20 Contoh Hewan Herbivora Lengkap Dengan Gambar dan Penjelasannya

Contoh Hewan Herbivora – Setelah sebelumnya membahas contoh hewan omnivora, pada artikel kali ini akan membahas contoh hewan herbivora. Jika hewan omnivora adalah hewan pemakan segalanya, hewan herbivora adalah hewan pemakan tumbuh-tumbuhan.

Hewan herbivora adalah mereka yang bertahan hidup di tanaman, buah, daun, dan sumber makanan alami lainnya. Hewan ini tidak bisa mencerna daging karena memiliki gigi datar dan rata. Seperti yang saya sebutkan sebelumnya bahwa beberapa hewan memakan buah dan daun, mereka sering disebut frugivora dan folivora.

Ada banyak burung herbivora seperti bebek, angsa, kakatua, macaw biru, Scarlet macaw, toucan, dan masih banyak lagi. Selain semua itu, ada juga beberapa reptil herbivora yang tinggal di hutan seperti iguana dan kura-kura.

Sedangkan untuk serangga, daftar hewan herbivora mencakup kupu-kupu, wereng, belalang, dll. Dan mari terus telusuri daftar hewan herbivora ini. Berikut adalah daftar hewan herbivora dan makanan yang mereka makan.

Baca: Contoh Hewan Ovovivipar

Pengertian Hewan Herbivora

Hewan herbivora adalah hewan yang bertahan hidup dengan memakan tanaman, buah, daun, dan sumber makanan alami lainnya. Hewan ini tidak bisa mencerna daging karena memiliki gigi datar dan rata. Seperti yang saya sebutkan sebelumnya bahwa beberapa hewan memakan buah dan daun, mereka sering disebut frugivora dan folivora.

Ada banyak burung herbivora seperti bebek, angsa, kakatua, macaw biru, Scarlet macaw, toucan, dan masih banyak lagi. Selain semua itu, ada juga beberapa reptil herbivora yang tinggal di hutan seperti iguana dan kura-kura.

Sedangkan untuk serangga, daftar hewan herbivora mencakup kupu-kupu, wereng, belalang, dll. Dan mari terus telusuri daftar hewan herbivora ini. Berikut adalah daftar hewan herbivora dan makanan yang mereka makan.

1. Hewan Herbivora Antelop

Contoh Hewan Herbivora Antelope

Hewan herbivora antelop sebagian besar ditemukan di wilayah Afrika, Eropa, dan Asia. Antelop termasuk keluarga Bovidae. Mereka tinggal di daerah padang rumput yang panjang, karenanya, makanan utama mereka adalah rumput panjang.

Anda bisa menemukan antelop di hutan, rawa, dan Savannah, itulah sebabnya mereka makan apa saja yang bisa mereka temukan di sekitar lingkungan yang mereka tempati.

Antelop hidup dalam kelompok ternak untuk melindungi diri dari predator lain. Beberapa spesies bisa berjalan cukup cepat, agar bisa lolos dari serangan dan bisa melompat pada jarak yang luar biasa.

2. Hewan Herbivora Banteng / Bison

Contoh Hewan Herbivora Banteng / Bison

Hewan Herbivora Banteng / Bison, seperti antelop yang merupakan bagian dari keluarga Bovidae. Bison banyak ditemukan di Amerika Utara dan Eropa. Mereka adalah jenis sapi terbesar yang ditemukan di seluruh dunia.

Dengan mantel panjang dan shaggy mereka dapat dengan mudah tinggal di daerah yang lebih dingin. Namun, Anda akan menemukan beberapa spesies bison yang berada di daerah yang lebih hangat juga; Mereka memiliki mantel pendek dan tidak berbulu.

Bison memakan rumput dan kulit pohon. Meskipun perilaku mereka dikenal secara pasif untuk sebagian besar, namun mereka telah dikenal untuk menyerang secara spontan.

3. Hewan Herbivora Bongo

Contoh Hewan Herbivora Bongo

Bongo ditemukan di Afrika dan juga berasal dari keluarga Bovidae. Mereka memakan rumput, tanaman merambat, empulur dari pohon yang membusuk, akar, buah-buahan, dan banyak hal lainnya.

Mereka cenderung hidup dimana ada persediaan air yang konstan. Mirip dengan okapis, bongos diketahui memakan arang dari pohon yang terbakar karena keringanannya.

4. Hewan Herbivora Bushbucks

Contoh Hewan Herbivora Bushbucks

Bushbucks ditemukan di Afrika Sub-Sahara dan termasuk dalam keluarga Bovidae. Mereka memakan semak, tumbuhan, dan tanaman polongan.Bushbucks diburu oleh manusia. Mamalia ini dianggap berbahaya bagi manusia karena telah diketahui bisa menyerang pemburu dari semak-semak.

5. Hewan Herbivora Capybara

Contoh Hewan Herbivora Capybara

Capybara banyak ditemukan di Amerika Selatan dan termasuk dalam keluarga Caviidae. Mereka makan rumput, tanaman air, buah-buahan, dan kulit pohon. Mereka adalah mamalia semi-akuatik yang juga tinggal di dekat danau, rawa, kolam, dan sungai.

Capybaras bisa berenang dengan benar dan bahkan bisa tinggal di bawah air selama kurang lebih 5 menit sekaligus. Ini membantu mereka bersembunyi dari predator atau menghindari pria selama musim kawin.

6. Hewan Herbivora Unta

Hewan Herbivora Unta

Unta berasal dari keluarga Camelidae dan banyak ditemukan di Afrika, Asia dan Australia. Mereka bertahan dengan memakan rumput, gandum, dan biji-bijian. Unta dapat menyimpan air di gundukan mereka dan bisa bertahan di iklim terberat (gurun Timur Tengah, Austalia, dan Asia Timur).

Karena unta bisa beradaptasi dengan iklim yang bervariasi di daerah gurun pasir, yang panas di siang hari dan mendekati suhu beku pada malam hari, mereka sangat bermanfaat bagi manusia.

7. Hewan Herbivora Sapi

Contoh Hewan Herbivora Sapi

Sapi adalah termasuk mamalia domestikasi yang tersebar luas dan dapat ditemukan hampir di mana saja. Mereka termasuk keluarga Bovidae dan makan rumput atau jerami. Sapi digunakan oleh manusia untuk berbagai keperluan seperti hewan peliharaan, peternakan, untuk susu, daging, dan kulit mereka. Di India, sapi dianggap suci dan diberi kekaguman seperti dewa.

8. Hewan Herbivora Rusa

Hewan Herbivora Rusa

Anda dapat dengan mudah menemukan rusa di hampir setiap benua, selain dari Australia dan Antartika. Mereka termasuk dalam keluarga Cervidae dan memakan rumput, gulma, dan rempah-rempah. Beberapa spesies rusa terancam punah karena perburuan dan perburuan.

9. Hewan Herbivora Gajah

Contoh Hewan Herbivora Gajah

Gajah adalah hewan terbesar di dunia, gajah ditemukan di seluruh belahan dunia. Mereka termasuk dalam keluarga Elephantidae dan makan daun, buah pohon kayu, dan semak belukar. Gajah telah diburu dan direbus selama berabad-abad karena gading dan dagingnya.

10. Hewan Herbivora Panda

Contoh Hewan Herbivora Panda

Giant Panda Bears kebanyakan ditemukan di Cina Tengah-Barat dan Selatan-Barat. Mereka termasuk keluarga Ursidae dan mengkonsumsi bambu. Panda raksasa sayangnya diklasifikasikan sebagai spesies yang terancam punah karena tingkat kelahirannya cukup rendah dan hilangnya habitatnya konstan. Perburuan merupakan salah satu alasan mengapa panda raksasa dianggap terancam punah.

11. Hewan Herbivora Kambing

Kambing berdiri di padang bunga

Kambing merupakan bagian dari hewan herbivora karena kambing termasuk hewan yang memamah biak berukuran sedang dan memakan rerumputan. Kambing ini banyak diternakan karena memiliki sumber daging, susu dan kulit yang melimpah untuk dimanfaatkan.

Hewan herbivora kambing ini diperkirakan berasal dari daratan benua Eropa. Ciri-ciri dari hewan ini antara lain adalah memiliki janggut, ekor, rambut yang lurus, dahi yang cembung dan memiliki sepasang tanduk.

Tanduk dari kambing jantan umumnya berukuran lebih besar dibandingkan dengan tanduk yang betina. Gigi kambing ini juga lebih banyak yang bentuknya geraham karena menyesuaikan dengan jenis makanannya yang berupa rumput-rumputan.

12. Hewan Herbivora Kuda

Hewan Herbivora Kuda

Kuda adalah hewan herbivora yang banyak dibudidayakan oleh manusia. Manusia banyak memanfaatka kuda untuk diambil dagingnya, kulitnya, susu dan tenaganya. Tenaga kuda yang begitu kuat banyak dimanfaatkan manusia sebagai alat transportasi dan pengangkutan barang. Diperkirakan kuda ini sudah mulai dibudidayakan oleh manusia sejak 6500 tahun yang lalu.

13. Hewan Herbivora Jerapah

Tiga Jerapah berdiri

Jerapah berasal dari gurun Afrika. Mereka termasuk dalam keluarga Girrafidae dan memakan pohon baobab; Mereka juga makan semak, buah, dan rumput. Mereka adalah hewan darat tertinggi di dunia. Jerapah bisa berjalan atau berpacu berkeliling. Karena lidahnya yang panjang, jerapah bisa memakan daun yang ditemukan di pohon-pohon tinggi.

14. Hewan Herbivora Kudanil

Hewan Herbivora Kudanil

Kudanil bisa hidup di dalam air dan di lahan kering. Mereka ditemukan di sub-Sahara Afrika dan dianggap sebagai mamalia terbesar ketiga terbesar di darat. Mereka termasuk keluarga Hippopotamidae dan makan rumput pendek dan beberapa tanaman air. Karena kuda nil adalah mamalia semi-akuatik, betina cenderung melahirkan anak-anak mereka di bawah air.

15. Hewan Herbivora Iguana

Hewan Herbivora Iguana

Kadal herbivora ini berasal dari Amerika Tengah dan Selatan dan Karibia. Mereka termasuk dalam keluarga Iguanidae dan memberi makan makanan berdaun selada, sawi, dll. Iguana dapat berenang dengan benar untuk menghindari serangan dari pemangsa dan juga memiliki penglihatan yang sempurna. Mereka bisa melihat dan mengenali bayangan, berbagai warna, bentuk, dan bisa melihat pergerakan jarak jauh juga.

16. Hewan Herbivora Kanguru

Hewan Herbivora Kanguru

Ada empat spesies kanguru yang berbeda yang ditemukan di Australia – Kangaroo Merah, Kangaroo Antilopin, Kangaroo Grey Barat, dan Kangaroo Grey Timur. Mereka termasuk dalam keluarga Macropodidae. Mereka makan rumput dan semak belukar, kadang memakan jamur. Kanguru dapat melompat dengan kecepatan 12 sampai 45 mph, tergantung pada seberapa jauh jarak yang harus ditutupi.

17. Hewan Herbivora Koala

Hewan Herbivora Koala

Koala ditemukan di Australia dan termasuk dalam keluarga Phascolarctidae. Mereka kebanyakan makan daun kayu putih, mengunyahnya dan mengubahnya menjadi pasta agar bisa menelannya dengan benar. Meski koala adalah mamalia yang tenang, sudah saatnya koala membuat suara nyaring dan nyaring (saat musim kawin dan di bawah tekanan). Koala bukanlah spesies yang terancam punah, namun karena tingginya urbanisasi, hilangnya habitat koala bukanlah hal yang mustahil.

18. Hewan Herbivora Kelinci

Hewan Herbivora Kelinci

Mamalia ini ditemukan di beberapa belahan dunia. Mereka termasuk keluarga Leporidae dan makan rumput, hutan berdaun, dan forbsMereka dikenal tinggal di hutan, hutan, padang rumput, lahan basah, padang pasir, dan padang rumput. Mereka membuat lobang di bawah tanah untuk menemukan tempat yang aman untuk tinggal dan bersembunyi dari predator.

19. Hewan Herbivora Rusa Kutub

Hewan Herbivora Rusa Kutub

Rusa kutub atau karibu, berasal dari keluarga rusa yang dijinakkan. Mereka ditemukan di Amerika Utara, Swedia, Norwegia, Rusia, Finlandia Utara, dan Siberia. Sementara untuk mencari makanan, rusa diketahui melakukan perjalanan jauh selama masa migrasi dan mereka dapat berlari secepat 50 sampai 55 mph. Makanan mereka terdiri dari rumput, rusa lumut, jamur, lumut, dan tanaman tertentu.

20. Hewan Herbivora Badak

Hewan Herbivora Badak

Ada lima spesies badak yang berbeda yang ditemukan di Afrika dan S. Asia – Badak Putih, Badak Hitam, Badak Jawa, Badak India, dan Badak Sumatera.Mereka termasuk dalam keluarga Rhinocerotidae dan mengkonsumsi biji-bijian pendek, buah-buahan, daun, rumput, dan tunas. Bobot rata-rata bisa mencapai 1,5 ton. Badak putih, hitam, dan sumatera memiliki 2 tanduk dan badak jantan India dan jawa hanya memiliki satu.

Add Comment