Contoh Susunan Acara Keagamaan dan Acara Seminar yang Baik

Contoh susunan acara – Pada dasarnya dalam sebuah acara apapun itu memiliki susunan acara yang sama, yaitu pembukaan, sambutan, inti dan penutup.

Namun susunan acara itu disesuiakan dengan jenis acara yang diadakan dengan menambahkan susunan acara yang dirasa perlu. Misalnya dalam acara keagamaan ada tambahan bacaan Tahlil dan tilawah, dalam seminar ada tambahan sesi tanya jawab dll.

Susunan acara tersebut ada yang bersifat keagamaan dan ada yang bersifat umum atau formal. Contoh susunan acara yang bersifat keagamaan misalnya susunan acara untuk Maulid Nabi, Khataman pengajian madrasah atau pondok pesantren dll. Sedangkan susunan acara yang bersifat umum atau formal misalnya acara seminar, peresmian, dll.

Baca Juga: Contoh Susunan Acara Pernikahan

Contoh Susunan Acara Agama Islam

contoh susunan acara

tongkronganislami.net

Dalam contoh ini kita mengambil acara Maulid Nabi sebagai contoh susunan acara yang mewakili keagamaan. Yang mana isi dari susunan acara keagamaan ini pada dasarnya semuanya sama.

Dalam susunan ini acaranya adalah sebagai berikut: 1) Pembukaan 2) Bacaan ayat-ayat suci Al qur’an & Shalawat Nabi 3) Tahlil (Opsional) 4) Sambutan-sambutan 5) Inti/ Mau’idzoh Hasanah 6) Doa/penutup.

Contoh MC Maulid Nabi

ألسلام عليكم ورحمة الله وبركاته

ألحمد لله رب العالمين وبه نستعين على أمور الدنيا والدين والصلاة والسلام على أشرف الآنبياء والمرسلين سيدنا ومولنا محمد وعلى أله وصحبه أجمعين. أمابعد

Assalaamu’alaikum wr. wb

Alhamdulillaahi robbil ‘aalamiin, wabihii nasta’iinu ‘alaa umuurid dun yaa waddiin, washolaatu wassalaamu ‘alaa asyrofil anbiyaa i wal mursaliin, sayyidinaa wamaulaanaa Muhammadin, wa’alaa aalihi wasohbihi ajma’iin. Ammaba’du

1. Penghormatan
  • Yang saya hormati, KH. . . . . (Ulama’/Kyai yang akan memberi Mau’idzoh disebutkan pertama kali)
  • Yang saya hormati, KH. . . . . (Ulama’/Kyai Undangan/ Sesepuh daerah/ kyai-kyai yang lain)
  • Yang saya hormati, Bp kepala desa . . .
  • Yang saya hormati, Bp/Ibu segenap tamu undangan yang telah hadir dalam acara memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW. Semoga kita semua senantiasa selalu berada dalam lindungan Allah dan mendapat limpahan rahmatnya. Amin
2. Pujian Kepada Allah dan Rasulullah
  • Pertama-tama, marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kita ke hadirat Allah SWT yang telah melimpahkan anugerah dan ni’matnya kepada kita, terutama adalah ni’mat yang berupa Iman dan Islam.
  • Yang kedua, sholawat serta salam kita haturkan kepada junjungan kita baginda Nabi agung Muhammad SAW. Semoga kelak di hari kiamat kita semua diakui sebagai umatnya dan mendapat syafaatnya. Amin
3. Uraian susunan acara

Bapak dan Ibu yang saya hormati, perkenankanlah saya sebagai MC membacakan susunan acara yang akan berlangsung pada malam hari ini. Adapun susunan yang akan berlangsung pada malam hari ini adalah sebagai berikut:

  1. Pembukaan
  2. Pembacaan ayat-ayat suci Al qur’an dan sholawat Nabi
  3. Sambutan-sambutan
  4. Inti/Mau’idzoh Hasanah dan Doa
  5. penutup

Itulah susunan acara yang akan berlangsung pada malam hari ini. Semoga acara dapat berlangsung aman, nyaman dan tertib sampai berakhirnya acara.

Bapak dan Ibu yang saya hormati, menginjak acara yang pertama adalah pembukaan. Marilah kita buka acara pada malam hari ini dengan bacaan ummul kitab, ‘alaa hadzihin niyyah assholihah Al faatihah. . .

Acara yang kedua adalah bacaan ayat-ayat suci Al qur’an dan sholawat Nabi, yang dalam hal ini akan dibacakan oleh Al Ustadz. . . .dari. . . . Kepadanya waktu dan tempat dipersilahkan.

Demikianlah lantunan ayat-ayat suci Al qur’an yang dibacakan oleh Ustadz. . . kepadanya kami haturkan terimakasih.

Acara selanjutnya adalah sambutan-sambutan.

  1. Adapun sambutan yang pertama adalah sambutan dari panitia penyelenggara, yang dalam hal ini akan disampaikan oleh Bp. . . .kepadanya dipersilahkan.
  2. Sambutan yang kedua adalah sambutan dari Bapak kepala desa Sumbersari, kepada Bapak. . . dipersilahkan.

Hadirin hadirat yang dirahmati Allah, kini tibalah saatnya pada acara inti atau Mau’idzotul Hasanah beserta doa penutup, yang dalam hal ini akan disampaikan oleh Al Mukarrom Romo KH . . . . dari . . . . kepada beliau dihaturkan. Namun sebelumnya, saya sebagai MC atau pembawa acara, apabila dari awal hingga akhir banyak kekurangan dan kekhilafan, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Akhirul kalam, wassalaamu ‘alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.

Contoh Susunan Acara Seminar

contoh susunan acara seminar

ummi-online.com

Dalam contoh ini kita akan mengambil acara seminar sebagai contoh susunan acaranya. Dalam susunan acara seminar ini berbeda dengan susunan acara keagamaan diatas, karena dalam acara seminar biasanya membutuhkan beberapa sesi, sehingga diperlukan adanya pengaturan waktu untuk membagi setiap sesinya.

No. Waktu Acara Pelaksana Keterangan
1 07.45-08.00 Pembukaan Siti Arofah MC
2 08.00-08.10 Sambutan Ketua  Panitia Choirun Nisa’
3 08.10-09.30 Sambutan Ketua Yayasan Setia Budi Prof. Dr. Fata An Najmi
4 08.30-09.35 Pembacaan Doa Muhammad Tohir
5 08.35-10.15 Seminar Sesi I Kebijakan Penjaminan Mutu Pendidikan Pesantren a. Nur S. Islam

b. Sofyan A. (Moderator)

c. Adi H. (Penulis)

6 10.15-10.30 Coffe Break
7 10.30-11.30 Seminar Sesi II Penjaminan Mutu pada Pendidikan Pesantren a. Dr. Handoyo

b. Sofyan A. (Moderator)

c. Adi H. (Penulis)

8 11.30-11.50 Pertunjukan Seni Hadhroh oleh Santri Unit Kegiatan Pondok Pesantren
9 11.50-13.00 ISOMA
10 13.00-13.50 Seminar Sesi III Perancangan Data untuk Menjamin Mutu Pendidikan Pesantren a.    Drs. Denny D.

b.    Selfiyani P. (Moderator)

c.    Citra H. (Penulis)

11 13.50-14.45 Seminar Sesi IV Pembangunan Sistem Informasi untuk Menunjang Penjaminan Mutu a. Drs. H. Abu N

b. Sofyan A. (Moderator)

c. Adi H. (Penulis)

12 14.45-15.05 Pembacaan Kesimpulan:

v Seminar I

v Seminar II

v Seminar III

v Seminar IV

Eunike P. P.
13 15.05-15.15 Penutupan MC (Siti Arofah); Ketua Panitia (Choirun Nisa’)

Itulah diantara contoh susunan acara yang dapat saya sampaikan. Semoga bermanfaat.

Add Comment