Contoh Hewan Omnivora Beserta Penjelasan dan Klasifikasinya

Contoh Hewan Omnivora – Omnivora atau sarwaboga adalah spesies yang makanannya bersumber dari tumbuhan dan hewan. Contoh omnivora yang banyak dikenal adalah babi dan raven.

Manusia juga tergolong dalam makhluk omnivora, karena sumber makanan utama manusia berasal dari hewan dan tumbuhan.

Omnivora merupakan kombinasi dari dua golongan hewan antara herbivora dan karnivora. Hewan ini berasal dari hewan darat maupun hewan air. Hewan omnivora memakan tanaman tapi juga makan daging.

Hewan omnivora tidak memiliki ciri khusus. Namun hewan omnivora tidak liar seperti karnivora. Contoh hewan omnivora yang ada di sekitar kita adalah ayam yang memakan biji-bijian tapi juga memakan cacing, dan ikan yang memakan cacing tapi juga memakan tanaman air.

Pengertian Hewan Omnivora

Hewan Omnivora atau disebut juga sarwaboga adalah spesies yang makanannya bersumber dari tumbuh-tumbuhan dan hewan. Contoh hewan omnivora yang banyak dikenal secara luas adalah babi dan raven.

Manusia sebenarnya juga tergolong dalam makhluk omnivora, karena sumber makanannya adalah berasal dari hewan dan tumbuhan.

Omnivora merupakan kombinasi dari 2 golongan hewan yaitu antara hewan herbivora dan hewan karnivora. Hewan ini berasal dari hewan darat, udara maupun hewan air. Hewan omnivora ini memakan tanaman tapi juga memakan daging.

Hewan omnivora tidak memiliki ciri2 khusus. Namun hewan omnivora tidak liar seperti halnya hewan karnivora. Contoh hewan omnivora yang ada di sekitar kita adalah ayam yang memakan biji-bijian tapi juga memakan cacing, dan ikan yang memakan cacing tapi juga memakan tanaman air.

Contoh Hewan Omnivora Jenis Primata

Hewan Primata adalah jenis mamalia yang menjadi anggota dari ordo biologi Primates. Kata ini berasal dari bahasa Latin primates yang memiliki arti “yang pertama / yang terbaik / yang mulia”. Colin Groves mencatat ada sekitar 350 spesies primata dalam Primate Taxonomy yaitu Ilmu yang mempelajari tentang primata dan dinamakan sebagai primatologi.

Berikut ini adalah contoh hewan omnivora dari jenis Primata:

1. Hewan Omnivora Gorilla

contoh hewan omnivora gorilla

Gorila merupakan jenis primata terbesar yang ada di dunia. Makanan gorila bersumber dari sayur-sayuran, meskipun kadang juga memakan serangga. Sebab itulah gorila dapat digolongkan sebagai hewan omnivora. Gorila sendiri berasal dari hutan tropis di Afrika.

DNA gorila sangatlah identik dengan DNA manusia, yaitu dengan tingkat kemiripan sebesar 97-98%. Gorila adalah spesies kedua yang DNA-nya paling dekat dengan manusia setelah simpanse. Ada dua spesies dalam genus gorila, yaitu gorila barat (western gorila) dan gorila timur (eastern gorila).

2. Hewan Omnivora Monyet

contoh hewan omnivora monyet

Monyet adalah salah satu hewan omnivora karena sumber makanannya berasal dari hewan dan tumbuhan. Makanan monyet adalah biji-bijian, buah-buahan, kacang-kacangan, hewan-hewan kecil dan serangga.

Monyet merupakan suatu istilah yang digunakan untuk semua anggota primata yang bukan prosimia (“pra-kera”, seperti lemur dan tarsius) atau kera, baik itu yang tinggal di Dunia Lama atau Dunia Baru. Sampai saat ini telah dikenal sebanyak 264 jenis monyet yang hidup di dunia.

Berbeda dengan kera, monyet umumnya berekor dan berukuran lebih kecil. Diantara kelebihan monyet adalah dapat mempelajari dan menggunakan alat untuk memudahkannya dalam mendapatkan makanan.

Pengelompokan monyet ini bersifat parafiletik, sebab monyet Dunia Lama kekerabatan genetiknya sebenarnya lebih dekat dengan kera (Hominidae), daripada monyet Dunia Baru. Beberapa monyet dalam istilah sehari-hari juga biasa disebut sebagai kera.

3. Hewan Omnivora Simpanse

contoh hewan omnivora simpanse

Simpanse termasuk dalam hewan omnivora karena sumber makanannya berasal dari hewan dan tumbuhan. Sebagian besar makanan simpanse terdiri dari biji –bijian, buah-buahan, dan bunga yang dipetik dari pohon.

Selain itu, Simpanse juga menkonsumsi serangga seperti semut dan rayap yang mereka ambil dari sarangnya dengan menggunakan tongkat.

Simpanse adalah salah satu anggota dari keluarga Hominidae bersama dengan gorila, dan orangutan. Simpanse adalah satu-satunya anggota yang diketahui dari sub-suku Panina. Kedua spesies Pan itu terpisah sekitar 1 juta tahun lalu.

Simpanse hidup dalam kelompok sosial besar multi-jantan dan multi-betina yang disebut dengan komunitas. Dalam suatu komunitas terdapat sebuah hierarki sosial yang nampak jelas dari satu individu ke individu lain yang mempengaruhi dan menekan lainnya.

Oleh sebab itulah kehidupan sosial simpanse dalam hierarki terlihat lebih ramping di mana satu individu atau lebih bisa lebih mendominasi anggota lainnya dari tingkat yang lebih rendah.

4. Hewan Omnivora Orangutan

contoh hewan omnivora orangutan

Orangutan adalah salah satu contoh hewan omnivora dari jenis kera besar yang memiliki lengan panjang dan berbulu merah kecoklatan.

Orangutan hidup di hutan tropika seperti yang ada di Indonesia dan Malaysia, lebih khusus lagi di pulau Kalimantan dan Sumatera.

Meskipun orangutan termasuk dalam golongan hewan omnivora, namun sebagian besar dari mereka hanyalah memakan tumbuh-tumbuhan.

Makanan Orangutan antara lain adalah kulit pohon, bunga, dedaunan, beberapa jenis serangga, dan sekitar 300 jenis buah-buahan.

Selain itu Orangutan juga memakan madu, nektar, dan jamur. Mereka juga sangat gemar memakan durian, meskipunpun aroma dari durian itu tajam, namun mereka tetap menyukainya.

Orangutan tidak perlu meninggalkan pohonnya jika ingin minum. Mereka biasanya meminum dari air yang telah terkumpul di lubang-lubang cabang pepohonan.

Contoh Hewan Omnivora Jenis Mamalia

Hewan mamalia atau menyusui adalah hewan kelas vertebrata dicirikan dengan adanya kelenjar susu, yaitu dari jenis betina menghasilkan susu sebagai sumber makanan utama bagi anaknya.

Selain itu hewan mamalia juga dicirikan dengan adanya rambut dan tubuh yang endoterm (berdarah panas).

Otaknya mengatur sistem peredaran darah, termasuk juga jantung yang memiliki empat ruang. Mamalia ini terdiri dari 5.000 genus lebih yang tersebar pada 425 keluarga dan hingga 46 ordo, walaupun hal ini tergantung klasifikasi ilmiah yang dipakai.

1. Hewan Omnivora Beruang

contoh hewan omnivora beruang

Beruang adalah hewan omnivora yang memakan apa saja di hutan. Beruang memakan bermacam-macam jenis buah dan tanaman hutan hujan tropis, termasuk juga memakan tunas tanaman jenis palem. Selain itu mereka juga memakan madu, serangga, burung, dan binatang kecil lainnya.

Salah satu Beruang khas Indonesia adalah Beruang madu yang termasuk dalam familia Ursidae dan juga merupakan jenis Beruang paling kecil yang ada di dunia. Beruang Madu ini adalah fauna khas dari provinsi Bengkulu dan dipakai sebagai simbol dari provinsi tersebut.

Selain itu Beruang madu juga dipakai sebagai maskot dari kota Balikpapan. Di Balikpapan beruang madu dikonservasi dalam sebuah hutan lindung yang bernama Hutan Lindung Sungai Wain.

2. Hewan Omnivora Luwak

contoh hewan omnivora luwak

Luwak atau musang adalah salah satu contoh hewan omnivora yang hidup di pepohonan. Luwak adalah hewan yang termasuk dalam suku musang serta garangan (Viverridae).

Nama ilmiah dari Luwak adalah Paradoxurus hermaphroditus sedangkan di Malaysia Luwak dikenal sebagai musang pulut.

Di alam liar, luwak sering dijumpai di atas pohon aren atau pohon kawung, pohon kopi, rumpun bambu, dan pohon kelapa. Jika di perkotaan luwak biasanya bersarang di atap rumah warga, karena habitat alaminya telah tergantikan oleh rumah-rumah manusia.

Luwak ini kerap dituduh sebagai pencuri ayam, meskipun sebenarnya lebih sering memakan buah-buahan di kebun dan pekarangan.

Di antara buah makanannya yaitu pepaya, pisang, dan buah pohon kayu afrika (Maesopsis eminii). Mangsa lain dari hewan ini adalah aneka serangga, moluska, cacing tanah, kadal dan hewan-hewan kecil lainnya seperti tikus.

3. Hewan Omnivora Babi

contoh hewan omnivora babi

Babi adalah jenis dari hewan ungulata yang memiliki moncong panjang serta berhidung lemper. Babi merupakan hewan yang berasal dari Eurasia.

Babi kadang juga dirujuk sebagai khinzir dalam bahasa Arab. Babi termasuk hewan omnivora karena babi mengonsumsi daging dan tumbuh-tumbuhan.

Selain itu babi juga salah satu dari golongan hewan mamalia yang cerdas, bahkan ada yang mengatakan Babi lebih pintar dan lebih mudah dipelihara daripada anjing dan kucing.

Contoh Hewan Omnivora Jenis Burung

Selain beberapa contoh hewan omnivora yang telah disebutkan di atas, contoh hewan omnivora yang lain adalah berasal dari jenis burung. Beberapa jenis burung ada yang dikategorikan sebagai hewan omnivora dan sebagian yang lain ada yang herbivora atau karnivora.

Faktor lingkungan atau habitat menjadi salah satu penyebab kecenderungan hewan terhadap klasifikasinya menjadi omnivora, herbivora atau karnivora. Berikut adalah beberapa contoh hewan omnivora dari golongan burung:

1. Hewan Omnivora Burung Flamingo

burung flamingo

Burung Flamingo adalah hewan omnivora yang makanan utamanya adalah udang dan alga biru-hijau. Udang dan alga merupakan makanan utama sumber beta karoten dari burung Flamingo.

Dalam berburu makanannya, Flamingo menyaring air untuk mendapatkan udang. Paruhnya yang berbentuk sedemikian rupa mampu beradaptasi dalam menyaring air dan lumpur untuk mendapatkan makanannya.

Struktur lamellae terdapat dalam paruhnya dan membantu dalam proses penyaringan.

Warna merah muda cerah yang mereka miliki disebabkan oleh beta karoten yang terkandung dalam makanan mereka. Udang dan alga biru-hijau merupakan sumber beta karoten yang umum diperoleh burung Flamingo.

Burung Flamingo merupakan spesies burung yang berkaki jenjang serta hidup berkelompok. Burung Flamingo berasal dari genus familia Phoenicopterus dan Phoenicopteridae.

Burung ini banyak terdapat di belahan bumi bagian barat dan timur, namun lebih banyak terdapat di belahan bumi bagian timur.

2. Hewan Omnivora Burung Jalak

hewan omnivora omnivora burung jalak

Burung Jalak adalah contoh hewan omnivora yang memiliki ukuran tubuh antara 20-25 cm, gagah, paruhnya kuat, tajam, dan lurus. Burung Jalak memiliki kaki yang panjangnya setara dengan tubuhnya.

Burung Jalak selalu berkicau, dan kadang-kadang meniru suara burung lainnya. Di alam bebas, Burung Jalak biasanya bersarang di lubang-lubang pohon.

Burung jalak ini relatif mudah untuk dijinakkan. Di dalam kandang burung ini sangat aktif dalam bergerak dan berkicau. Oleh sebab itu banyak  penggemar burung kicau memelihara burung ini untuk melatih burung kicaunya yang lain.

Memakan Burung Jalak adalah hampir seluruh jenis makanan. Sedangkan diet utama dalam penangkaran biasanya adalah voer, kroto, buah pisang, dan serangga kecil.

3. Hewan Omnivora Burung Kasuari

contoh hewan omnivora burung kasuari

Burung Kasuari adalah salah satu burung jenis omnivora. Burung Kasuari memiliki tanduk di atas kepalanya, tanduk itu dapat membantunya saat berjalan dalam habitatnya di hutan yang lebat.

Selain itu, Burung Kasuari juga memiliki kaki yang sangat kuat serta berkuku tajam. Burung Kasuari betina umumnya memiliki ukuran lebih besar dan berwarna lebih terang daripada yang jantan.

Makanan Burung Kasuari adalah buah-buahan, serangga, dan ada kalanya makan batu-batuan yang kecil. Salah satu buah yang disukainya adalah jambu atau buah lain yang memiliki kulit tebal yang biasanya tergeletak di atas tanah.

Contoh Hewan Omnivora di Samudera

Selain contoh hewan omnivora darat atau udara, dari samudera juga ada hewan yang dikategorikan sebagai hewan omnivora. Meskipun hidup di laut, hewan-hewan ini tergolong sebagai hewan omnivora.

Hewan omnivora merupakan kombinasi dari dua golongan hewan antara herbivora dan karnivora. Hewan ini berasal dari hewan darat maupun hewan air. Hewan omnivora memakan tanaman tapi juga makan daging.

Hewan omnivora tidak memiliki ciri khusus. Namun hewan omnivora tidak liar seperti karnivora. Contoh hewan omnivora yang ada di sekitar kita adalah ayam yang memakan biji-bijian tapi juga memakan cacing, dan ikan yang memakan cacing tapi juga memakan tanaman air.

1. Hewan Omnivora Paus

hewan omnivora ikan paus

Paus adalah hewan omnivora dari samudera yang memakan cumi-cumi dan crustacea, termasuk diantaranya adalah mysidacea dan krill. Paus memakan krill dan copepoda meskipun dalam jumlah yang kecil.

Paus atau lodan (khusus yang bergigi dan bukan yang berukuran kecil) merupakan kelompok mamalia yang hidup di lautan samudera.

Sebutan paus ini diberikan terhadap anggota Cetacea yang memiliki ukuran besar. Dan Paus ini tidak tergolong dalam keluarga ikan.

2. Hewan Omnivora Lumba-lumba

contoh hewan omnivora lumba lumba

Lumba-lumba adalah binatang Omnivora dari jenis mamalia laut yang sangat cerdas. Lumba-lumba termasuk Omnivora karena pemakan segala jenis. Makanan Lumba-lumba diantaranya adalah cumi-cumi, ikan-ikan kecil, plankton, dll.

Lumba-lumba ini memiliki sistem alamiah yang sangat kompleks yang melengkapi tubuhnya. Bahkan banyak teknologi yang terinspirasi oleh lumba-lumba ini.

Salah satu contohnya adalah kulit lumba-lumba yang dapat memperkecil gesekan dengan air sehingga lumba-lumba mampu berenang dengan hambatan air yang sedikit.

Hal inilah yang digunakan oleh para perenang dalam merancang baju renangnya yang mirip dengan kulit lumba-lumba.

Lumba-lumba juga memiliki sistem yang dinamakan sonar yang dapat digunakan dalam berkomunikasi dan menerima rangsang, sistem sonar ini dapat menghindari benda-benda yang terdapat di depan lumba-lumba, sehingga lumba-lumba bisa terhindar dari benturan.

Sonar ini kemudian menginspirasi dalam pembuatan radar kapal selam. Lumba-lumba termasuk binatang omnivora yang menyusui, sebab lumba-lumba adalah mamalia.

Lumba-lumba hidup di laut dan sungai di seluruh dunia. Lumba-lumba merupakan kerabat dari paus dan pesut.

Add Comment