Membuat daftar isi otomatis dengan microsoft word

Membuat daftar isi otomatis – pada microsoft word merupakan hal yang sepele namun bisa membuat kesulitan bagi yang belum terbiasa menulis. Hal ini dikarenakan menulis daftar isi secara otomatis dilakukan dengan beberapa tahapan yang tidak biasa.

Maka dari itu saya mencoba untuk memberikan tips dan tutorial kepada teman-teman mengenai pembuatan daftar isi secara otomatis dan simpel, harap disimak step by stepnya biar bisa langsung segera dipraktekkan. Berikut langkah-langkahnya semoga dapat mudah dipahami. cara pembuatan daftar isi otomatis ini bisa kamu terapkan di beberapa versi microsft word, mulai microsoft 2003 sampai dengan microsoft word 2016 kamu bisa pakai cara ini.

Cara membuat daftar isi otomatis Pertama

Membuka dokumen. Sebelum kamu membuat daftar isi pastinya harus membuka dokumen yang kamu pengen buat daftar isi. Perlu kamu ketahui, supaya kamu mudah membuat daftar isi otomatis ini daokumen kamu harus dalam satu file supaya tidak ada istilah edit mengedit lagi. Saya contohkan di sini saya buka makalah metodologi penelitian muamalat. Setelah itu lanjut ke langkah dua.

 

Cara membuat daftar isi otomatis Kedua,

Mengetahui heading. Sebelum melanjutkan ke daftar isi, langkah selanjutnya menandai setiap BAB, Sub BAB, ataupun Sub Sub BAB pada setiap halaman. Heading ini berfungsi untuk memberi tanda pada microsoft supaya bisa dijadikan otomatis pada daftar isi, biasanya ditandai dengan h1, h2 dan h3.

Heading adalah istilah ataupun tool untuk membedakan mana yang merupakan isi sebuah tulisan dan sebuah judul atau sub judul, sehingga ketika kamu memberikan status heading 1 atau heading 2 nampak perbedaan antara isi dan judul tulisan jika isi tulisan mempunyai ukuran font 12 maka jika pada judul ukuran font menjadi 14 atau lebih besar. Untuk mengetahui posisi heading pada tool bar silahkan lihat pada gambar berikut :

heading

Cara membuat daftar isi otomatis Ketiga,

Menentukan BAB atau Sub BAB untuk diberi status heading. Setelah kamu sudah mengetahui posisi dari heading selanjutnya kita aplikasikan kedalam tulisan sesuai dengan urutannya, heading 1 untuk bab, heading 2 untuk sub bab, dan heading 3 untuk sub sub bab. Untuk lebih jelasnya kita lihat seperti dalam gammbar berikut:

Heading

Keterangan:

  1. Klik kursor pada BAB (dalam gambar A. Pendahuluan)
  2. Setelah pada posisi 1 kemudia klik heading 1

Cara membuat daftar isi otomatis Keempat

Melanjutkan langkah ketiga. Setelah kamu sudah berhasil melakukan langkah ketiga, selanjutnya kamu tinggal melanjutkan untuk sub BAB dan sub sub BAB, hal ini dilakukan untuk meneruskan supaya dalam pembuatan daftar isi bisa saling bersambung dan memberikan informasi yang jelas kepada para calon pembaca kamu, silahkan lihat contoh seperti gambar berikut ini:

Cara pembuatan heading

Keterangan:

Sama seperti pada gambar 2, pertama letakkan kursos pada bagian sub BAB kemudian klik pada heading 2.

Cara membuat daftar isi otomatis Kelima

Ulangi langkah ketiga dan keempat. Lakukan dua langkah diatas, sesuaikan pada BAB,  sub BAB sampai pada turunan BAB hingga pembahasan terakhir bagian penutup.

Jika ada turunan dari sub BAB (sub sub BAB), maka kamu harus buat heading sesuai dengan posisinya jika dibagian BAB maka dengan heading 1, jika dibagian Sub BAB maka menggunakan heading 2, jika dibagian Sub Sub BAB maka menggunakan heading 3.

Cara membuat daftar isi otomatis Keenam

Arahakan kursor pada halaman untuk pembuatan daftar isi otomatis. Sebagai contoh kamu ingin membuat daftar isi di halaman 3 setelah cover dan pendahuluan. maka arahkan kursor di halaman 3 tersebut.

Cara membuat daftar isi otomatis Ketujuh

Mencari bilah referensi. Setelah semua step sudah dilaksanakan, kemudian kita pergi ke referensi yang posisinya ada dibagian tool bar sederet dengan menu, setelah diklik maka akan muncul table of contens, pada pilihan tersebut kamu bisa pilih dan menentukan mana yang akan kamu pakai bisa menggunakan yang model 1 atau yang lainnya, silahkan lihat gambar.

Tombol referensi untuk membuat daftar isi otomatis

Cara membuat daftar isi otomatis Kedelapan

Ini adalah tahapan terahir, jika sudah sampai pada tahap ketujuh tadi kita sudah bisa melihat daftar isi yang otomatis dengan judul conten yang nantinya akan menjadi tulisan daftar isi. kamu tinggal klik dan ganti judul sesuai dengan selera kamu yaitu bertuliskan DAFTAR ISI. Untuk hasilnya seperti dalam gambar berikut:

Hasil dari membuat daftar isi otomatis

Semoga bisa membantu teman-teman yang sedang mencari solusi membuat daftar isi otomatis.

Tinggalkan komentar