6 Jenis Kopi Indonesia Terbaik yang Diakui Dunia Internasional

Jenis kopi di Indonesia begitu banyak dan beraneka macam. Indonesia yang sangat kaya dengan alamnya adalah salah satu negara penghasil kopi terbesar di dunia. Bukan hanya dari segi kuantitas, dari segi kualitas pun kopi Indonesia sudah di akui oleh dunia Internasional.

Oleh sebab itulah mudah sekali kopi Indonesia untuk menembus pasar asing. Indonesia juga tercatat sebagai salah satu peng-ekspor kopi terbesar di dunia. Dari Sabang sampai Merauke, terbentang beberapa tanah Indonesia yang sangat subur dengan tanaman kopinya yang begitu melegenda.

Green bean / biji kopi terbaik Indonesia itu di antaranya adalah Kopi Gayo dari Aceh, Kopi Bali Kintamani, Kopi Toraja Sapan, Kopi Mandailing dari Sumatera Utara, Kopi Flores, Kopi Wamena dsb. Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah jenis-jenis kopi Indonesia terbaik.

Kopi Java Robusta

Kopi Indonesia java robusta

bukalapak.com

Kopi Java atau Jawa ini memiliki keunikan cita rasa yang berbeda dengan kopi lainnya. Kopi Java memiliki aroma rempah yang alami sehingga menjadikan kopi Java begitu dinikmati karena karakteristik rasanya yang berbeda.

Kopi Jawa cita rasa dan aromanya tidak sekuat kopi Sulawesi dan Sumatera, namun kopi Jawa tetap memiliki penggemar tersendiri karena aroma rempah tipisnya yang dihasikan. Hal ini menjadikan pengalaman minum kopi terasa beda dan unik.

Sebagian besar kopi Jawa prosesnya dengan giling basah. Hal ini juga yang membuat cita rasa kopi Jawa tidak terlalu kuat. Meskipun begitu, kopi Jawa tetap banyak diminati, karena menurut para ahli tidak semua kopi nusantara bisa menghasikan kopi yang beraroma rempah.

Kopi Toraja

jenis kopi Indonesia

Kopi Toraja adalah kopi yang tumbuh subur dengan kualitas kopi yang tak kalah dengan kopi lainnya. Kopi Toraja memiliki cita rasa yang kuat serta kadar keasaman yang tinggi. Hal ini membuat kopi Toraja begitu diminati oleh para penggemar kopi dengan tingkat keasaman yang tinggi.

Meskipun disebut-sebut cita rasanya mirip dengan kopi Sumatera, kopi Toraja memiliki ciri khas tersendiri yang unik. Kopi Toraja ini memiliki bentuk biji lebih kecil dan lebih mengkilap dibanding kulit bijinya.

Meskipun memiliki cita rasa yang asam, kopi Toraja mempunyai aroma earthy yang unik dan khas. Menurut para ahli kopi, aroma inilah yang menyebabkan kopi Toraja memiliki karakteristik yang unik.

Kopi Flores

kopi flores bajawa

Kopi Flores Bajawa berasal dari Kabupaten Ngada. Kopi ini tumbuh di tanah yang memiliki kandunagn andosols yang subur dari abu gunung berapi. Keadaan tanah yang seperti ini sangat baik untuk menanam kopi.

Kopi Flores Bajawa umumnya menggunakan proses giling basah. Kopi ini mempunyai karakteristik cita rasa dan aroma yang sedikit fruity serta sedikit bau tembakau pada after taste nya. Merupakan keunikan tersendiri yang tidak terdapat pada kopi yang lain.

Kopi Bali Kintamani

jenis kopi Indonesia bali kintamani

majalah.ottencoffee.co.id

Kopi Bali Kintamani ini memiliki cita rasa buah yang asam dan segar. Hal ini terjadi karena kopi Bali Kintamani ditanam bersamaan dengan sayur-sayuran serta buah jeruk.

Kopi ini penanamannya menggunakan sistem tumpang sari bersama dengan tanaman lain. Hal inilah yang menyebabkan biji kopinya meresap rasa buah seperti jeruk.

Selain memiliki aroma dan cita rasa buah, kopi Bali Kintamani juga memiliki rasa yang lembut. Keunikan ini di dapat karena letak geografisnya yang juga unik.

Kopi Mandailing

jenis kopi Indonesia mandailling

http://startfmmadina.com

Kopi Sumatera merupakan salah satu kopi terkemuka di dunia. Yang paling terkenal adalah kopi yang berasal dari Sumatera Utara, yaitu kopi Sidikalang, Mandailing dan Lintong.

Kopi Sumatera ini memiliki aroma dan cita rasa yang berat. Bahkan bisa dikatakan adalah yang paling berat dan kompleks dibanding jenis kopi lain di dunia.

Para ahli kopi mengatakan bahwa kopi Sumatera ini memiliki cita rasa yang unik karena dengan karakteristik dan aroma rempahnya dan juga earthy.

Kopi Sumatera ini memiliki tekstur yang halus dan bau yang tajam. Hal Inilah yang menjadikan kopi Sumatera begitu laris di pasaran. Kopi Suamtera diproses dengan dua cara, yaitu proses semi-washed & dry-processed.

Kopi Gayo Aceh

kopi gayo aceh

blogspot.com

Kopi dari Tanah Gayo Aceh Tengah ini adalah kopi yang paling umum dan banyak dikonsumsi oleh masyarakat maupun diekspor keluar negeri.

Kopi Gayo memiliki ciri khas unik dengan aromanya yang berbeda dengan kopi lain di Indonesia. Kopi Gayo merupakan kopi yang menghasilkan sebagian besar kopi Arabika terbaik.

Kopi Gayo memiliki cita rasa lebih pahit dibanding yang lain dengan tingkat keasaman yang rendah. Aroma kopi Gayo ini sangat tajam. Tak heran jika kopi ini menjadi hasil kopi terbesar di Asia.

Itulah beberapa jenis kopi Indonesia terbaik yang sudah diakui oleh dunia Internasional.

Add Comment