Kang Santri Kangsantri.id merupakan bentuk usaha kami dari para santri dan alumni untuk menjaga tradisi keilmuan pesantren yang mengedepankan wasathiyah, salafiyah. 🤲

Ciri-Ciri Rentenir dan Cara Menghindarinya

3 min read

ciri ciri renternir

Terkadang, seseorang memang tidak bisa menghindar dari kebutuhan uang yang mendadak. Misalnya, adanya anggota keluarga yang sakit dan perlu mendapatkan perawatan yang intensif, sementara kondisi keuangan sedang tidak stabil. Atau, adanya biaya perbaikan rumah yang diperlukan secara cepat karena adanya kerusakan rumah yang tiba-tiba terjadi.

Ketika dihadapkan dengan kondisi tersebut, bisa jadi seseorang merasa bingung dan akhirnya memilih rentenir sebagai jalan keluar. Ya, rentenir kerap kali dipilih untuk mendapatkan pinjaman dengan cepat. Selain mudah –bahkan terkadang tidak ada syarat tertentu yang diperlukan, pinjaman yang diajukan bisa langsung cair.

Hanya saja, meminjam uang pada rentenir bisa menjadi awal dari musibah lain yang lebih merepotkan. Kemudahan yang ditawarkan di awal tentu hanya angin semu saja karena setelahnya Anda akan dihadapkan dengan bunga yang tinggi dan ancaman lainnya.

Bagaimana Sebenarnya Rentenir Bekerja?

cara menghindari rentenir
Ilustrasi seorang rentenir

Mungkin beberapa dari Anda termasuk awam dengan praktik kerja rentenir, meskipun sebenarnya praktik kerja mereka sudah berlangsung sangat lama dan hingga saat ini masih berlangsung. Bahkan, rentenir pun menyatu mengikuti perkembangan zaman. Di zaman digital seperti sekarang ini, rentenir berubah menjadi pinjaman online yang jika dilihat memiliki cara kerja yang relatif sama.

Bahkan sekarang ini banyak sekali pinjaman online yang diiklankan secara masih di media sosial. Walaupun kebanyakan orang sudah mengetahui bahwa itu adalah salah satu larangan. Namun dari mereka banyak yang terpedaya.

Secara singkat, rentenir merupakan seseorang atau badan yang memberikan pinjaman uang kepada orang lain yang membutuhkan dan mendapatkan keuntungan dari bunga yang diterapkan dalam pinjaman tersebut. Umumnya, tidak ada syarat yang terlalu banyak dalam pengajuan pinjaman. Oleh karenanya, rentenir seringkali dijadikan jalan pamungkas untuk mendapatkan pinjaman.

Hanya saja, penagihan pinjaman oleh rentenir seringkali dilakukan secara sewenang-wenang, bahkan tidak jarang disertai dengan ancaman, terlebih ketika peminjam telat untuk mengembalikan pinjaman tersebut. Rentenir juga sering melibatkan debt collector untuk membantu memaksa peminjam untuk membayarkan cicilan.

Nah, hal yang sama juga terjadi pada sistem pinjaman online yang banyak muncul saat ini. Pinjaman online adalah rentenir masa kini dengan pola kerja yang sama. Awalnya, mereka memberikan kemudahan dalam melakukan pinjaman dengan tidak memberikan syarat termasuk jaminan serta waktu pencairan yang cepat.

Namun, di balik hal tersebut, ada waktu pembiayaan yang cenderung sangat singkat dengan bunga yang sangat tinggi dan bisa berubah setiap harinya. Hal inilah yang menyebabkan cukup banyak kasus penipuan pinjaman online muncul beberapa waktu terakhir.

Pelajari juga : Larangan Dalam Keuangan Syariah

Ciri Rentenir yang Harus Diketahui

Meskipun dari beberapa ilustrasi di atas ada beberapa ciri dari rentenir yang sudah disebutkan, ada baiknya jika Anda mengetahui lebih lengkap beberapa ciri umum rentenir agar bisa terhindar darinya. Tentu, ciri rentenir ini juga berlaku pada sistem pinjaman online yang sekarang sedang marak di masyarakat.

Adapun beberapa ciri dari rentenir sekaligus pinjaman online yang meresahkan adalah sebagai berikut:

  1. Bunga yang Sangat Tinggi Untuk Setiap Pinjaman

Bisa dikatakan jika bunga menjadi sesuatu yang diterapkan dalam sistem pinjaman konvensional, termasuk pada lembaga pinjaman resmi seperti bank. Hanya saja, terkait bunga pinjaman ini, rentenir memberikan syarat bunga yang terlampau tinggi.

Bunga yang tinggi tersebut tentu akan memberikan keuntungan lebih bagi rentenir dan mengakibatkan kesengsaraan bagi si peminjam. Tidak hanya itu, bunga pinjaman bisa saja berubah sesuai dengan keinginan dari si pemberi pinjaman.

  1. Syarat yang Mudah Serta Waktu Pencairan yang Cepat

Rentenir umumnya memberikan syarat pinjaman yang sangat mudah serta waktu pencairan yang begitu cepat. Hal ini dikarenakan keduanya merupakan cara untuk mendapatkan mangsa yang baru agar keuntungan mereka menjadi berlipat.

Jika bank memberikan syarat berupa agunan atau jaminan lainnya, maka pihak rentenir tidak menjadikannya syarat. Namun, kemudahan tersebut nantinya tidak hanya akan merepotkan, melainkan juga menjadi sebab munculnya beragam masalah yang baru.

  1. Adanya Tawaran Baru Setelah Kredit Macet

Ciri lain dari rentenir termasuk pinjaman online adalah adanya tawaran kredit atau utang yang baru ketika utang sebelumnya belum terbayar. Sekilas, hal tersebut dimaksudkan untuk membantu peminjam menyelesaikan pinjamannya. Namun sebenarnya hal tersebut adalah upaya agar peminjam semakin lama terjerat pada rentenir tersebut.

  1. Tidak Terdaftar di OJK

Indonesia memiliki OJK sebagai lembaga perlindungan dari kasus pinjaman ilegal. Dalam hal ini, rentenir umumnya tidak memiliki badan yang terdaftar di OJK sehingga sebenarnya mereka adalah ilegal.

Nah, beberapa ciri rentenir dan pinjaman online ilegal di atas harus dijadikan bahan pertimbangan. Ada baiknya jika Anda tidak mudah tergiur dengan kemudahan pinjaman yang ditawarkan.

Pelajari juga : Riba, Pengertian Dan Dalil-dalilnya

Cara Untuk Menghindari Rentenir

Lalu, bagaimana cara yang bisa dilakukan agar tidak terjebak dan terjerembab dalam pusaran utang pada rentenir tersebut?

Tentu, sebenarnya ada banyak cara untuk menghindari jeratan rentenir. Salah satu yang harus diupayakan adalah menghindari berhutang. Ada baiknya jika Anda memperbaiki cara mengatur keuangan yang selama ini dijalankan. Dengan pengaturan keuangan yang lebih baik, bisa jadi pos-pos kebutuhan keuangan bisa dipenuhi dengan baik tanpa perlu berhutang.

Selain itu, jika Anda terpaksa harus berutang, maka hindari utang di rentenir atau pinjaman online lainnya. Cobalah bertanya pada kerabat atau saudara yang memiliki kelebihan uang dan sekiranya bisa membantu kebutuhan Anda. Dengan demikian, Anda bisa terhindar dari masalah dengan rentenir tersebut. Hanya saja, Anda juga harus mawas diri untuk mengembalikan pinjaman dengan baik dan tidak semena-mena.

Demikian beberapa hal terkait rentenir dan juga bagaimana cara yang bisa dilakukan untuk menghindarinya. Sekalipun ada cukup banyak lembaga pinjaman yang bisa dijadikan solusi pinjaman, namun hidup akan cenderung lebih tenang jika Anda tidak memiliki utang. Semoga bermanfaat.

Kang Santri Kangsantri.id merupakan bentuk usaha kami dari para santri dan alumni untuk menjaga tradisi keilmuan pesantren yang mengedepankan wasathiyah, salafiyah. 🤲

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: