Kamu Pecinta Kopi ? Ini Aneka Macam Rasa Kopi yang Perlu Kamu Coba

Aneka Rasa Kopi – Kopi adalah minuman yang dikenal sebagai penghangat suasana, minuman ini selalu menjadi pilihan untuk meghangatkan suasana baik dalam komunitas maupun untuk pribadi.

Penyebarannya pun telah merata, baik dari golongan menengah keatas ataupun menegah kebawah, mulai dari yang di kafe ataupun di angkringan warung-warung tenda pinggir jalan.

Seiring dengan perkembangan zaman, kini kopi memiliki banyak sekali varian rasa yang tersebar diseluruh dunia. Para Barista pun banyak bermunculan diaman-mana, hal ini menunjukkan betapa populernya minuman ini dikalangan masyarakat dunia.

Berikut adalah aneka macam rasa kopi yang rasanya telah mendunia:

1. Kopi Espresso

Cara membuat kopi espresso tanpa mesin:

  • Siapkan Clasic Drip (Alat penyeduh kopi), bisa anda dapatkan dibeberapa toko kota anda.
  • Masukkan lima sendok makan kopi kedalam clasic drip.
  • Padatkan kopi dalam clasic drip menggunakan alat yang tersedia.
  • Tuangkan air mendidih kedalam clasic drip sampai terisi penuh.
  • Tutup clasic drip dengan rapat dan biarkan 5-10 menit agar proses penyeduhannya maksimal.
  • Jika sari kopi sudah tidak lagi menetes, berarti kopi sudah siap untuk dinikmati.

2. Kopi Espresso Doppio / Double Espresso

aneka rasa kopi via majalah.ottencoffee.co.id

Doppio atau Double espresso adalah kopi yang diekstrak dengan double coffee filter dalam portafilter. Jika ada yang menyebut duo shot espresso maka yang dimaksud adalah doppio. Istilah doppio sendiri berasal dari  bahasa Italia yang berarti double, dan saat ini doppio telah dianggap sebagai shot standar untuk membuat varian rasa kopi dari bahan dasar espresso. Umumnya satu doppio berukuran 60 ml.

3. Kopi Ristretto

kopi ristretto

Kopi Ristretto adalah minuman rasa kopi yang hampir mirip dengan Espresso, hanya saja Ristretto menggunakan air yang lebih sedikit. Ristretto adalah bahasa Italia yang berarti terbatas atau terlarang, dinamakan demikian karena saat pembuatan menggunakan volume air yang dibatasi dari mesin penggiling tapi waktu yang dibutuhkan sama dengan pembuatan Espresso.

Dengan demikian, kopi Ristretto menjadi lebih kental dibanding dengan Espresso. Dalam pembuatan kopi Ristretto volume kopi yang dihasilkan antara 0,5 sampai 0,75 ons per 25 detik. Meskipun waktu yang dibutuhkan sama dengan pembuatan Espresso, tapi kopi yang dihasilkan untuk Ristretto hanya setengah saja.

4. Kopi Americano

aneka rasa kopi via pixabay.com

Kopi Americano adalah minuman kopi espresso yang dicampur/tambah dengan air panas, kopi Americano bisa juga disebut sebagai espresso encer. Nama dari kopi ini sendiri pada awalnya sebuah ejekan untuk orang-orang Amerika yang menginginkan espressonya dibuat lebih encer.

Cara untuk membuat kopi Americano ini sama dengan cara membuat espresso diatas, tinggal ditambahkan air panas saja setelahnya.

5. Kopi Long Black

forum.bodybuilding.com

Long black adalah minuman kopi yang terbuat dari espresso. Cara pembuatan kopi ini dengan menuangkan double shot espresso  keatas air panas. Kopi long black pembuatannya agak mirip dengan Americano, bedanya pada long black tetap mempertahankan crema-nya dan volume kopinya lebih banyak. Kopi long black ini banyak digemari di Australia, New Zealand, Brazil, dan London.

6. Kopi Macchiato

aneka rasa kopi via nibble.id

Caffe Macchiato adalah minuman kopi yang bahan dasar pembuatannya adalah espresso dan susu. Caffe Macchiato memiliki dua jenis yang biasa disajikan, yaitu espresso macchiato dan latte macchiato.

Espresso macchiato dibuat dengan cara menambahkan sedikit susu kedalam gelas espresso. Sedangkan latte macchiato adalah kebalikannya, yaitu espressonya yang ditambahkan kedalam gelas susu.

Macchiato sendiri adalah bahasa Italia yang memiliki arti “ditandai dengan bercak”, dan dinamakan demikian karena ada busa yang memberikan bercak pada espresso yang berasal dari susu diatasnya.

Sedangkan latte macchiato adalah menuangkan espresso di tengah-tengah gelas sehingga susunya terlihat memisah menjadi dua bagian. Perbandingan antara susu dan kopi pada espresso macchiato yaitu 1:4.

Espresso macchiato biasanya disajikan dalam cangkir kecil berukuran 60-90 ml. Umumnya orang Italia akan menambahkan gula lagi pada minuman ini. Sedangkan latte macchiato biasanya disajikan dalam sebuah gelas yang berukuran lebih tinggi dan besar.

7. Kopi Cappuccino

aneka rasa kopi via http://resephariini.com

Cappucino adalah minuman kopi khas Italia, bahan dasar pembuatan kopi ini adalah espresso dan susu. Perbandingan komposisinya biasanya 1/3 espresso, 1/3 susu panas, dan 1/3 susu yang dikocok sampai berbusa, ada juga versi lain yang menyebutkan 1/3 espresso dan 2/3 mikrofoam. Dan cappucino ini tidak sama dengan latte macchiato, latte macchiato biasanya banyak mengandung susu dan sedikit busa.

8. Kopi Flat White

aneka rasa kopi via http://dining.grivy.com

Flat White adalah minuman kopi yang cenderung bersifat subjektif karena variates rasanya tergantung pada setiap negara atau cafe yang menyediakannya. Secara umum, Flat White terbuat dari texture milk dan espresso. Banyak Barista dalam pembuatannya menggunakan susu yang lebih sedikit dibanding latte.

Biasanya flat white disajikan dengan dua versi:

  • Tanpa foam, variasi ini yang paling umum digunakan pada banyak cafe, yaitu kombinasi espresso dengan susu yang di steam.
  • Menggunakan foam, sedangkan variasi jenis ini adalah variasi yang umum disajikan oleh para spesialist coffe shop. Metode ini hanya bisa dilakukan oleh seorang Barista profesional karena untuk membuat textured milk nya seorang Barista harus bisa membuat micro foam yang benar-bnar halus namun tetap terasa.

9. Kopi Latte

Kopi Latte

basilicha.com

Latte adalah bahasa Italy yang artinya kopi susu, latte adalah kopi susu yang terbuat dari espresso atau kopi hitam yang dicampur dengan susu yang diatasnya memiliki lapisan busa tipis. Perbandingan susu dan kopinya adalah 2:1. Sedangkan di Amerika kombinasi latte terdiri atas 1/3 espresso, dan 2/3 susu panas, sehingga susunya akan lebih terasa jika dibanding dengan cappucino.

Latte pertama kali ditemukan oleh seseorang yang bernama Lino Meiorin di Italia pada tahun 1950 M. Lino Meiorin adalah pemilik sebuah cafe dan seorang barista pertama kali di Italia. Pada saat itu pengunjung cafenya belum terbiasa dengan rasa cappucino tradisional yang terlalu tajam, sehingga mereka meminta susu/latte yang dicampurkan ke kopinya lebih banyak.

Setelah beberapa lama, Lino Meiorin akhirnya menjual espressonya dengan susu yang lebih banyak dan menyebutnya sebagai caffe latte. Saat itu cara penyajian caffe latte menggunakan mangkuk, kemudian dalam perkembangannya mengguanakan gelas bir, dan kini caffe latte disajikan dengan cangkir.

Gambar Aneka Macam Rasa Kopi yang Terbuat dari Espresso

perbandingan kopi espresso

Gambar diatas adalah sebuah gambaran untuk takaran campuran dalam pembuatan kopi yang berasal dari espresso.

11. Kopi Mocca

Kopi Mocca

sembilanbersamamedia.wordpress.com

Kopi moka yaitu minuman kopi yang bahan dasar pembuatannya adalah kombinasi dari espresso, coklat, dan susu. Sekarang Mocca-Java  biasa dikombinasikan dengan varian rasa lainnya untuk menciptakan rasa baru yang unik. Banyak diantara perusahaan kopi yang mempunyai campurannya sendiri.

Komposisi campuran tersebut diracik dari cokelat bubuk, kopi vienna, susu panas, dan busa. Di negara Eropa kopi moka dikenal dengan sebuta moccacino. Dari asal-usulnya, moka sendiri adalah sebuah nama varietas kopi di daerah Moka, Yaman.

12. Kopi Frappe

Kopi Frappe

aneka rasa kopi via http://masirul.com

Frappe adalah minuman es kopi berlapis busa yang berasal dari negara Yunani, frappe dibuat dari kombinasi antara kopi, gula, air, dan es. Pertama kali frappe diciptakan pada bulan September tahun 1957 M. Kopi ini dibuat pertama kali oleh Dimitrios Vakondios tanpa disengaja.

Pada saat itu Dimitrios adalah salah seorang penjual dari produk Nestle, suatu saat ketika ada sebuah pameran Internasional Thessaloniki, air panas yang dibutuhkan Dimitrios untuk membuat kopi tidak ada, akhirnya Dimitrios memutuskan membuat kopi dingin dengan mengocok campuran kombinasi kopi Nescafe instan, minuman coklat Nestle, dan air dingin sedikit.

Setelah kejadian itu, minuman yang dibuat Dimitrios tanpa sengaja itu menarik perhatian masyarakat dan akhirnya dipromosikan di sebuah pameran di Athena oleh Nestle.

13. Kopi Piccolo Latte

Kopi Piccolo Latte

aneka rasa kopi via gordi.id

Piccolo latte adalah kopi yang pembuatannya menggunakan bahan dasar espresso. Pada dasarnya piccolo latte adalah Ristretto shot dari ekstrak Espresso yang menghasilkan cairan kopi antara 15-20 ml, yang mana Ristretto adalah proses ekstraksi terbaik dari Espresso karena teksturnya yang lembut dan kadar asamnya sedikit.

Jadi, untuk membuat secangkir Piccolo Latte dibutuhkan single Ristretto shot kira-kira 100 ml steamed milk. Teksturnya yang creamy dan milky namun dengan volume yang tidak terlalu kuat menjadikan rasa kopinya lebih terasa dan intense. Kopi ini biasanya disajikan dalam gelas berukuran antara 90-120 ml.

14. Kopi Frappuccino

Kopi rasa Frappuccino

aneka rasa kopi via journal.sociolla.com

Frappuccino adalah salah satu kopi yang bermerk dagang starbucks. Bahan dasar pembuatannya adalah kopi blender, es, dan bahan-bahan tambahan lainnya, biasanya tambahan yang paling umum digunakan adalah krim kocok. Frappuccino juga banyak dijual di toko-toko dalam bentuk botol atau dengan mesin penjaja kopi.

Nama Frappuccino adalah gabungan dari frappe dan cappuccino, dan espresso dengan susu berbusa. Frappuccino asli diberi nama dan merk dagang, dikembangkan, dan dijual oleh jaringan kedai kopi di Massachusetts Timur milik George Howell, The Coffee Connection.

Pada tahun 1994 Starbucks membeli The Coffee Connection yang berarti juga mendapatkan hak memakai, membuat, memasarkan dan menjual minuman Frappuccino. Akhirnya Starbucks segera mnyebar dan menjual frappuccino disemua kedainya.

Kesuksesan yang diraih frappuccino membuat sejumlah pesaingnya ikut mengembangkan jenis minuman yang serupa dan nama yang hampir mirip, tapi yang boleh menggunakan nama frappuccino secara sah hanya Starbucks.

Sebenarnya minuman kopi jenis ini sudah dijual sejak 1988 oleh jaringan Cinnabon dari Seatle dengan nama Mochalatta dan Caramelatta. Selain Cinnabon juga ada Coffee Break yang menawarkan kopi sejenis dan Gloria Jeans yang menjual kopi serupa dengan nama Chillers.

15. Kopi Cortado

Cortado

aneka rasa kopi via foodrepublic.com

Cortado adalah susu disteam namun tidak memiliki banyak busa, tapi banyak para Barista yang membuat busa mikro untuk membuat latte art. Cortado populer di Spanyol, Portugal, dan seluruh Amerika Latin. Sedangkan di Kuba minuman ini dikenal dengan sebutan Cortadito.

Biasanya Cortado disajikan dalam gelas khusus yang berbasis cincin logam dan pegangan dari kawat logam. Minuman ini ada beberapa jenis variasi, yaitu cortado condensada, cafe con leche condensada atau bombon yaitu espresso dengan susu kental, dan yang terakhir leche lechey yaitu susu kental dengan krim diatasnya.

16. Kopi Yuanyang

Kopi Yuanyang

aneka rasa kopi via yelp.com

Yuanyang adalah minuman Rasa Kopi Teh yang terbuat dari kombinasi antara kopi hitam, teh hitam, dan susu kental manis. Takaran kombinasi kopi dan teh sama banyaknya, dan ada sebagian orang yang suka dengan rasa manis gemar menambahkan gula pada yuanyangnya.

Yuanyang dalam bahasa Mandarin memiliki arti “Bebek Mandarin” yang dalam budaya Tiongkok merupakan simbol kesempurnaan cinta karena bebek mandarin biasanya selalu muncul dengan pasangannya.

Yuanyang merupakan perpaduan dua unsur berupa kopi dan teh yang saling melengkapi seperti halnya laki-laki dan perempuan yang saling menyempurnakan.

Yuanyang banyak ditemukan di Hongkong dan China. Sebenarnya Kopi Teh ini sudah banyak tersebar di negara-negara lain seperti di Malaysia dengan nama Kopi Cham, Ethiopia dengan nama Spreeze, dan di eropa dengan sebutan coftea yang merupakan singkatan dari coffee dan tea.

17. Kopi Salted Caramel Mocca Latte

Kopi Salted Caramel Mocca Latte

aneka rasa kopi via starbucks.com

Minuman ini terbuat dari kopi, sirup coklat, susu tinggi lemak, krim untuk topping, garam laut, tubinado sugar (bisa diganti dengan gula merah), semua bahan-bahan ini dicampur menjadi satu seperti halnya menyeduh kopi biasa. Minuman ini sangat pas untuk dinikmati pada musim dingin/hujan.

18. Kopi Honey Bee Latte

Kopi Honey Bee Latte

Minuman kopi ini juga sangat cocok untuk dinikmati pada musim dingin/hujan. Jika biasanya madu digunakan sebagai campuran dalam minuman/jamu berkhasiat, maka pada kali ini madu digunakan sebagai campuran utama dalam pembuatan kopi.

Honey bee latte terbuat dari kopi/espresso, madu murni, steam milk, foam milk, kacang almond, dan kayu manis bubuk. Cara pembuatannya pun tidak terlalu ribet, cukup masukkan madu ke cangkir lebih dulu, kemudian tuangkan double shot espresso dan steam milk, dan terakhir lengkapi dengan potongan almond dan kayu manis bubuk.

Honey bee latte siap disajikan.

19. Kopi Dirty Chai Latte

Kopi Dirty Chai Latte

Minuman ini telah diadaptasikan dari khas Asia Selatan yaitu India, Pakistan dan sekitarnya. Kopi ini juga minuman yang pas untuk dikonsumsi pada musim dingin/hujan, karena bahan-bahan pembuatannya banyak menggunakan rempah-rempah pilihan.

Bahan dasar pembuatan Dirty Chai Latte adalah kopi/double shot espresso, susu cair, teh, jahe, kayu manis, dan madu. Cara untuk membuat minuman ini cukup simpel, yaitu memarkanlah jahe dan rebus dengan susu sampai mendidih, kemudian masukkan black tea, madu, dan espresso double shot. Aduk rata dengan batang kayu manis.

Setelah cukup angkat dan sajikan dalam cangkir. Dirty Chai Latte siap disajikan.

Add Comment