20 Website Terbaik Download Buku, Jurnal Dan Artikel Gratis

20 Website Terbaik Download Buku, Jurnal Dan Artikel Gratis

Website download buku, jurnal ataupun artikel merupakaan hal yang banyak dicari oleh mahasiswa karena referensi berupa buku, jurnal ataupun artikel merupakan hal wajib bagi seorang mahasiswa. Pasalnya setiap ide yang mereka utarakan lewat tulisan harus mencantumkan referensi dari berbagai buku ataupun artikel sebagai bukti kerendahan hati penulis.

Selain itu juga menunjukkan bahwa karya yang mereka tulis benar-benar original , dalam artian bukan hasil plagiat yang merupakan pelanggaran keras dalam dunia pendidikan.

Akan tetapi mahasiswa seringkali terkendala finansial untuk memenuhi kebutuan buku tersebut karena mahalnya harga buku. Bayangkan saja jika setiap semester terdapat 22 SKS, katakanlah 12 matakuliah.

Padahal setiap SKS tidak hanya butuh satu, dua buku saja karena idealnya setiap mata kuliah mempunyai lima buku referensi. Katakanlah setiap buku harga rata-rata Rp. 80.000,- dikali 60 buah buku maka setiap semester harus merogoh kocek sebesar Rp. 4.800.000,-, padahal biaya kuliah yang saya alami tidak segitu banyaknya.

Karena hal tersebut biasanya para mahasiswa mencari solusi untuk mengatasi membengkaknya biaya pendidikan salahsatunya dengan fotocopy. Akan tetapi bagi mahasiswa yang sudah sangat minim biaya kuliahnya masih dirasa kurang signifikan apalagi ketika sudah jatuh tempo pembayaran kos dan ditagih biaya sewa pastinya lebih memilih untuk biaya sewa kos.

Ada beberapa alternatif lagi bagi para mahasiswa yang memerlukan referensi dengan biaya murah, yaitu dengan mendownload buku ataupun artikel yang berkaitan dengan mata kuliah.

Selama saya kuliah, terlebih waktu pembuatan skripsi saya lebih mengandalkan perpustakaan buku-buku ataupun artikel yang bersumber dari internet. Hal ini saya kira lebih efektif daripada harus memilah-milah buku diperpustakaan.

Selain itu juga ada beberapa kelebihan ketika kamu memilih untuk searching buku lewat perpustakaan online diantaranya adalah praktis dan tidak memakan banyak waktu, tenaga dan biaya.

Jika mencari di toko buku kamu akan kelelahan memilah satu persatu setiap rak buku, belum lagi kalau sudah ketemu tidak sesuai dengan anggaran yang kamu harapkan ujungnya hanya akan memakan waktu tenaga dan sia-sia. Sebelum karya tulismu baik itu skripsi atau makalah disajikan kedosen pengampu jangan lupa diprint terlebih dahulu.

Ini dia  saya berikan beberapa referensi buku maupun artikel andalan saya selama masih menjadi mahasiswa.

  1. Perpusnas

Tampilan dasbor perpusnas e-resources
Tampilan dasbor perpusnas e-resources download buku, jurnal dan artikel gratis

Website download buku, jurnal dan artikel gratis pertama adalah Perpustakaan nasional. Perpusnas telah mengeluarkan perpustakaan berbasis internet yang bisa diakses oleh setiap anggotanya lewat internet. Setiap warga negara berhak untuk mengaksesnya dengan syarat harus registrasi terlebih dahulu sebelum mengaksesnya ke link berikut perpusnas dan registrasi terlebih dahulu dengan cara memasukkan nomor induk KTP dan data diri kamu.

Kelebihan dari perpusnas ini adalah banyaknya pilihan bagi kamu untuk mengakses layanan dari perpusnas. Kamu bisa memilih dari berbagai publisher baik dalam maupun luar negeri. Akan tetapi ada beberapa link yang tidak berfungsi karena masih ada maintenance dari beberapa publisher.

  1. Portal garuda

ristekdikti
ristek dikti adalah salah satu perpustakaan online yang difasilitasi oleh ristekdikti

Website download buku, jurnal dan artikel gratis kedua adalah Portal garuda, memiliki banyak sekali rujukan dan referensi untuk kamu pilih, juga menyediakan dalam banyak bahasa seperti bahasa indonesia dan bahasa inggris. Portal garuda tidak memerlukan registrasi untk memanfaatkan layanan perpustakaan digital tersebut. Akan tetapi sejak awal Juli kemarin portal garuda websitenya telah diakusisi oleh Ristekdikti ke ristekdikti.

  1. Moraref

tempat download jurnal gratis
moraref merupakan tempat download jurnal ilmiah favorit para mahasiswa

Website download buku,  jurnal dan artikel gratis ketiga adalah Moraref,  merupakan salah satu referensi yang tidak boleh anda lewatkan karena website download buku dan jurnal ini bisa dibilang lengkap dari padayang lainnya.

Kamu bisa memilih dari berbagai publisher dan tema yang disuguhkan oleh website tersebut. Selain menyediakan buku dan jurnal juga menyediakan artikel yang bisa kamu jadikan rujukan yang bisa kamu jadikan andalan.

Yang saya suka dari moraref ini adalah tampilan yang simpel dan tidak membosankan, disamping jurnal dan artikel yang begitu melimpah. Akan tetapi ada beberapa yang membuat saya tidak nyaman diantaranya adalah minimnya rujukan dengan tema tertentu yang kita cari.

 

  1. Google scholar/cendekia

tempat download buku, jurnal dan artikel gratis google scolar
tempat download buku, jurnal dan artikel gratis google scolar

Website download buku,  jurnal dan artikel gratis keempat adalah google cendekia. Google cendekia bisa dikatakan anak perusahaan dari google. Google cendekia ini juga mempunya nama google scholar. Dalam situs ini anda bisa mencari banyak referensi yang anda butuhkan. Kamu cukup memasukkan url dalam pencarian google scholar sudah bisa kamu akses.

 

  1. Doaj

tempat download buku, jurnal dan artikel gratis Doaj
Tempat download buku, jurnal dan artikel gratis Doaj

Website download buku,  jurnal dan artikel gratis kellima adalah Doaj. Doaj  merupakan singkatan dari Directory of Open Access Journals. Doaj merupakan website luar negeri yang intinya mengumpulkan artikel-artikel dan jurnal-jurnal ilmiah yang patut kamu kunjungi saat mencari sebuah referensi untuk tugas kamu. Anggota dari Doaj ini adalah para penerbit, jadi tidak diragukan lagi keabsahannya.

DOAJ mengoperasikan program pendidikan dan sosialisasi di seluruh dunia, berfokus pada peningkatan kualitas aplikasi yang diajukan. Kamu bisa langsung mengunjunginya disitusnya yaitu doaj.org.

  1. Libgen

 

Website download buku,  jurnal dan artikel gratis keenam adalah Libgen atau library genesis merupakan mesin pencarian untuk buku, artikel dan masih banyak lagi variasinya. Website ini saya kira agak misterius, pasalnya kadang hari  ini ada dalam pencarian dan besoknya menghilang. Akan tetapi tidak ada salahnya jika saya kasih tahu websitenya sebagai berikut sci.libgen.pw.

 

  1. Many books

tempat download buku, jurnal dan artikel gratis ManyBooks
tempat download buku, jurnal dan artikel gratis ManyBooks

Website download buku,  jurnal dan artikel gratis ketujuh adalah manybooks.net. kamu bisa memilih dari berbagai kategori, bisa memilih dari kategori genre, judul, autor dan masih banyak lagi. Silahkan kamu cek dan manfaatkan bukunya.

ManyBooks menyediakan ebooks gratis untuk PDA, iPod atau eBook Reader. Kamu dapat melihat secara acak isi untuk ebook melalui judul paling populer, rekomendasi atau ulasan terakhir untuk pengunjung. Ada 21.282 eBook tersedia di sini dan semunya tersedia gratis, bebas kamu download

 

  1. LibriVox

Tempat download buku, jurnal dan artikel gratis LibryVox
Tempat download buku, jurnal dan artikel gratis LibryVox

Website download buku,  jurnal dan artikel gratis kedelapan adalah librivox. Sama halnya dengan website yang lainnya Libriox menyediakan banyak buku dari berbagai author. Silahkan kamu kunjungi websitenya berikut librivox.org.

  1. Scribd

Tempat download buku, jurnal dan artikel Scribd
Tempat download buku, jurnal dan artikel Scribd

Website download buku,  jurnal dan artikel gratis kesembilan adalah Scribd. Walaupun judul dari artikel ini adalah download buku gratis. Scribd ini tidak full gratis atau bisa leluasa kamu manfaatkan.

Scribd, situs berbagi online dokumen yang mendukung file dalam bentuk format Word, Excel, PowerPoint, PDF dan format populer lainnya. Kamu dapat mendownload dokumen atau memasukkannya dalam blog atau halaman web.

Masalahnya kamu harus membayar tagihan jika kamu pengen berlangganan setiap bulan. Walaupun begitu masih ada beberapa keuntungan apabila belum berlangganan dan tidak bisa download dengan cara mengintip dan copy paste.

 

  1. International digital children’s library

international childrens digital library
Tempat download buku, jurnal dan artikel gratis international childrens digital library

Website download buku,  jurnal dan artikel gratis kesepuluh adalah International digital children’s library, walaupun tidak sebagus website yang sudah saya sebutkan tadi bisa dijadikan alternatif rujukan kamu. International digital children’s library.

  1. Questia public library

Tempat download buku, jurnal dan artikel gratis Questia
Tempat download buku, jurnal dan artikel gratis Questia

Website download buku,  jurnal dan artikel gratis kesebelas adalah Questia public library, walaupun dalam dunia kampus tidak begitu populer namun bisa kamu coba untuk dijadikan referensi.

  1. Wikibooks

Wikibooks salah satu website penyedia buku, jurnal dan artikel gratis untuk di download
Wikibooks salah satu website penyedia buku, jurnal dan artikel gratis untuk di download

Website download buku,  jurnal dan artikel gratis keduabelas adalah Wikibooks. Website yang kebanyakan isinya textbook alias bukan buku. Subyeknya lebar, mulai dari is an open collection of (mostly) textbooks. salah satu inovasi dari grup wikipedia.

  1. The open library

Website download buku,  jurnal dan artikel gratis ketigabelas adalah The open library. Yang menarik dari website ini adalah ribuan koleksi buku yang banyak tersedia dalam berbagai format, mulai PDF, DjVU dan lain lain.

  1. Sacred texts

Kamu yang sedang butuh buku-buku tentang agama, mitologi dan sejenisnya, bisa langsung ke Sacred texts, yang memang memiliki koleksi besar buku-buku tersebut.

  1. Slide share

Slide share adalah salah satu website penyedia buku, jurnal dan artikel gratis untuk di download
Slide share adalah salah satu website penyedia buku, jurnal dan artikel gratis untuk di download

Website download buku,  jurnal dan artikel gratis kelima belas adalah slide share. Slide share sendiri merupakan bagian dari linkedin yang merupakan jaringan untuk para pekerja. Biasanya linkedin digunakan untuk mencari pekerjaan ataupun untuk pemasaran produk. Akan tetapi linkedin membuat inovasi untuk share slide yaitu forum online untuk berbagi dokumen dengan nama slide share. Untuk file yang bisa didownload kamu bisa memilih file berformat pdf. Berikut ini link websitenya slide share.

  1. Free computer books

free computer booksadalah salah satu website penyedia buku, jurnal dan artikel gratis untuk di download
free computer booksadalah salah satu website penyedia buku, jurnal dan artikel gratis untuk di download

Bagi kamu yang mengambil jurusan yang berhubungan dengan ilmu komputer atau tentang komputer (mulai pemrograman, coding, maintenance, dll), matematika dan tehnik. Kamu patut mencoba referensi yang satu ini. Kamu bisa dengan leluasa mencari dan mengikuti tutorial yang telah disediakan oleh website tersebut.

FreeComputerBooks terdiri dari koleksi mengenai Komputer, Programming, Matematika, Technical Books, Catatan Kuliah dan Tutorial. Hal ini sangat baik karena dikategorikan berdasarkan topik, dengan 12 kategori tingkat atas, dan lebih dari 150 subkategori.

17. Online computer books

OnlineComputerBooks berisi rincian tentang buku-buku komputer gratis, ebooks gratis, buku online gratis dan bab sampel yang berhubungan dengan Teknologi Informasi, Ilmu Komputer, Internet, Bisnis, Pemasaran, Matematika, Fisika dan Ilmu yang disediakan oleh penerbit atau penulis.

18. Bookyards

book yards adalah salah satu website penyedia buku, jurnal dan artikel gratis untuk di download
book yards adalah salah satu website penyedia buku, jurnal dan artikel gratis untuk di download

Dalam bookyards terdapat lebih dari 6.000 autors, 6.000 ebooks dan lebih dari 700 publisher. Di sini kamu juga bisa mendownload buku yang ada. Untuk mencari buku yang kamu maksud tinggal memasukkan kata kunci dalam kolom pencarian. Selain itu kamu juga bisa tinggal memilih sesuai dengankategori yang kamu inginkan.

19. Bookboon.com

Bookboon adalah salah satu tempat untuk kamu cari referensi dan download buku ataupun jurnal.
Bookboon adalah salah satu tempat untuk kamu cari referensi dan download buku ataupun jurnal.

Bookboon.com memiliki banyak referensi untuk berbagai literatur. Sehingga kemungkinan menemukan referensi yang kamu cari lebih besar. Ada banyak literatur yang tersedia dalam website ini mulai dari accounting, ekonomi, IT dll. Dalam webstie ini menyediakan ebooks dalam format PDF tanpa perlu pendaftaran.

20. Read print

Readprint adalah salah satu tempat untuk kamu cari referensi dan download buku ataupun jurnal.
Readprint adalah salah satu tempat untuk kamu cari referensi dan download buku ataupun jurnal.

Jika ingin menikmati feature penuh dari ReadPrint, kami sarankan untuk registrasi saja. Jadi kamu bisa menikmati berbagai macam buku gratis, juga fitur untuk bookmarking, dan ada rekomendasi buku yang sekiranya kamu akan suka. Join juga ke online book clubs yang ada di sini untuk ngobrol-ngobrol soal literasi.

 

Tinggalkan komentar