Ini Doa Sholat Tahajud yang Shahih dari Rasulullah

Doa Sholat Tahajud itu tidak kalah pentingnya dengan sholat tahajud itu sendiri. Sebab doa sholat tahajud itu selalu menyertai sholat tahajudnya.

Lazimnya, setelah menjalankan sholat adalah berdoa. Doa yang wajib adalah meminta untuk kebaikan agama dan akhiratnya. Namun juga tidak apa-apa dengan menambahkan doa untuk urusan dunia.

Seperti halnya sholat sunnah lain yang memiliki doa khusus, sholat tahajud pun memiliki doa tersendiri. Hal ini bukan berarti dalam sholat tahajud doa yang dibaca harus doa ini. Namun lebih kepada tuntunan yang diajarkan oleh Rasulullah SAW.

Doa Sholat Tahajud

Inilah doa setelah sholat tahajud atau sholat malam Rasulullah yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Imam Muslim:

اَللهُمَّ رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ قَيِّمُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ مَلِكُ السَّمَوَاتِ واْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ نُوْرُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ الْحَقُّ وَوَعْدُكَ الْحَقُّ وَلِقَاءُكَ حَقٌّ وَقَوْلُكَ حَقٌّ وَالْجَنَّةُ حَقٌّ وَالنَّارُ حَقٌّ وَالنَّبِيُّوْنَ حَقٌّ وَمُحَمَّدٌ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَقٌّ وَالسَّاعَةُ حَقٌّ. اَللهُمَّ لَكَ اَسْلَمْتُ وَبِكَ اَمَنْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ وَاِلَيْكَ اَنَبْتُ وَبِكَ خَاصَمْتُ وَاِلَيْكَ حَاكَمْتُ فَاغْفِرْلِيْ مَاقَدَّمْتُ وَمَا اَخَّرْتُ وَمَا اَسْرَرْتُ وَمَا اَعْلَنْتُ وَمَا اَنْتَ اَعْلَمُ بِهِ مِنِّيْ. اَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَاَنْتَ الْمُؤَخِّرُ لاَاِلَهَ اِلاَّ اَنْتَ. وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ

Arti Doa Sholat Tahajud

“Ya Allah, Tuhan kami, segala puji bagi-Mu, Engkaulah penegak langit, bumi, dan semua makhluk yang ada di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkaulah penguasa langit, bumi, dan semua makhluk yang ada di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkaulah cahaya langit, bumi, dan semua makhluk yang ada di dalamnya.

Segala puji bagi-Mu, Engkaulah dzat haq. Janji-Mu haq. Pertemuan dengan-Mu kelak itu haq. Firman-Mu haq adanya. Surga itu nyata dan haq. Neraka pun nyata dan haq. Para nabi itu benar dan haq. Demikian pula Nabi Muhammad SAW itu benar dan haq. Hari Kiamat itu benar dan haq.

Ya Tuhanku, hanya kepada-Mu aku berserah diri. Hanya kepada-Mu aku beriman. Kepada-Mu aku tawakkal. Hanya kepada-Mu aku kembali. Karena-Mu aku rela bertikai. Hanya kepada-Mu dasar hukumku.

Maka, ampunilah dosaku yang telah lalu dan yang kemudian, dosa yang kusembunyikan dan yang kutampakkan, dan dosa lain yang lebih Kau ketahui daripada aku. Engkaulah Yang Maha Dahulu dan Maha Akhir. Tidak ada Tuhan selain Engkau. Tidak ada daya dan upaya selain pertolongan Allah.”

Baca Juga: 

Waktu Sholat Tahajud Terbaik

waktu yang tepat memanjatkan doa sholat tahajud.

Doa setelah sholat tahajud via infoyunik.com

Waktu terbaik untuk menjalankan ibadah malam adalah ketika sudah memasuki waktu sepertiga malam. Sepertiga malam yaitu antara jam 01.00 sampai menjelang subuh. Berarti sepertiga malam akhir adalah waktu menjelang shubuh.

Hal ini berdasrkan sabda Nabi yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Imam Muslim:

Rabb kita tabaraka wa ta’ala turun ke langit dunia setiap sepertiga malam akhir. Ia (Allah) lalu berkata: “Barangsiapa yang berdoa, akan Aku kabulkan, siapa yang meminta kepada-Ku akan Aku beri, siapa yang memohon ampun kepada-Ku, akan Aku ampuni. Hingga terbit fajar”.

Jangan Minta Urusan Duniawi Dalam Doa Sholat Tahajud

Doa sholat tahajud yang diajarkan rasulullah saw

Doa setelah sholat tahajud via Rumaysho.com

Sebaiknya, saat memanjatkan doa tahajud jangan meminta urusan duniawi. Karena sholat tahajud itu kepentingannya untuk kebaikan agama dan akhirat.

Sebagaimana kandungan dari doa sholat tahajud diatas, yaitu berupa puji-pujian, pengakuan dan memohon ampunan. Maka tidak pas jika untuk meminta urusan duniawi.

Namun juga bukan berarti meminta urusan duniawi itu tidak boleh dipanjatkan saat sholat malam. Sebab pada waktu itu pula (1/3 malam) adalah waktu yang mustajab. Baik untuk urusan duniawi atau ukhrawi. Hanya saja bukan dalam sholat tahajud memintanya.

Untuk doa urusan duniawi tambahlah sholat lagi minimal 2 rokaat, laksanakanlah sholat hajat. Dalam sholat hajat ini mintalah apa saja yang menjadi hajat. Karena memang salah satu keutamaan sholat hajat adalah untuk meminta apa saja yang menjadi hajat kita, termasuk hajat urusan duniawi.

Sholat Tahajud Adalah Anugerah dari Allah

Tidak mudah memang membiasakan diri untuk mengerjakan sholat tahajud, tanpa niat dan azam yang kuat serta tanpa pertolongan Allah seseorang tidak akan bisa melaksanakannya.

Sejatinya, semua amal ibadah merupakan sebuah pemberian dan anugerah dari Allah. Dan hanya orang-orang yang pantaslah yang berhak dan layak diberi anugerah berupa bisa melaksanakannya.

Selain itu sholat tahajud juga merupakan sebuah panggilan ilahi, terkadang seseorang yang tidak memiliki niatan untuk melaksanakan sholat tahajjud tiba-tiba terbangun pada dini hari dengan tubuh yang yang sangat ringan, rileks dan nyaman. Maka sadarilah bahwa itu merupakan panggilan untuk melaksanakan qiyamullail.

Dan lihatlah mengapa orang-orang islam abangan susah sekali melaksanakan sholat, meskipun sudah ada niatan untuk melaksanakannya (Munafiq, Fasiq, Kufur), karena sejatinya bukan dirinya yang tidak mau melaksanakan sholat, tetapi karena memang dirinya tidak/belum pantas diberi anugerah untuk berhadapan dengan Allah.

Oleh sebab itu, seseorang yang amaliyah kesehariannya bagus, besar kemungkinan niat dan azam yang tertanam dalam hatinya akan terlaksana.

Tips Sholat Tahajud

Mempersiapkan Diri dan Memantaskan Diri Menerima Anugerah Dari Allah. Amal kita nanti ditentukan dengan amaliyah kita saat ini, oleh sebab itu perbaikilah amal di waktu sekarang agar niatan amal shaleh di waktu nanti terlaksana.

Niatan melaksanakan sholat tahajud namun masih melakukan kebiasaan buruk sebelum tidur, begadang, nonton film sampai larut malam atau yang lainnya (misalnya), akan menghalangi datangnya pemberian anugerah Allah.

Oleh sebab itu, hendaknya berwudhu dan mengerjakan sholat witir satu atau tiga rakaat sebelum tidur, kemudian berdoa untuk dibangunkan dini hari nanti dan diberikan pertolongan bisa melaksanakan sholat tahajjud.

Setelah itu membaca istighfar tiga kali dan membaca doa sebelum tidur, kemudian memasrahkan semuanya kepada Allah. Tidurlah dengan nyaman dan nyenyak.

Add Comment