Kang Santri Kangsantri.id merupakan bentuk usaha kami dari para santri dan alumni untuk menjaga tradisi keilmuan pesantren yang mengedepankan wasathiyah, salafiyah. 🤲

Doa Setelah Adzan Dan Iqamat Lengkap

2 min read

adzan saat shalat jamaah

Doa setelah adzan dan iqamat – Adzan dan iqamat merupakan dua kesunnahan yang sifatnya muakkad. Adzan sendiri dijadikan sebagai tanda masuknya waktu shalat, sedangkan iqamat adalah menandai akan didirikannya shalat.

Selain shalat maktubah tidak dianjurkan untuk adzan tetapi diganti dengan ucapan “asshalatul jaami’ah”. Diantara penggunaan kata tersebut adalah ketika hendak shalat sunnah berjamaah seperti dua shalat ied, shalat tarawih, shalat gerhana dan shalat sunah lain.

Adzan memiliki keistimewaan tersendiri. Yaitu doa yang dipanjatkan setelah adzan akan segera terkabulkan. Selain itu juga ada anjuran dari nabi untuk berdoa setelah adzan, baik muadzin ataupun yang mendengar.

Doa Setelah Adzan

lafadz adzan

Doa adalah salah satu dari kegiatan dzikir, yaitu mengingat Allah SWT. Dzikir sendiri tidak hanya ditentukan pada saat-saat tertentu.

Seperti saat sore maupun pagi saja, melainkan dianjurkan setiap saat. Termasuk dari dzikir yang biasa dilakukan adalah kebiasaan dzikir setelah sholat dan setelah adzan.

Doa setelah adzan yang berdasarkan sunnah Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam adalah sebagai berikut :

اللّهم رَبَّ هٰذِهِ الدَّعْوَةِ التَّامَةِ, وَالصَّلاَةِ الْقَائِمَةِ , اۤتِ سَيِّدَناَ محمدا نِالْوَسِيْلَةَ وَالْفَضِيْلَةَ , وَالشَّرَفَ وَالدَّرَجَةَ العَالِيَةَ الرَّفِيْعَةَ وَابْعَثْهُ الْمَقَامَ الْمَحْمُوْدَ الذِّيْ وَعَدْتَهُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الَّراحِمِيْنَ.

“Allahumma rabba hadzihid da’wati taamah, wasshalatil qaaimah, aati sayyidana Muhammadinil wasiilata wal fadhilah, wasysyarafata wad darajatal ‘aliyatar rafii’ah, wab’atshu maqaamal mahmudanil ladzi wa’adtah, birahmatika ya arhamar rahimin.

Artinya: Ya Allah, Tuhan pemilik panggilan yang sempurna, dan shalat yang akan didirikan ini, sampaikanlah kepada nabi kami wasilah, anugerah, kemulyaan, dan derajat yang tinggi. Semoga Engkau menjadikan Nabi Muhammad pada maqam yang terpuji yang telah Engkau janjikan. Wahai dzat yang pengasih.

Doa Setelah Iqamat

Setelah iqamat dan sebelum melakukan takbiratul ihram untuk shalat sebaiknya kita membaca doa setelah iqamat di bawah ini dan diteruskan membaca surat An-Nas kemudian membaca ta’awudh dan niat. Setelah membaca bacaan tersebut kemudian takbiratul ihram.

Berikut ini bacaan setelah iqamah.

اَقَامَهَا اللهُ وَاَدَامَهَا مَادَامَتِ السَّمَوَاتُ وَالْاَرْضُ

“Aqamaha Allahu wa adamaha madaamatis samawatu wal ardhu”

Semoga Allah mendirikan shalat dan melanggengkannya selama langit dan bumi masih langgeng.

Dalil Tentang Kesunnahan Adzan Dan Iqamat

Adzan merupakan waktu pertanda masuknya waktu shalat. Jika umat agama yang lain menggunakan tanda api, terompet dan lonceng/bel, umat muslim menggunakan adzan sebagai sarana komunikasi untuk beribadah.

Salah satu keistimewaan adzan adalah dapat mengusir setan hingga lari terbirit-birit menjauh dari suara adzan. Seperti yang disampaikan rasulullah dalam haditsnya yang diriwayatkan oleh Imam Al-Bukhari no. 608.

Setelah adzan dan iqamat dikumandangkan selanjutnya didirikan shalat lima waktu.

Jawaban Ketika Mendengar Adzan

Ketika mendengar suara adzan hendaknya kita bersyukur dan mengucap hamdalah karena kita masih diberikan kenikmatan iman dan Islam.

Selain itu juga disunnahkan mengucapkan apa yang diucapkan oleh muadzin ketika adzan. Kesunnahan itu berdasarkan dari hadits nabi yang diriwayatkan oleh syaikhani.

عن ايب سعيد الحدري ان رسول الله صلى الله عليه وسلم قال : “اذا سمعتم النداء فقولوا مثل ما يقول المؤذن” (رواه البخاري)

Hadits dari Abu Said Al-Kudri bahwa Rasulallah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda “jika kamu mendengar panggilan (adzan) maka ucapkanlah sebagaimana muadzin ucapkan”. (HR. Al-Bukhari No. 611)

 

Dalil Doa Setelah Adzan

Doa setelah adzan

Telah kita sampaikan mengenai doa setelah adzan lengkap dengan terjemahnya. Akan tetapi kita belum membahas mengenai dasar-dasar hukum yang dijadikan dalil untuk melakukannya.

Berikut ini dalil yang dijadikan landasan mengenai kesunnahan membaca doa setelah adzan.

عن جابر ابن عبد الله ان رسول الله صلى الله عليه وسلم قال : من قال حين يسمع النداء: اللّهم رَبَّ هٰذِهِ الدَّعْوَةِ التَّامَةِ, وَالصَّلاَةِ الْقَائِمَةِ , اۤتِ محمدا نِالْوَسِيْلَةَ وَالْفَضِيْلَةَ , وَابْعَثْهُ الْمَقَامَ الْمَحْمُوْدَ الذِّيْ وَعَدْتَهُ حلت له شفاعتي يوم القيامة.

Hadits dari Jabir bin Abdullah bahwa Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda : “barang siapa yang mendengar adzan kemudian mengucapkan (doa) : Ya Allah, Tuhan pemilik panggilan yang sempurna, dan shalat yang akan didirikan ini, sampaikanlah kepada nabi kami wasilah dan anugerah. Semoga Engkau menjadikan Nabi Muhammad pada maqam yang terpuji yang telah Engkau janjikan. Maka dia akan mendapatkan syafaatku dihari kiamat.” (HR. Al-Bukhari).

 Selain doa tersebut juga disunnahkan berdoa dan juga shalat diantara waktu adzan dan iqamat.

ان النبي صلى الله عليه وسلم قال : ان الدعاء لا يرد بين الاذان والاقامة (رواه مسلم)

Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda : “sesungguhnya doa diantara adzan dan iqamat tidak akan ditolak.”

قال النبي صلى الله عليه وسلم بين كل اذانين صلاة , بين كل اذانين صلاة , بين كل اذانين صلاة لمن شاء. (رواه البخاري)

Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda : diantara adzan dan iqamat terdapat shalat (sunnah) bagi yang menginginkan.

Demikian tulisan dari saya, semoga apa yang saya sampaikan mengenai doa setelah adzan dan iqamat membawa manfaat dan keberkahan untuk kita semua. Sampai jumpa lagi di tulisan saya selanjutnya. Wallahul muwaffiq ila aqwamit thoriq. Wassalamualaikum Wr. Wb.

Kang Santri Kangsantri.id merupakan bentuk usaha kami dari para santri dan alumni untuk menjaga tradisi keilmuan pesantren yang mengedepankan wasathiyah, salafiyah. 🤲

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: