( HR Bukhari Muslim).

Dari hadits di atas sudah sangat jelas bahwa Allah memberikan apresiasi yang sangat besar kepada seorang muslim yang yang mau melaksanakan puasa. Menahan lapar, haus dan menjaga syahwatnya hanya untuk mencari satu Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Berbeda dengan ibadah-ibadah yang lain seperti zakat membaca Alquran, i’tikaf di masjid dan seterusnya itu hanya untuk kepentingan hamba-Nya.

Seperti halnya salat yang diperintahkan oleh Allah untuk mencegah dari perbuatan keji dan mungkar. Zakat yang diwajibkan Allah untuk mensucikan harta benda kita dari kotoran-kotoran. Membaca Alquran untuk menjadikan hidup kita lebih terarah.

Baca juga :ย Rukun Iman Dan Rukun Islam

Pendidik Jiwa

Hikmah diwajibkannya puasa
Puasa menjadikan pembelajaran untuk setiap orang menjadi lebih baik.

Salah satu hikmah yang akan didapat bagi mereka yang senantiasa menjadikan puasa sebagai badah untuk menjalankan diri kepada Allah akan mendapati pelajaran-pelajaran yang sangat berharga.

Dengan menjalankan ibadah puasa seseorang akan terlatih menjadi sabar dan terlatih untuk bersusah payah di jalan Allah.

Dengan berpuasa akan memperkuat niat dan tekat seseorang. Orang yang berpuasa mempunyai komitmen untuk meninggalkan apa-apa yang membatalkannya.

Tanpa ada niat dan komitmen tidak akan terselesaikan ibadahnya. Pasalnya ibadah puasa hanya dirinya dan Allah lah yang mengetahui.

Dengan berpuasa juga manusia bisa mengendalikan keinginan dan nafsunya. Sehingga menjauhkan manusia sebagai budak tubuh dan tawanan nafsu. Bukan seperti nafsu hewan yang tanpa kontrol, memakan segala yang lewat.

Kehadiran puasa ramadan mengangkat martabat dan menjadikan manusia mulia. Berwawasan dan memiliki akal yang bersinar.

Dengan demikian mereka yang bisa melawan hawa nafsunya sendiri untuk taat dan berbakti kepada Allah akan menjadi yang bersih layaknya malaikat dari malaikat-malaikatnya Allah.

Puasa Mengajarkan Untuk Memiliki Cinta, Kebaikan dan Kelembutan

Puasa menjadi pribadi yang lebih baik memiliki hati yang lembut jiwa yang baik meningkatkan keimanan seseorang.

Dengan berpuasa orang tidak akan hina karena tidak bisa makan dan tidak bisa minum. Tetapi sebaliknya dia akan menemukan kejernihan jiwa dalam tubuh manusia.

Baca juga :ย Pengertian Akhlak Mahmudah Dan Madzmumah

Puasa akan menjadikan orang soleh

Puasa bisa memurnikan jiwa manusia menjadikan takut kepada Allah yang tertanam didalamnya dalam keadaan ramai, sepi, sendiri maupun bersama banyak orang.

Dengan melaksanakan puasa yang tulus karena Allah akan meningkatkan ihsan. Sehingga menjadikannya soleh taat kepada Allah dan soleh sosial.

 

Kang Santri Kangsantri.id merupakan bentuk usaha kami dari para santri dan alumni untuk menjaga tradisi keilmuan pesantren yang mengedepankan wasathiyah, salafiyah. ๐Ÿคฒ

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

%d blogger menyukai ini: