Bacaan Dzikir Meminta Hajat, Menolak Bala’ dan Mendulang Pahala

BACAAN DZIKIR – Di antara amaliyah yang sangat dianjurkan bagi kaum muslimin adalah berdzikir. Secara bahasa dzikir artinya ‘ingat’, sedangkan secara istilah adalah mengingat Allah dengan bacaan dzikir sesuai yang diajarkan Rasulullah  .

Dzikir juga merupakan sebagai media komunikasi atau penghubung antara hamba dengan Allah. Dengan dzikir, manusia akan merasakan ketenangan dan kedamaian tersendiri setelah menjalani kehidupan dunia yang penuh hingar bingar ini.

Ada banyak bacaan dzikir yang diajarkan oleh Rasulullah , di antaranya adalah bacaan dzikir tasbih, tahmid, takbir, istighfar, sholawat, tahlil, hauqolah dan beberapa kalimat thayyibah yang lain.

Bacaan Dzikir Tasbih, Tahmid dan Takbir

Di antara dzikir yang paling dianjurkan adalah dzikir setelah sholat dengan bacaan dzikir tasbih, tahmid dan takbir. Bacaan tasbih, tahmid dan takbir tersebut dibaca masing-masing 33 kali.

مَنْ سَبَّحَ اللَّهَ فِي دُبُرِ كُلِّ صَلَاةٍ ثَلَاثًا وَثَلَاثِينَ وَحَمِدَ اللَّهَ ثَلَاثًا وَثَلَاثِينَ وَكَبَّرَ اللَّهَ ثَلَاثًا وَثَلَاثِينَ فَتْلِكَ تِسْعَةٌ وَتِسْعُونَ وَقَالَ تَمَامَ الْمِائَةِ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيكَ لَهُ لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ غُفِرَتْ خَطَايَاهُ وَإِنْ كَانَتْ مِثْلَ زَبَدِ الْبَحْرِ

“Barang siapa menyucikan (bertasbih) kepada Allah di akhir sholat (setelah sholat) sebanyak 33x, memuji (bertahmid) kepada Allah sebanyak 33x, dan mengagungkan kebesaran Allah (bertakbir) sebanyak 33x, sehingga menjadi 99, kemudian menyempurnakannya menjadi 100 dengan bacaan laa ilaha illallahu wahdahu laa syarikalah lahul mulku walalhul hamdu wahuwa ‘alaa kulli syai-in qodiir, maka diampuni segala kesalahannya meskipun menyerupai buih laut.” (HR. Muslim no. 597).

Dzikir dengan Bacaan Istighfar

قال رسول الله صلى الله عليه وسلم من اكثر من الإستغفار جعل الله عز وجل له من كل هم فرجا و من كل ضيق مخرجا ورزقه من حيث لايحتسب

Rasulullah  bersabda; Barangsiapa yang memperbanyak istighfar (meminta ampun) maka Allah ‘Azza Wa Jalla akan menjadikannya setiap kesusahan menjadi kegembiraan, setiap kesempitan jalan keluar dan memberinya rizqi dari arah yang tidak disangka-sangka. (Ihya’ Ulumiddin Awal)

قال النبي صلى الله عليه وسلم اذا أذنب العبد ذنبا فاستغفروا الله يقول الله عز وجل لملا ئكته أنظروا إلي عبدي أذنب ذنبا فعلم ان له ربا يغفر الذنوب ويأخذ بالذنب أشهدكم أنى قد غفرت له

Nabi  bersabda; Ketika seorang hamba melakukan sebuah dosa kemudian meminta ampunan kepada Allah, maka Allah ‘Azza Wa Jalla berkata kepada malaikat-NYA; Kalian lihatlah hamba-KU yang melakukan dosa ini, dia (hamba) mengetahui bahwa dia memiliki Tuhan yang mau mengampuni dosa dan juga menyiksa atas suatu dosa, AKU saksikan kepada kalian (malaikat) bahwa sesungguhnya AKU telah mengampuni dosa hamba-KU ini. (Ihya’ Ulumiddin Robi’).

Dari keterangan hadits di atas jelas-lah bahwa istighfar merupakan suatu amalan yang sangat agung. Oleh sebab itu dalam dzikir setelah sholat (versi NU) yang pertama kali dibaca adalah istighfar sebanyak tiga kali. Hal ini juga bertujuan agar kita langgeng dalam bersitighfar setiap hari.

Dan masih banyak lagi keutamaan dari bacaan istighfar (memohon ampun dengan bacaan istighfar) yang lain.

Dzikir dengan Sholawat Nabi

عن النبي صلى الله عليه وسلم انه قال من عسرت عليه حاجة فليكثر بالصلاة علي فإنها تكشف الهموم و الغموم و الكروب و تكثر الأرزاق و تقضى الحوائج

Dari Nabi  sesungguhnya Nabi bersabda; Barangsiapa yang susah hajatnya, maka perbanyaklah sholawat atasku, sebab memperbanyak sholawat kepadaku dapat menjadi sebab hilangnya kesusahan, tambahnya rizqi dan terpenuhinya hajat. (Khozinatul Asror 178)

Syaikh Isa Al-Barowi Qoddasallahu sirrohul ‘aziz berkata; Barangsiapa yang pada malam jum’at membaca sholawat adrikni 1000 kali;
الصلاة والسلام عليك يا سيدي يا رسول الله خذ بيدي قلت حيلتي ادركني

Assholaatu wassalaamu ‘alaika yaa sayyidii yaa Rasulallaah khudz biyadii qollat khiilatii adriknii. (1000 kali)

Maka hajatnya akan terpenuhi dengan segera, perkara yang dicari akan hasil dan tujuannya bisa didapat di dunia dan akhirat. Syaikh Isa Al-Barowi berkata; Hal ini pernah dicoba tanpa keraguan (dan berhasil).

Oleh sebab itu, cobalah buktikan seperti ucapan Syaikh Al-Barowi supaya tenang dan damai jiwanya. (Khozinatul Asror).

Bacaan Dzikir Doa Nabi Yunus Alaihis Salam

Doa Nabi Yunus Alahis Salam adalah bacaan لااله الا انت سبحانك اني كنت من الظالمين. Doa itu dipanjatkan Nabi Yunus ketika sedang berada di dalam perut ikan yang memangsanya.

Dari Sa’ad bin Malik Radhiyallahu ‘anhu berkata; Aku mendengar Rasulullah  bersabda: “Ada Asma Allah yang apabila berdoa dengan-NYA akan dikabulkan dan apabila meminta akan diberi, Asma itu adalah doa Nabi Yunus bin Mata ‘Alaihis Salam.

Kemudian Sa’ad bin Malik Radhiyallahu ‘anhu berkata; Ya Rasulallah, apakah doa itu khusus untuk Nabi Yunus bin Mata ‘Alaihis Salam atau untuk umum jamaah muslimin orang-orang yang beragama Islam?

Kemudian Rasulullah  bersabda;  Doa tadi untuk Nabi Yunus bin Mata ‘Alaihis Salam dan umum jamaah orang-orang yang beragama Islam yang berdoa dengan doa tersebut. Apakah kamu belum mendengar firman Allah; “Dalam waktu gelap Nabi Yunus ‘Alaihis Salam berdoa (Tiada Tuhan yang Haq disembah kecuali Engkau, Maha Suci Engkau, sesungguhnya aku termasuk golongan orang yang berbuat dzolim), kemudian AKU (Allah) mengabulkan doa Nabi Yunus ‘Alaihis Salam dan menyelamatkannya dari kesusahan, begitu juga Allah menyelamatkan orang-orang yang beriman. Memberi keselamatan tersebut merupakan Janji Allah untuk orang-orang yang mau berdoa dengan doa tersebut (Doa Nabi Yunus).”(Khozinatul Asror; 81).

Bacaan Dzikir Hauqolah

عن ابن عباسرضي الله عنهما انه قال : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم من قال بسم الله الرحمن الرحيم ولاحول ولا قوة إلا بالله العلي العظيم صرف الله سبعين بابا من انواع البلايا والهم والغم واللمم

Dari Ibnu Abbas Radhiyallahu ‘anhuma berkata: Rasulullah  bersabda (Barangsiapa membaca Bismillaahirrohmaanirrohim Wa Laahaula walaa quwwata Illaa billaahil ‘aliyyil ‘adziim, maka Allah menyingkirkan 70 pintu macam bilahi, kesusahan, kesedihan dan sesuatu yang menyakitkan (Piloro; B.Jawa). (Khozinatul Asror; 85)

عن ابي موسى الأشعري قال: قال لي رسول الله صلى الله عليه وسلم (يا عبد الله بن قيس , الا ادلك على كنز من كنوز الجنة ؟ لا حول ولاقوة الا بالله) متفق عليه , زاد النسائ : لا ملجأ من الله الا اليه

Dari Abi Musa Al-Asy’ari berkata: Rasulullah  berkata kepadaku ( Hai Abu Abdillah, bukankah aku telah menunjukkan suatu simpanan(gedung) dari beberapa simpanan surga? Yaitu Laa haula Walaa quwwata Illaa Billaah. (Muttafaqun ‘alaih), dalam riwayat Imam Nasa’i terdapat tambahan (Laa malja’ minallaahi Illaa Ilaih).

Keutamaan Dzikir

Ada banyak sekali keterangan mengenai keutamaan dzikir, seperti beberapa hadits berikut:

عن أبي هريرة رضي الله عنه قال : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم (يقول الله تعالى : أنا مع عبدى ما ذكرني وتحركت بي شفتاه) اخرجه ابن ماجه ,وصححه ابن حبان , وذكره البخاري تعليقا

Dari Abu Hurairoh r.a berkata; Rasulullah  bersabda (Allah berfirman: AKU beserta hambaku selama ia mengingat-KU (Dzikir kepada-KU) dan menggerakkan dua bibirnya untuk-KU). (HR. Ibnu Majah dan dishohihkan oleh Ibnu Hibban, Imam Bukhori menyebutnya Mu’allaq).

Dalam hadits lain disebutkan:

وعن معاذ بن جبل رضي الله عنه قال : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم (ما عمل ابن آدم عملا أنجى له من عذاب الله من ذكر الله) اخرجه ابن ابي شيبة و الطبراني بإسناد حسن

Dari Muadz bin Jabal r.a berkata: Rasulullah  bersabda (Tidaklah anak Adam beramal suatu amalan yang lebih menyelamatkannya dari siksa Allah daripada ingat Allah (Dzikir kepada Allah). (HR. Ibnu Syaibah dan At-Thabrani dengan sanad hasan)

عن أبي هريرة رضي الله عنه قال : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم (ما جلس قوم مجلسا يذكرون الله فيه إلا حفتهم الملا ئكة و غشيتهم الرحمة وذكر هم الله فيمن عنده) اخرجه مسلم

Dari Abu Huroiroh r.a berkata: Rasulullah  bersabda (Tidaklah suatu kaum duduk dalam suatu majlis yang di dalamnya menyebut (Dzikir) nama Allah, melainkan malaikat mengepungnya dan rahmat menyelimutinya, dan Allah menyebut mereka sebagai golongan yang berada di sisi-NYA). (HR. Muslim)

Dalam hadits yang lain:

وعن أبي هريرة رضي الله عنه قال : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم (ما قعد قوم مقعدا لم يذكروا الله فيه ولم يصلوا على النبي صلى الله عليه وسلم إلا كان عليهم حسرة يوم القيامة) اخرجه الترمذي وقال حسن

Dari Abu Huriroh r.a berkata: Rasulullah  bersabda (Tidaklah suatu kaum duduk dalam suatu perkumpulan yang di dalamnya tidak menyebut (dzikir) nama Allah dan tidak bersholawat atas Nabi  kecuali mereka akan merugi di hari kiamat). (HR. At-Tirmidzi).

*****

Setelah mengetahui macam-macam bacaan dzikir hendaknya kita berusaha untuk mengamalkannya sebaik mungkin. Sebab, dengan bertambahnya pengetahuan seseorang menjadi berkewajiban mengamalkan dan mengajarkannya.

Dan semoga kita menjadi hamba Allah yang senantiasa diberi pertolongan untuk berdzikir dengan kalimat thayyibah dan bacaan dzikir menyebut namanya. Aamin.

Add Comment