Kang Santri

Catatan Kang Santri

Bacaan Sholawat Nariyah

Home Panduan Dzikir Panduan Bacaan Sholawat Nariyah
membaca sholawat dalam dua khotbah

Salah satu bentuk kecintaan umat muslim kepada baginda Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam adalah dengan mengucapkan dan berdzikir shalawat kepadanya. Salah satunya dengan membaca bacaan sholawat nariyah.
Selain bentuk kecintaan kepada Rasulullah membaca shalawat nabi hal ini juga merupakan perintah dari Allah dan hadits nabi kepada umat umatnya. Dalam Alquran disebutkan QS. Al-Ahzab 56.

إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ ۚ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا.

Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Imam turmudzi mengatakan bahwa salah satu waktu yang tepat untuk membaca shalawat nabi adalah ketika kita berdoa. Ketika kita berdoa hendaknya diawali dengan membaca shalawat nabi dan ditutup dengan shalawat nabi juga. Hal ini dimaksudkan ketika kita berdoa kepada Allah Supaya apa yang kita minta kepada Allah akan lekas terkabul. Salah satunya dengan membaca sholawat nariyah.
Saking pentingnya sholawat kepada nabi selain juga perintah Allah kepada hambanya, sholawat juga merupakan salah satu rukun yang terpenuhi dalam sholat.

Teks Sholawat Nariyah Arab Dan Latin Beserta Artinya

teks sholawat nariyah
Sumber: nu.or.id

Salawat Nariyah atau yang biasa disebut sholawat tafrijiyyah, taziyah, merupakan shalawat yang tidak asing di telinga orang muslim yang berafiliasi dengan organisasi Nahdlatul Ulama. Biasanya sholawat ini di baca ketika seseorang memiliki hajat. Seperti ketika hendak ujian sekolah ketika hendak masuk pekerjaan ataupun pada momentum momentum tertentu.

Shalawat ini disusun oleh Syaikh Ibrahim bin Muhammad Ali At-Tazi  seorang ahli tasawuf, muhaddits dan faqih yang masyhur. Beliau wafat pada tanggal 9 Sya’ban tahun 866 H.
Berikut ini bacaan sholawat nariyah beserta dengan tulisan latin dan artinya.

اللهم صَلِّ صَلاَةً كَامِلَةً وَسَلِّمْ سَلاَماً تَامًّا عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الذي تَنْحَلُّ بِهِ الْعُقَدُ وَتَنْفَرِجُ بِهِ الْكُرَبُ وَتُقْضَى بِهِ الْحَوَائِجُ وَتُنَالُ بِهِ الرَّغَائِبُ وَحُسْنُ الْخَوَاتِمِ وَيُسْتَسْقَى الْغَمَامُ بِوَجْهِهِ الْكَرِيمِ وَعَلى آلِهِ وَصَحْبِهِ فِي كُلِّ لَمْحَةٍ وَنَفَسٍ بِعَدَدِ كُلِّ مَعْلُومٍ لَكَ.

Allaahumma sholli sholaatan kaamilatan wa sallim salaaman taamman. Alaa sayyidina Muhammadinilladzii tanhallu bihil-‘uqadu. wa tanfariju bihil-kurobu wa tuqdhoo bihil-hawaa’iju wa tunaalu bihir-raghooibu wa khusnul-khawaatimi wa yustasqal-gamaamu, bi wajhihil-kariimi, wa ‘alaa aalihii wa shohbihii fii kulli lamhatin wa nafasin bi ‘adadi kulli ma’luumil lak.

Artinya : Ya Allah, limpahkanlah shalawat yang sempurna dan curahkanlah salam kesejahteraan yang penuh kepada junjungan kami Nabi Muhammad, yang melaluinya semua kesulitan dapat terpecahkan, semua kesusahan dapat dilenyapkan, semua keperluan dapat terpenuhi, dan semua yang didambakan serta khusnul khatimah dapat diraih, dan berkat dirinya yang mulia awan menurunkan hujannya, dan semoga pula terlimpahkan kepada keluarganya serta para sahabatnya, di setiap detik dan hembusan nafas sebanyak bilangan semua yang diketahui oleh Engkau.

Dalil Tentang Khasiat Dan Fadhilah Shalawat Nariyah

dalil keutamaan sholawat nariyah
Sumber: islam.nu.or.id

Seperti yang telah saya singgung dalam tulisan di atas mengenai keutamaan shalawat bagi seorang muslim. Salah satunya adalah ketika seseorang mempunyai hajat kemudian berdoa kepada Allah dengan diawali membaca shalawat dan mengakhiri dengan membaca shalawat juga, maka Allah akan segera mengabulkan doa-doanya tersebut. Hal ini sesuai dengan Hadits diriwayatkan oleh Imam turmudzi.

عَنْ فَضَالَةَ بْنِ عُبَيْدٍ، قَالَ: بَيْنَا رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَاعِدٌ إِذْ دَخَلَ رَجُلٌ فَصَلَّى فَقَالَ: اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي وَارْحَمْنِي، فَقَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: عَجِلْتَ أَيُّهَا الْمُصَلِّي، إِذَا صَلَّيْتَ فَقَعَدْتَ فَاحْمَدِ اللَّهَ بِمَا هُوَ أَهْلُهُ، وَصَلِّ عَلَيَّ ثُمَّ ادْعُهُ. قَالَ: ثُمَّ صَلَّى رَجُلٌ آخَرُ بَعْدَ ذَلِكَ فَحَمِدَ اللَّهَ وَصَلَّى عَلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ لَهُ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: أَيُّهَا الْمُصَلِّي ادْعُ تُجَبْ

Artinya: Dari Fudlalah bin Ubaid ia berkata, ketika Rasulullah sedang duduk tiba-tiba masuk seorang lelaki kemudian melakukan shalat dan berkata, “Ya Allah, ampuni aku dan kasihani aku. Kemudian Rasulullah bersabda, Engkau terburu-buru wahai orang yang melakukan sholat. Bila engkau selesai shalat kemudian duduk maka pujilah Allah sebagaimana mestinya dan bershalawatlah kepadaku kemudian berdoalah kepada Allah. Fudlalah berkata, kemudian seorang laki-laki lain melakukan shalat, lalu memuji kepada Allah dan bershalawat kepada Nabi. Maka Rasulullah bersabda. Wahai orang yang melakukan sholat, berdoalah maka engkau akan diijabahi.

Khasiat Dan Fadhilah Sholawat Nariyah

fadhilah sholawat nariyah
Sumber: tebuireng.online

Setiap sholawat yang dikarang oleh para ulama Salafus Shaleh mempunyai keistimewaan dan fadilah masing-masing. seperti Sholawat Fatih yang mempunyai keistimewaan untuk membuka permasalahan-permasalahan dunia dan akhirat. Sholawat munjiyat untuk mencapai cita-cita, sholawat tibbil qulub untuk penerang hati dan lain sebagainya.

Sama halnya dengan shalawat nariyah juga memiliki keistimewaan dan Fadhilah yang akan didapatkan oleh orang yang senantiasa membaca dan mewiridkan sholawat nariyah.
Berikut ini Fadhilah dan keutamaan sholawat nariyah.

  1. Dihilangkannya kesusahan dan kesulitan hidup
  2. Dimudahkannya segala urusan dan dibaguskan keadaan
  3. Diterangkannya hati
  4. Ditinggikannya derajat
  5. Dilapangkannya rizki
  6. Dibukakannya pintu kebaikan
  7. Diikutinya segala apa yang diperintahkan
  8. Dijaga dari musibah dan bencana
  9. Dicintai orang lain
  10. Permohonannya kepada Allah akan dikabulkan

Keutamaan-keutamaan tersebut akan didapatkan bagi orang-orang yang melanggengkan bacaan sholawat nariyah dengan mewiridkan setiap habis salat dengan bilangan-bilangan tertentu seperti 11, 33, 41 ataupun 4444 kali. Imam As Sanusi mengatakan bahwa orang yang membacanya sebanyak 11 kali setiap hari dengan istiqamah, maka bagaikan dia menurunkan rezeki dari langit dan dan menumbuhkan rezeki tersebut di bumi.

Dalam keterangan lain dalam kitab Khozinatul Asror (hlm. 179) menjelaskan bahwa salah satu shalawat yang mustajabah adalah sholawat tafrijiyah qurthubiyah atau yang sering disebut orang muslim Indonesia dengan Sholawat Nariyah. Penamaan ini dikarenakan fadhilah dari sholawat ini. Salah satu dari yang paling menonjol adalah jika seseorang ataupun sekelompok orang mempunyai cita-cita kemudian berkumpul untukmembaca sholawat tersebut sebanyak 4444 kali, maka hajat tersebut akan segera tercapai dengan kehendak Allah.

Demikian pembahasan pada kesempatan ini tentang sholawat nariyah. Semoga kita selalu dalam rahmat Allah dan syafaat baginda nabi.

«     »

Questions & Feedback

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.