Kang Santri Kangsantri.id merupakan bentuk usaha kami dari para santri dan alumni untuk menjaga tradisi keilmuan pesantren yang mengedepankan wasathiyah, salafiyah. 🤲

Tips dan Contoh Surat Lamaran Kerja dan CV

2 min read

Contoh CV dan Lamaran Kerja yang baik dan benar – Surat lamaran pekerjaan dan daftar riwayat hidup adalah tahap awal penentuan diterima atau tidaknya sebuah lamaran pekerjaan. Ya meskipun semuanya atas takdir dan kehendak Tuhan, namun takdir Tuhan selalu mengiringi usaha setiap hambanya.

Oleh sebab itu, jangan pernah meremehkan sesuatu yang menjadi jalan suatu tujuan. Dalam hal ini adalah lamaran kerja dan CV atau daftar riwayat hidup, yang merupakan sesuatu yang menjadi jalan diterimanya pekerjaanmu. Bahkan bisa jadi menjadi jalan yang akan mengantarkan kesuksesanmu.

Sebelum membahas ke pokok inti contoh surat lamaran kerja dan CV. kembali saya ingatkan, “jangan pernah mengabaikan faktor X”, yaitu doa dan ridho orang tua. Berdoalah untuk kesuksesan dan kesejahteraanmu, saya tidak menganjurkan berdoa demi diterimanya kerja. Karena bisa jadi kesuksesan dan kesejahteraanmu datang dari jalan lain.

Orang tua juga harus merestui dan meridhoi di mana kamu bekerja dan apa pekerjaanmu. Karena semakin orang tua merestui dan meridhoi tempatmu bekerja dan jenis pekerjaanmu, maka semakin cepat juga kesuksesan yang akan kamu raih.

Tips membuat CV dan Lamaran Pekerjaan

contoh surat lamaran kerja di pt
Gambar Ilustrasi interview via pixabay.com

Kurikulum vitae atau yang Biasa disingkat dengan CV dan juga lamaran pekerjaan merupakan hal paling dipertimbangkan saat kamu melamar suatu pekerjaan. Oleh sebab itu dalam membuat CV dan juga lamaran pekerjaan kamu harus menonjolkan skill dan juga kemampuan yang kamu miliki.

Di ujung artikel ini akan saya bagikan contoh lamaran kerja secara umum.

Hal ini supaya ya ke mampuan mu bisa langsung dilihat oleh HRD maupun orang-orang yang mewawancarai kamu.
Berikut ini tips yang seharusnya kamu lakukan saat menulis CV dan lamaran pekerjaan.

1. Gunakan bahasa formal yang lugas dan jelas.

Sebenarnya sudah kita ketahui bersama-sama bahwa surat lamaran pekerjaan seperti yang telah kita pelajari di sekolahan merupakan bagian dari surat formal.

Maka dari itu ketika kita akan menulis CV dan lamaran pekerjaan sebaiknya menggunakan bahasa yang formal yang jelas dan lugas.

Mereka yang menginterview kamu akan menilai pendidikan dan juga etitut kamu dilihat dari cara penyampaian lewat tulisan.

2. Sertakan sumber informasi yang kamu dapat.

Contoh lamaran kerja

Sumber informasi yang kamu dapat juga mempengaruhi pertimbangan mereka yang sedang merekrut karyawan maupun staf.

Sebagai contoh ketika kamu memiliki informasi dari Manager maupun petinggi perusahaan tersebut akan mendapat pertimbangan yang lebih daripada mereka yang tidak memiliki link orang dalam.

Karena kata pepatah sukses ada tiga kunci, 1. Ikhtiar, 2. Doa dan 3. Orang dalam 😁.

Baca juga : 20 Website Terbaik Download Buku, Jurnal Dan Artikel Gratis

3. Sampaikan skill dan kemampuan yang kamu anggap lebih.

Contoh lamaran kerja dan cv

HRD yang bertugas merekrut pekerja baik staf maupun karyawan biasa, biasanya tidak melihat secara detail apa apa saja berkas-berkas yang kamu kirimkan. Melainkan yang paling pertama dilihat adalah CV dan juga lamaran pekerjaanmu. Maka dari itu sangat penting menyampaikan skill dan juga kemampuan di halaman CV dan lamaran pekerjaan.

Sebagai contoh ketika kamu melamar sebagai staff ekspor impor. Maka skill yang mendukung pekerjaan tersebut seperti fasih berbahasa Inggris, berpengalaman di pengurusan berkas ekspor impor wajib kamu cantumkan.

Jika perusahaan tersebut mencari karyawan yang bisa mengendarai mobil sudah seharusnya kamu mencantumkan skill kamu. Ditunjukkan dengan Surat Izin Mengemudi yang berlaku.

4. Sertakan informasi-informasi yang berkaitan dengan pekerjaan yang kamu lamar.

Selain itu juga yang tidak kalah penting adalah menyertakan informasi-informasi yang berkaitan dengan pekerjaan yang kamu lamar. Seperti pengalaman kerja yang berkaitan dengan pekerjaan yang kamu lamar.

Semisal kamu sedang melamar pekerjaan sebagai staff pembelian sebaiknya kamu memberikan informasi pekerjaan yang berkaitan dengan administrasi perkantoran. Target yang mampu kamu penuhi.

5. Lengkapi berkas-berkas yang mendukung.

Tidak kalah penting daripada lamaran pekerjaan dan CV kamu harus melengkapi berkas-berkas yang mendukung sehingga apa yang kamu utarakan di lamaran pekerjaan dan CV tidak dianggap bualan belaka.

Jika di halaman CV dalam lamaran pekerjaan menyebutkan skill kamu bisa coding dan yang berkaitan dengan IT. Mencantumkan berkas sertifikat dan juga ijazah yang berkaitan merupakan suatu kewajiban.

6. Pastikan informasi dan berkas yang kamu kirimkan uptodate.

HRD sangat mempertimbangkan Seberapa lama kamu bekerja dan pengalaman dalam pekerjaan mu tersebut.

Maka dari itu berkas dan informasi yang kamu kirimkan hendaknya update sampai pekerjaan terakhir kamu.

Contoh lamaran kerja dan CV

contoh cv kreatif formal

Menulis lamaran pekerjaan dan kurikulum vitae adalah pekerjaan yang gampang-gampang susah. Tidak gampang karena hanya menulis selembar berkas tetapi juga bisa dibilang susah karena dalam selembar kertas tersebut harus bisa mencerminkan kepribadian dan juga skill yang kamu miliki.

Jika kamu ingin membuat CV dan juga lamaran pekerjaan silakan mendownload file yang telah kami sediakan di bawah ini.

Download Contoh CV

Download Contoh surat lamaran kerja

Kamu juga bisa membuat CV dan contoh surat lamaran kerja biar lebih keren dan juga menarik dengan menggunakan beberapa aplikasi berikut ini:

1. canva.com
2. visualcv.com
3. onlinecvgenerator.com
4. easel.ly
5. resumup.com

Itulah beberapa tips dan contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar beserta CV untuk melamar kerja. Anda yang sedang mencari pekerjaan bisa menemukan pekerjaan yang sesuai dengan passion dan juga impian anda. good luck.

Kang Santri Kangsantri.id merupakan bentuk usaha kami dari para santri dan alumni untuk menjaga tradisi keilmuan pesantren yang mengedepankan wasathiyah, salafiyah. 🤲

Masuk Surga Kurang Dari 2 Menit No Hoax

Masuk surga kurang dari 2 menit – banyak orang yang beranggapan bahwa masuk surga merupakan hal yang sangat sulit. Dibutuhkan kriteria yang sedemikian rupa...
Kang Santri
1 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: