Contoh Hewan Karnivora Berdasarkan Klasifikasinya

Contoh Hewan Karnivora – Setelah sebelumnya membahas artikel tentang contoh hewan herbivora dan contoh hewan omnivora, kali ini akan membahas tentang contoh hewan karnivora.

Hewan Karnivora yang kami maksud dalam artikel ini adalah mamalia pemakan daging yang hadir dalam berbagai bentuk dan ukuran. Di bawah kita akan belajar tentang 12 kelompok dasar, atau keluarga karnivora, mulai dari yang akrab (anjing dan kucing) hingga yang lebih eksotis (kinkajous dan linsangs).

Baca: Contoh Hewan Ovovivipar Lengkap dengan Gambar dan Penjelasannya

1. Hewan Karnivora Keluarga Canidae: Anjing, Serigala & Rubah

serigala arktik

Seperti yang sudah diketahui bahwa golden retriever atau labradoodle, canids ditandai dengan kaki panjang, ekor lebat, dan moncong sempit, belum lagi gigi dan rahang kuat mereka cocok (pada beberapa spesies) untuk menghancurkan tulang dan rawan.

Anjing ( Canis familiaris ) sejauh ini adalah spesies canid yang paling umum, namun keluarga ini juga termasuk serigala, rubah, serigala dan dingoes. Karnivora setia ini memiliki sejarah evolusioner yang dalam, menelusuri warisan mereka sampai ke Era Cenozoik tengah.

2. Hewan Karnivora Keluarga Felidae: Singa, Macan & Kucing Lain

siberian harimau

Biasanya hewan pertama yang muncul dalam pikiran ketika orang mengatakan kata karnivora singa, harimau, pumas, cougars, panthers, atau kucing rumah adalah semua yang berhubungan erat dengan anggota keluarga Felidae.

Felida ditandai dengan tubuh ramping, gigi tajam, kemampuan memanjat pohon, dan kebanyakan memiliki kebiasaan soliter (tidak seperti anjing, yang cenderung berkumpul dalam kelompok sosial, kucing lebih suka berburu sendiri).

Tidak seperti kebanyakan mamalia pemakan daging lainnya, kucing adalah “hypercarnivorous,” yang berarti mereka mendapatkan semua atau sebagian besar gizi mereka dari hewan mangsa (bahkan tabbies dapat dianggap sebagai zat warna peranakan, karena makanan kucing lembut dan kibble terbuat dari daging).

3. Hewan Karnivora Keluarga Ursidae: Beruang

beruang coklat

Hanya ada delapan spesies beruang yang hidup saat ini, namun karnivora ini memiliki dampak luar biasa pada masyarakat luas. Semua orang tahu tentang upaya untuk melestarikan beruang kutub dan beruang panda, dan itu selalu menjadi berita baik bagi beruang coklat atau beruang grizzly yang menjadi sangat percaya diri.

Beruang memiliki ciri-ciri seperti moncong anjing mereka, rambut kusut, postur randu tanaman (yaitu, mereka berjalan di atas telapak kaki dan bukan jari kaki mereka), dan kebiasaan mengerikan untuk membesarkan kaki mereka jika terancam.

4. Hewan Karnivora Keluarga Order Hyaenidae: Hyena dan Aardwolves

Hewan Karnivora Keluarga Order Hyaenidae

Meskipun ada kemiripan antara keduanya, hewan karnivora ini sangat erat kaitannya dengan anjing-anjing canids no 2 di atas dan kucing felida no 3. Hanya ada tiga spesies hyena yang masih ada – hyena yang terlihat, hyena coklat, dan hyena bergaris.

Mereka memiliki perilaku yang sangat beragam. Sebagai contoh, hyena bergaris memanfaatkan bangkai predator lain, sementara hyenas mencari dan berburu makanan mereka sendiri. Keluarga Hyaenidae juga termasuk aardwolf yang kurang dikenal, yaitu mamalia pemakan serangga kecil dengan lidah yang panjang dan lengket.

5. Hewan Karnivora Keluarga Mustelidae: Musang, Badgers dan Otter

Hewan Karnivora Keluarga Mustelidae

Ini adalah keluarga terbesar mamalia karnivora, yang terdiri dari hampir 60 spesies, binatang purba ini mencakup hewan yang beragam seperti musang dan wolverin. Secara umum, mustelida memiliki ukuran yang sedang (anggota keluarga terbesar ini, berang-berang laut, beratnya hanya 100 kilogram); memiliki telinga pendek dan kaki pendek.

Selain itu mereka juga dilengkapi dengan kelenjar aroma di belakangnya, yang mereka gunakan untuk menandai wilayah mereka dan memberi sinyal ketersediaan seksual. Bulu beberapa mustelida sangat lembut dan indah.

6. Hewan Karnivora Keluarga Mephitidae: Sigung

Hewan Karnivora Keluarga Mephitidae sigung

Mustelida bukanlah satu-satunya mamalia karnivora yang dilengkapi dengan kelenjar aroma. Hal yang sama juga berlaku untuk keluarga Mephitidae. Selusin spesies sigung yang ada semuanya menggunakan kelenjar aroma mereka untuk mempertahankan diri melawan predator, seperti beruang dan serigala.

Mereka telah belajar untuk menghindari hewan-hewan yang tampak tidak berbahaya ini. Anehnya, meskipun mereka tergolong karnivora, sigung kebanyakan adalah jenis omnivora, mereka memakan cacing, tikus, kadal, kacang-kacangan, akar dan buah beri.

7. Hewan Karnivora Keluarga Procyonidae: Raccoon, Coatis dan Kinkajous

Hewan Karnivora Keluarga Procyonidae

Keluarga karnivora yang ini seperti persilangan antara beruang dan sigun. Raccoon dan procyonids lainnya (termasuk coatis, kinkajous dan ringtails) adalah karnivora kecil berkaki panjang yang memiliki tanda wajah khas.

Secara keseluruhan, raccoon adalah mamalia karnivora yang paling tidak dihormati di muka bumi, karena mereka memiliki kebiasaan mengosek tong sampah, dan mereka rentan terhadap infeksi rabies, yang dapat ditularkan ke manusia dengan gigitannya.

Procyonids mungkin adalah karnivora yang paling sedikit. Mamalia ini kebanyakan adalah omnivora, dan telah kehilangan adaptasi gigi yang dibutuhkan untuk memakan daging.

8. Hewan Karnivora Keluarga Phocidae

Hewan Karnivora Keluarga Phocidae

Earless Seals tanpa telinga yang dikenal sebagai anjing laut sejati, beradaptasi dengan baik dengan gaya hidupnya di laut. Hewan karnivora ini memiliki kekurangan telinga luar, betina memiliki puting susu yang dapat ditarik, dan jantan memiliki testis internal dan penis yang dapat ditarik ke dalam tubuh bila tidak digunakan.

Meskipunanjing laut menghabiskan sebagian besar waktunya di laut, dan dapat berenang untuk waktu yang lama di bawah air, mereka kembali ke lahan kering untuk melahirkan. Mamalia ini berkomunikasi dengan mendengus dan menampar sirip mereka, tidak seperti sepupu dekat mereka yaitu anjing dari keluarga Otariideae.

9. Hewan Karnivora Keluarga Otariidae

Hewan Karnivora Keluarga Otariidae

Terdiri dari delapan spesies segel bulu dan jumlah singa laut yang sama, segel eared, sesuai namanya, dapat dibedakan dengan flap telinga eksternal kecil mereka. Tidak seperti anjing straw keluarga Phocidae di atas. Anjing laut yang ini lebih cocok untuk kehidupan terestrial daripada keluarga tanpa telinga mereka.

Mereka menggunakan sirip depan yang kuat untuk mendorong diri mereka melewati lahan kering atau bongkahan es, tapi anehnya, mereka cenderung lebih cepat dan lebih bermanuver daripada phocids saat berada di dalam air.

Anjing laut juga merupakan mamalia dimorfik yang paling seksual dalam kerajaan hewan; Segel bulu laki-laki singa laut bisa menimbang sampai enam kali lipat betinanya.

10. Hewan Karnivora Keluarga Herpestidae

Hewan Karnivora Keluarga Herpestidae

Berang-berang dalam banyak hal hampir tidak dapat dibedakan dari musang, musang dan berang-berang adalah keluarga Mustelidae. Sedangkan luwak telah mencapai ketenaran karena senjata evolusionernya yang unik. Hewan karnivora berukuran kucing ini hampir sepenuhnya kebal terhadap racun ular.

Dari sini mungkin anda akan menyimpulkan bahwa luwak suka membunuh dan memakan ular, namun sebenarnya tidak. Ini adalah adaptasi murni defensif, sementara luwak tetap mengejar makanan pilihan mereka yaitu burung, serangga dan hewan pengerat mereka. Keluarga Herpestidae juga termasuk meerkat, yang telah lama dikenal sejak penampilan mereka di The Lion King.

11. Hewan Karnivora Keluarga Viverridae

Hewan Karnivora Keluarga Viverridae

Keluarga Viverridae secara umum menyerupai musang, luwak dan genetika adalah mamalia kecil, gesit, muncratin yang asli yang berasal dari Afrika, Eropa selatan, dan Asia Tenggara.

Apa yang paling penting tentang hewan ini adalah bahwa mereka sangat “basal”, atau berkembang, dibandingkan dengan mamalia “feliform” lainnya seperti kucing, dan hyena yang bercabang jutaan tahun yang lalu dari titik rendah pohon keluarga karnivora.

Luar biasa untuk karnivora yang seharusnya satu spesies vulgar (musang kelapa sawit) menjalankan sebagian besar makanan vegetarian, sementara sebagian besar musang dan genetika lainnya omnivora.

12. Hewan Karnivora Keluarga Ailuridae: Panda Merah

Hewan Karnivora Keluarga Ailuridae: Panda Merah

Hampir tidak ada yang pernah berbicara tentang panda merah ( Ailurus fulgens ) adalah termasuk mamalia seperti yang terdapat di Cina barat daya dan Pegunungan Himalaya timur, lengkap dengan ekor bergaris tebal dan menonjol di sepanjang mata dan moncongnya.

Untuk anggota keluarga karnivora, mamalia yang tinggal di pohon ini kebanyakan makan bambu, namun diketahui telah melengkapi makanannya dengan telur, burung, dan berbagai serangga. Ada yang meyakini jumlah mereka saat ini adalah kurang dari 10.000 dari seluruh dunia, dan meskipun merupakan spesies yang dilindungi, jumlahnya terus menyusut.

Add Comment