Kang Santri

Catatan Kang Santri

Doa Masuk Kamar Mandi

Home Panduan Kumpulan Doa Panduan Doa Masuk Kamar Mandi
doa masuk kamar mandi

Doa masuk kamar mandi – Banyak umat muslim yang mengetahui bahwa kamar mandi ataupun toilet merupakan tempat kotor, dimana tempat tersebut merupakan tempat persembunyian setan ataupun jin ketika mendengar adzan. Karena hal demikian kita dianjurkan untuk selalu berdoa ketika hendak masuk atau pun keluar dari kamar mandi.

Selain doa keluar dan masuk kamr mandi, silahkan baca juga Doa-Doa Supaya Lekas Mendapat Jodoh,  Doa Qunut Subuh Lengkap Beserta Penjelasannya, Tatacara Wudhu Lengkap Beserta Do’a Dan Bacaan Latin.

Tidak hanya itu ketika berada di kamar mandi atau toilet kita seharusnya menggunakan adab supaya kita terhindar dari hal-hal dari yang tidak kita inginkan seperti digoda jin dan pengaruh setan.

doa masuk kamar mandi

Doa Masuk Kamar Mandi

Berikut ini doa sebelum kita memasuki kamar mandi.

بِسْمِ اللهِ اللّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْحُبُثِ وَالْخَبَائِثِ

Bismillah Allahumma inni a’udzubika Minal khubutsi wal khobaits

Dengan menyebut nama Allah aku berlindung kepadaMu dari setan laki-laki dan setan perempuan.

doa keluar kamar mandi

Doa Keluar Kamar Mandi

Sedangkan doa ketika keluar kamar mandi adalah

غفرانك الحمد لله الذي أذهب عني الاذى وعافني

Ghufronakal alhamdulillahilladzi adzhaba annil adza wa’a fani

Hadits Tentang Doa Keluar Dan Masuk Kamar Mandi

Doa-doa tersebut merupakan  anjuran dari rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam kepada seluruh umat muslim agar supaya ketika kita berada di kamar mandi diberi keselamatan dari godaan setan ataupun hal-hal yang membahayakan kita.

Hadits ini berasal dari sahabat Anas radhiyallahu anhu

كان النبي صلى الله عليه وسلم إذا أراد أن يدخل الخلاء قال : بسم الله , اللهم اني اعوذ بك من الخبث والخبائث (رواه الجماعة)

Kanan nabiyu Sallallahu Alaihi Wasallam idza aroda an yadkhulal khola, qola bismillah Allahumma inni a’udzubika Minal khubutsi wal khobaits (HR. Jama’ah)

Sedangkan ketika kita telah selesai membuang hajat kemudian hendak Keluar kita juga diajarkan untuk selalu berdoa kepada Allah Subhanahu Wata’ala. Doa ini dari rasulullah sallallahu Alaihi Wasallam ketika kita hendak keluar kamar mandi supaya berdoa seperti yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah

ولما روي انه صلى الله عليه وسلم كان إذا خرج من الخلاء قال الحمد لله الذي اذهب عني الاذى وعافاني

Walamma ruwiya annahu Shallallahu Alaihi Wasallam kana idza khoroja minal khola’i qola: alhamdulillahilladzi adzhaba annil adza wa ‘afani.

Adab Ketika Beradaan Di Dalam Kamar Mandi

Adab merupakan sesuatu yang harus dijunjung tinggi karena adab ditempatkan di atas ilmu, jika seseorang berilmu tetapi tidak memiliki adab maka ilmu tersebut tidak akan dianggap.  Begitu juga dengan ilmu, ilmu itu harus mendampingi adab supaya adab yang kita pakai bisa sesuai dengan syariat Islam.

Adab-adab ketika kita berada di dalam kamar mandi maupun sebelum kita kamar mandi  adalah sebagai berikut:

  1. Mendahulukan kaki kiri ketika masuk

Ketika kita akan masuk ke kamar mandi disunahkan untuk mendahulukan kaki kiri dan keluar menggunakan kaki kanan. Berbeda halnya dengan ketika kita masuk ke masjid kita disunahkan untuk masuk dengan menggunakan kaki kanan dan keluar dengan menggunakan kaki kiri. Hal ini berlaku untuk tempat-tempat yang dinilai untuk hal kebaikan seperti masjid, madrasah, sekolah ataupun yang lainnya begitu pula dengan ketika kita masuk ke tempat-tempat yang dianggap tidak baik seperti kamar mandi pasar atau yang lainnya. Kita dianjurkan untuk menggunakan kaki kiri untuk masuk dan kaki kanan untuk keluar.

  1. Menjauh dari orang

Adab ketika hajat salah satunya adalah menjauh dari pemukiman maupun jalan yang dilalui orang, sehingga aktifitas tersebut tidak diketahui oleh orang-orang yang lewat ataupun yang melintas.

Pada zaman dahulu, zaman awal Islam belum ada sistem sanitasi seperti septik tank sehingga tidak ada tempat khusus untuk membuang hajat. Nabi mengajarkan kepada umat muslim ketika hendak membuang hajat untuk menjauh dari orang ataupun menjauh dari tempat yang dilewati orang.

  1. Menghadap kiblat dan membelakangi

Adab dalam hajat selanjutnya adalah menghindari menghadap kiblat dan membelakangi kiblat. Hal ini bertujuan untuk memuliakan kiblat yang mana kiblat ini adalah tempat untuk menghadap orang-orang salat ataupun tempat menghadap untuk kebaikan seperti belajar, ngaji ataupun kegiatan-kegiatan kebaikan yang lainnya. Sehingga disunahkan untuk arah kiblat untuk beribadah dan menghindari menghadap arah kiblat supaya untuk memuliakan kiblat. Hal ini dilandasi dari hadis yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad berasal dari Abi Hurairah ra bahwa

ان رسول الله صلى الله عليه وسلم قال : إذا جلس احدكم فلا يستقبل القبلة ولا يستدبرها (رواه أحمد)

Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Sallam Qola “ idza jalasa ahadukum lihajatihi fala yastaqbilul qiblati wala yastadbiruha”.

  1. Tidak dengan berdiri

Ketika kita kencing dengan berdiri maka akan ada sisa-sisa air kencing yang keluar sesaat setelah kita selesai. Hal demikian merupakan sebuah najis. Dengan demikian lebih baiknya (sunnah) supaya kita jongkok ketika buang hajat, supaya sholat kita pun akan lebih mantap karena tidak ada najis.

  1. Menggunakan sabun untuk membersihkan tangan

Nabi mengajarkan ummatnya untuk membersihkan tangan dengan tanah/debu setelah memnbersihkan kotoran dengan air. Zaman dahulu belum ada pembuatan sabun secara masal sehingga sekarang bisa membersihkan bau tak sedap yang menempel di tangan dengan menggunakan sabun ssebagai pengganti dari tanah.

  1. Tidak berbicara saat hajat

Saat hajat disunnahkan untuk menghindari perbincangan dan menjawab salam.

لما روي ان النبي صلى الله عليه وسلم قال : لا يخرج الرجلان يضربان الغائط كاشفين عن عوراتها يتحدثان فان الله تبارك وتعالى يمقت على ذلك

  1. Menutup dengan satir

Menutup dengan satir merupakan salah satu adab dalam hajat. Tentunya dengan menutup maka akan terhindar dari fitnah juga.

Demikian pembahasan pada kali ini tentang doa masuk kamar mandi dan keluar kamar mandi beserta adabnya. Semoga kita selalu mendapat petunjuk dalam beribadah dan senantiasa berada dalam limpahan rahmatnya.

«     »

Questions & Feedback

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2019 Kang Santri.